Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Hasanuddin 2020/2021

Pelayananpublik.id- Sama seperti perguruan tinggi negeri lainnya, Universitas Hasanuddin juga ikut serta dalam seleksi masuk PTN secara Nasional. Selain seleksi nasional, UNHAS juga menyeleksi calon mahasiswanya secara mandiri. Untuk lengkapnya, mari kita ulas bersama-sama!

SNMPTN Universitas Hasanuddin

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) adalah jalur seleksi nasional yang merupakan jalur undangan masuk ke Perguruan Tinggi Negeri. SNMPTN didasarkan pada prestasi akademik kamu yang dilihat dari nilai rapor serta prestasi lain yang relevan.

Jalur menyaring siswa yang selalu konsisten menunjukkan prestasinya di setiap semester dan untuk bisa mendaftar, kamu harus mendapatkan rekomendasi dari kepala sekolah.

Adapun alur pendaftaran SNMPTN yaitu:

  • Registrasi akun LTMPT
  • Pengisian data PDSS
  • Pemeringkatan
  • Pendaftaran SNMPTN oleh siswa
  • Pengumuman

Pendaftaran SNMPTN Universitas Hasanuddin dilakukan secara online, untuk persyaratan dan ketentuan lainnya kamu bisa langsung cek di snmptn.ac.id—2020/2021—

SBMPTN Universitas Hasanuddin

Jalur seleksi nasional yang dibuka setelah SNMPTN adalah Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). SBMPTN tidak melihat prestasi pedaftarnya, melainkan murni dari nilai ujian peserta saat. Untuk proses seleksi SBMPTN berdasarkan nilai UTBK dan persyaratan lainnya, seperti portofolio bagi pelamar jurusan seni dan olahraga. Sebagai catatan, SNMPTN hanya diperuntukkan bagi lulusan tahun ini saja, sedangkan SBMPTN bisa diikuti bagi lulusan 3 tahun terakhir termasuk lulusan tahun ini.

Adapun tahapan pendaftaran SBMPTN dari tahap awal hingga tahap akhir yaitu:

  • Registrasi akun LTMPT
  • Pendaftaran UTBK
  • Pendaftaran SBMPTN
  • Mengikuti ujian
  • Pengumuman

Pendaftaran SBMPTN Universitas Hasanuddin juga dilakukan secara online, untuk persyaratan  dan ketentuan lainnya kamu bisa langsung cek di pendaftaran.sbmptn.ac.id.2020/2021.

KIP Kuliah Universitas Hasauddin

Universitas Haanuddin termasuk salah satu Perguruan Tinggi Negeri yang turut menyalurkan bantuan biaya pendidikan yang dikenal dengan nama KIP Kuliah. KIP Kuliah sebelumnya bernama Bidikmisi. Bantuan biaya pendidikan KIP Kuliah ini ditujukan bagi calon mahasiswa yang memiliki kekurangan dari segi ekonomi namun memiliki kemauan belajar yang tinggi dan potensi akademik baik selama menempuh pendidikan di jenjang SLTA.

Ketentuan pendaftaran KIP- Kuliah bagi pelamar SNMPTN dan SBMPTN yaitu:

  1. Berasal dari keluarga kurang mampu secara ekonomi
  2. Pelajari dengan teliti prosedur pendaftaran
  3. Mendaftar di http://kip-kuliah.kemendikbud.go.id/
  4. Bagi yang memenuhi syarat pendaftar UTBK di laman https://portal.ltmpt.ac.id (pendaftaran gratis)
  5. Bagi yang tidak lulus jalus SNMPTN, kamu bisa menggunakan NISN dan NPSN untuk mendaftar UTBK (pendaftaran gratis)
  6. Jika kamu sudah lulus seleksi SNMPTN, tidak diperkenankan mendaftar jalur SBMPTN

Adapun persyaratan pendaftaran KIP-K adalah:

  1. Siswa SMA/sederajat lulusan tahun 2018,2019 dan 2020
  2. Memiliki NISN, NPSN dan NIK
  3. Berasal dari keluarga kurang mampu secara ekonomi dengan kemampuan akademik yang tinggi (dibuktikan dengan surat keterangan)
  4. Bagi siswa SMA/sederajat lulusan tahun berjalan, memiliki kemampuan akademik yang baik dan memiliki Kartu KIP atau Kartu Keluarga Sejahtera
  5. Lulus seleksi pada PTN atau PTS di program studi yang berakreditasi A atau B, untuk program studi berakreditasi C akan dipertimbangkan

Pendaftaran UNHAS Jalur Mandiri 

Jalur mandiri merupakan jalur seleksi yang diadakan secara lokal oleh panitia penyelenggara dari Universitas Hasanuddin untuk memberikan kesempatan bagi kamu yang ingin kuliah di UNHAS. Nah, jalur mandiri ini bisa menjadi jalur alternatif bagi kamu yang sebelumnya telah mengikuti seleksi SNMPTN atau SBMPTN tetapi tidak lulus, maka bisa mengikuti jalur mandiri UNHAS.

Pendaftaran jalur mandiri UNHAS bisa kamu lakukan secara online melalui alamat website resmi UNHAS, yaitu www.unhas.ac.id. Kabar baiknya, pendaftaran jalur mandiri UNHAS tidak dikenakan biaya pendaftaran.Jalur mandiri Universitas Hasanuddin terbagi menjadi 2 jalur, yaitu jalur PM-JNS dan POSK. Untuk informasi lengkapnya sebagai berikut:

 

  1. Jalur PM-JNS Universitas Hasanuddin

Penerimaan Mahasiswa Jalur Non-Subsidi (PM-JNS) merupakan jalur seleksi mandiri yang diselenggarakan oleh Universitas Hasanud untuk menyeleksi calon mahasiswa baru yang memiliki prestasi akademik dan kemampuan finansial.

PM-JNS ini diperuntukkan bagi kamu yang sebelumnya telah menguki seleksi SBMPTN tetapi dinyatakan tidak lulus, nilai SBMPTN yang kamu miliki calon bisa digunakan untuk mengikuti seleksi jalur PM-JNS ini. Skor hasil ujian SBMPTN diurutkan, kemudian dialokasikan pada program studi pilihan mu dengan ketentuan bahwa peserta dengan nilai lebih tinggi akan diprioritaskan terlebih dahulu.

 

Persyaratan Pendaftaran PM-JNS Universitas Hasanuddin:

  • Mendaftar dan mengikuti ujian SBMPTN tahun ini
  • Jika kamu telah lulus SBMPTNtahun ini, tidak diperkenankan mendaftar jalur PM-JNS
  • Terdaftar sebagai peminat di salah satu program studi Univeristas Hasanuddin melalui jalur SBMPTN tahun ini (lihat kartu peserta SBMPTN mu)
  • Bagi kamu yang melamar jalur Penelusuran Prestasi Olah Raga, Seni dan Keilmuan (POSK) tahun ini tidak diperkenankan mendaftar.
  • Mempunyai kesehatan fisik yang memadai.

Ketentuan Pilihan Program Studi:

  • Hanya dapat memilih 2 program studi yang sama atau berbeda dengan program studi yang dipilih pada saat SBMPTN tahun ini
  • Program studi pilihan harus berada di dalam kelompok ujian (Saintek, Soshum atau Campuran) yang diikuti pada saat SBMPTN tahun ini
  • Program studi pilihan Kelompok Ujian Saintek:  Semua program studi dalam Kelompok Saintek
  • Program studi pilihan Kelompok Ujian Soshum: Semua program studi dalam Kelompok Soshum.

 

2. Jalur POSK Univeristas Hasanuddin 

 

Penelusuran Prestasi Olah Raga, Seni dan Keilmuan (POSK) merupakan untuk menyeleksi calon mahasiswa baru yang memiliki prestasi akademik/olahraga/seni/keilmuan. Penilaian jalur POSK dilakukan berdasarkan skor nilai SBMPTN tahun ini dan nilai ujian keterampilan/bukti prestasi yang kamu miliki.

 

Persyaratan Pendaftaran POSK Univeristas Hasanuddin:

  • Mendaftar dan mengikuti ujian SBMPTN tahun ini
  • Lulusan SMA/SMK/MA.MAK dengan tahun kelulusan 1 tahun lalu dan tahun ini
  • Terdaftar sebagai peminat di salah satu program studi Univeristas Hasanuddin melalui jalur SBMPTN tahun ini (lihat kartu peserta SBMPTN kamu)
  • Bagi kamu yang telah lulus SBMPTN tahun ini tidak diperkenankan mendaftar
  • Jika kamu mendaftar jalur JNS (Jalur Non-Subsidi) tahun ini tidak diperkenankan mendaftar jalur POSK
  • Memiliki prestasi keterampilan olahraga, seni atau keilmuan yang ditandai dengan sertifikat/piagam/medali/piala di tingkat nasional
  • Bersedia mengikuti proses verifikasi bukti prestasi
  • Sehatan fisik sebagai upaya mengganggu kelancaran belajar di prodi pilihannya.

Ketentuan Pilihan Program Studi:

  • Pilihan program studi harus berada di dalam Kelompok Ujian (Saintek, Soshum atau Campuran) pada saat kamu mengikuti SBMPTN tahun ini
  • Program studi pilihan Kelompok Ujian Saintek:  semua program studi kelompok Saintek, kecuali Pendidikan Dokter, Keperawatan, Kedokteran Hewan, Fisiotrapi, Pendidkan Dokter Gigi, Kesehatan Masyarakat, Ilmu Gizi, Teknik Pertambangan, dan Teknik Geologi
  • Program studi pilihan Kelompok Ujian Soshum: semua program studi kelompok Soshum, kecuali program studi Arkeologi dan Ilmu Sejarah

 

Pendaftaran Program Pascasarjana UNHAS

Bagi kamu yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang Pascasarjana Universitas Hasanuddin, silahkan daftarkan diri kamu mengikuti seleksi untuk Program Pascasarjana. Pendaftaran dilakukan secara online di laman pasca.unhas.ac.id.

Demikianlah informasi seputar penerimaan mahasiswa baru Universitas Hasanuddin yang bisa kami bagikan. Semoga artikel kami membantu kamu mendaftar di UNHAS, tetap semangat!

Leave a Reply

Your email address will not be published.