Pengertian Penjualan Menurut Para Ahli Terlengkap

Pelayananpublik.id- Penjualan merupakan kegiatan yang sehari-hari dilakukan masyarakat. Setiap hari pasti ada kegiatan jual beli yang terjadi di masyarakat.

Tujuan orang menjual barang adalah untuk mendapatkan untung sedangkan tujuan orang membeli barang adalah untuk memenuhi kebutuhan atau keinginannya.

Maka selagi ada pembeli, penjualan akan terus terjadi.

Namun apa pengertian penjualan itu sendiri? Agar lebih paham, berikut kami rangkumkan pengertian penjualan menurut para ahli.

Pengertian Penjualan Menurut Para Ahli

1. Jill Griffin mengatakan penjualan adalah sebuah awalan dalam menjalin hubungan dengan customer.

2. Henry Simamora berpendapat penjualan adalah suatu kegiatan yang banyak dilakukan (lazim) dalam sebuah perusahaan dan membebankan suatu biaya kotor kepada konsumen atau penerima barang atau jasa.

3. Thamrin Abdullah dan Francis Tantri mengartikan penjualan sebagai bagian dari promosi dan promosi adalah salah satu bagian dari keseluruhan sistem pemasaran.

4. Amin Wijaya mengatakan pengertian penjualan adalah suatu transaksi pendapatan barang atau jasa yang dikirim pelanggan untuk imbalan kas suatu kewajiban untuk membayar.

5. Philip Kotler mendefenisikan penjualan adalah proses sosial yang didalamnya terdapat perorangan atau kelompok untuk mendapatkan sesuatu yang mereka butuhkan atau inginkan dengan cara menciptakan, menawarkan dengan secara bebas untuk menukarkan produk yang bernilai dengan pihak lain.

6. Moekijat menyebut penjualan sebagai salah satu kegiatan yang ditujukan untuk mencari pembeli, mempengaruhi, dan memberi petunjuk agar pembelian dapat menyesuaikan kebutuhannya dengan produksi yang ditawarkan serta mengadakan perjanjian mengenai harga yang menguntungkan kedua belah pihak.

7. Winardi mengartikan Penjualan sebagai sebuah hasil yang dicapai sebagai imbalan jasa-jasa yang diselenggarakan yang dilakukannya perniagaan transaksi dunia usaha.

8. Komaruddin mengatakan pengertian penjualan adalah salah satu kegiatan untuk menukarkan barang dan jasa khususnya dengan uang.

9. Pengertian penjualan menurut Mulyadi adalah sebuah transaksi penjualan kredit, jika order dari pelanggan telah dipenuhi dengan pengiriman barang atau penyerahan jasa, untuk jangka waktu tertentu perusahaan memiliki piutang kepada pelanggannya.

10. Pengertian penjualan menurut Kusnadi adalah sejumlah uang yang dibebankan kepada pembeli atas barang atau jasa yang dijual.

11. Pengertian penjualan menurut William G. Nickels adalah proses penjual bisa memuaskan segala kebutuhan dan keinginan pembeli agar dicapai manfaat baik bagi penjual maupun pembeli yang berkelanjutan dan menguntungkan kedua belah pihak.

12. Haryono mengatakan pengertian penjualan Kredit yaitu penjualan yang dilakukan bila pembayaran baru diterima beberapa waktu kemudian.

13. Nitisemito berpendapat penjualan adalah semua kegiatan yang bertujuan untuk melancarkan arus barang dan jasa dari produsen ke konsumen secara paling efisien dengan maksud untuk menciptakan permintaan yang efektif.

14. Assuari mengatakan penjualan ialah kegiatan manusia yang mengarahkan untuk memenuhi dan memuaskan kebutuhan dan keinginan melalui proses pertukaran.

15. Pengertian penjualan menurut Basu Swastha adalah salah satu ilmu dan seni mempengaruhi pribadi yang dilakukan oleh penjual untuk mengajak orang lain bersedia membeli barang atau jasa yang ditawarkan.

16. Reeve, Warren dan Duchac mengatakan penjualan adalah sejumlah total yang dikenakan kepada pelanggan untuk barang dagangan yang dijual, termasuk penjualan tunai dan kredit.

17. Menurut Wikipedia, penjualan adalah kegiatan atau bisnis menjual produk atau jasa. Dalam proses penjualan, penjual atau penyedia barang dan jasa memberikan kepemilikan suatu komoditas kepada pembeli untuk suatu harga tertentu. Penjualan dapat dilakukan melalui berbagai metode, seperti penjualan langsung, dan melalui agen penjualan.

18. Zimmerer mengatakan penjualan merupakan suatu sumber pokok dari arus kas yang diperoleh perusahaan.

19. Robert Ashton berpendapat penjualan ialah proses ketika suatu pihak membantu pihak lainnya adalam menetapkan keputusan pembelian.

Bentuk-Bentuk Penjualan

– Penjualan Tunai, yakni bersifat cash and carry dimana penjualan setelah terdapat kesepakatan harga antara penjual dengan pembeli, maka pembeli menyerahkan pembayaran secara kontan dan bisa langsung dimiliki oleh pembeli.

– Penjualan Kredit, yakni penjualan non cash, dengan tenggang waktu tertentu, rata-rata diatas satu bulan.

3. Penjualan Tender, yakni dilaksanakan melalui prosedur tender untuk memenuhi permintaan pihak pembeli yang membuka tender.

4. Penjualan Ekspor, yakni dilaksanakan dengan pihak pembeli, luar negeri yang mengimpor barang yang biasanya menggunakan fasilitas letter of credit.

5. Penjualan Konsinyasi, yakni berbentuk titipan kepada pembeli yang juga sebagai penjual. Apabila barang tersebut tidak terjual maka akan dikembalikan kepada penjual.

6. Penjualan Grosir, yakni yang tidak langsung kepada pembeli, tetapi melalui pedagang perantara yang menjadi perantara pabrik atau importir dengan pedagang eceran.

Demikian ulasan mengenai pengertian penjualan menurut ahli serta bentuknya. Semoga bermanfaat. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published.