Review Kampus Polmed dan Akreditasi Program Studi

Pelayananpublik.id – Awalnya Politeknik Negeri Medan dibangun sebagai Politeknik Universitas Sumatera Utara (Politeknik USU). Sebab pada tahun 1979 Universitas Sumatera Utara di tetapkan sebagai salah satu Universitas/Institut yang mendapatkan proyek pembangunan Pendidikan Politenik Tahap I dari DIKTI dengan pembiayaan pembangunan didanai oleh Bank Dunia.

Tahap I dari proyek tersebut adalah pembangunan pendidikan bidang keteknikan yang dalam pelaksanaannya mendapatkan bantuan dari tenaga ahli Swiss yang ditempatkan di Kota Mdan.

Disusul dengan pembangunan pendidikan di bidang tata niaga mulai diselenggarakan pada tahun 1986 yang dibantu oleh seorang tenaga ahli dari Australia, yang merupakan tahap II proyek.

Pada dasarnya, pembangunan Politeknik USU dan Politeknik lainnya merupakan proyek pemerintah melalui Depdikbud Ditjen DIKTI yang dilaksanakan oleh Pusat Pengembangan Pendidikan Politeknik dikenal dengan singkatan PEDC (Polytechnic Education Development Center) di Bandung.

Dengan Surat Keputusan Mendikbud No. 084/O/1997 tentang Pendirian Politeknik Negeri Medan, maka Politeknik USU Medan kemudian secara resmi menjadi Politeknik mandiri dengan nama Politeknik Negeri Medan (Polmed) yang isinya telah diperbaharui dengan SK Mendiknas No.: 130/O/2002 tentang organisasi dan tata kerja Politeknik Negeri Medan.

Walaupun tetap berada di dalam lingkungan kampus USU, sejak tanggal 20 April 1999 Politeknik Negeri Medan tidak lagi berada di bawah pengelolaan dan naungan Universitas Sumatera Utara (USU). Kemudian Politeknik Negeri Medan menjadi Lembaga Perguruan Tinggi Negeri di bawah naungan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Nasional.

Organisasi Politeknik disusun untuk mendukung pencapaian misi program kerja Politeknik sebagai lembaga pendidikan, dengan peningkatan dalam efisiensi dan efektivitas penggunaan dan pemanfaatan sumber daya yang digunakan, sehingga Politeknik Negeri Medan memiliki atmosfer akademik yang sangat tinggi. Adapun bagan pokok organisasi Politenik mempunyai unsur sebagai berikut:

  • Pimpinan, sebagai pengelola umum Politeknik dengan didampingi oleh Senat dan Dewan Penyantun.
  • Kelompok Dosen sebagai unsur utama pelaksana pendidikan.
  • Jurusan, sebagai satuan yang menyelenggarakan kegiatan program pendidikan dalam bidang tertentu dan pengelola sarana dan personalia jurusan.
  • Bagian Administrasi yaitu Administrasi Akademik dan Administrasi Umum yang menyelenggarakan kegiatan administrasi.
  • Pusat Jaminan Mutu (PJM) yang menangani manajemen jaminan kualitas.
  • Satuan Pengawasan Internal (SPI) adalah bagian yang melaksanakan pengawasan internal terhadap kinerja dari seluruh unit di lingkungan Polmed.
  • Bagian-bagian pendukung dalam unit, Unit Pelaksana Teknis (UPT), melaksanakan kegiatan-kegiatan tertentu, sesuai dengan program kegiatan yang akan dilaksanakan.

Politenik Negeri Medan atau yang sering disebut POLMED, dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung perkuliahan mahasiswa.  Mulai dari workshop, lapangan olaharaga, tempat ibadah, hall, IT Center, Kafetaria, sampai dengan area parkir yang luas dan penjaagaan satpam kampus yang cukup aman. POLMED juga mempunyai dua perpustakaan, yaitu Perpustakaan Umum dan Perpustakaan Tugas Akhir.

Karena memiliki Program Studi dalam bidang teknik yang lebih banyak, POLMED mempunyai 10 Laboratorium di dalam satu kampus. Yaitu Laboratorium Teknik Mesin yang bergabung dengan Bengkel Kerja, Laboratorium Teknik Elektronika yang bergabung dengan Bengkel Kerja Teknik Telekomunikasi, Laboratorium Teknik Listrik yang bergabung dengan Bengkel Kerja.

Laboratorium Teknik Sipil yang bergabung dengan Bengkel Kerja. Dan Laboratorium Teknik Komputer dan Informatika. Dan untuk bidang Tata Niaga, ada beberapa laboratorium yang tersedia seperti Laboratorium Komputer yang terletak di gedung masing-masing Jurusan Akuntansi dan Administrasi Bisnis.

Sebagai mahasiwa selain pendidikan formal di kampus, tentu juga memerlukan organisasi untuk dapat berperan aktif dan mendapatkan pengalaman. Politeknik Negeri Medan juga memiliki berama organisasi yang dapat dimanfaatkan mahasiswanya untuk mengisi waktu luang dengan kegiatan yang bermanfaat dan tentunya untuk membentuk pribadi mahasiswa yang lebih mumpuni dan unggul. Organisasi di POLMED diantaranya adalah DPM, BEM, HMPS, LPM Neraca dan berbagai UKM lainnya.

Namun sayangnya, fasilitas dan organisasi kampus dengan ikon pesawat ini tidak bisa diakses dan berkegiatan hingga malam hari. POLMED membatasi mahasiswanya untuk beraktivitas di kampus hingga jam 7 malam saja.

Beralamat di Jalan Almamater No. 1, Kampus USU Padang Bulan Medan, Politeknik Negeri Medan menyelenggarakan program pendidikan vokasi Diploma III (D-III) terdiri dari 6 jurusan yang terbagi dalam 11 Program Studi. Politenik Negeri Medan memiliki dua pembagian kelas, yaitu Kelas Reguler Pagi dan Kelas Reguler Sore. Politeknik Negeri Medan menyelenggarakan pendidikan vokasi sampai jenjang D-III dengan gelar alumni Ahli Madya (A.Md.)

(foto: kampus Polmed, istimewa)

Alumni dari D-III Kampus almamater Ungu ini banyak yang berkiprah di masyarakat/bekerja di lembaga pemerintahan dan swasta dan diantaranya sudah ada yang menduduki jabatan pimpinan atau manajer di lembaga tempat tugasnya. Ada juga yang berwiraswasta dengan bekal ilmu pengetahuan, teknologi dan keterampilan yang didapat semasa berkuliah di Politeknik Negeri Medan.

Karena berada di lingkungan yang notabenenya ditinggali mahasiswa, sarana prasarana diluar kampus yang membantu urusan kehidupan mahasiswa juga mudah didapatkan. Misalnya rumah kost, tarnsportasi umum, tempat nongkrong ataupun warung makan banyak berjajar di dekat kampus. Jadi , kamu tidak perlu khawatir dan bingung selama berkuliah di POLMED.

Politeknik Negeri Medan juga mempunyai program studi yang terbagi menjadi program studi D-III dan program studi D-IV dengan program studi yang cukup beragam. Berikut Jurusan dengan Program Studi yang ada di POLMED :

1.   Jurusan Teknik Mesin

Teknik Mesin menjadi program studi yang dibuka pertama kali ketika kampus ini berdiri, maka tak heran jika jurusan ini sangat berpengaruh bagi POLMED.

Teknik Mesin terbagi menjadi dua bagian Program Studi, yaitu:

  • Program Studi Teknik Mesin (D-III)
  • Program Studi Teknik Konversi Energi (D-III)

2.   Jurusan Teknik Sipil

Kampus ini juga memiliki Jurusan Teknik Sipil Untuk calon mahasiswa yang ingin menjadi seorang ahli konsultan atau kontraktor, tenang… POLMED membuka Jurusan Tenik Sipil yang terbagi menjadi beberapa bagian Program Studi, yaitu:

  • Program Studi Teknik Sipil (D-III)
  • Program Studi Teknik Perancangan Jalan dan Jembatan (D-IV)
  • Program Studi Manajemen Rekayasa dan Konstruksi Gedung (D-IV)

3.   Jurusan Teknik Elektronika

Dengan misi menghasilkan mahasiswa yang kompeten, mandiri, inovatif, adaptif, serta mampu bersaing dalam bidang elektronika pada tingkat regional, nasional, maupun internasional, dibangunlah beberapa Program Studi dari Jurusan Teknik Elektronika antara lain:

  • Program Studi Teknik Elektronika (D-III)
  • Program Studi Teknik Listrik (D-III)
  • Program Studi Teknik Telekomunikasi (D-III)

4.   Jurusan Teknik Komputer dan Informatika

Jurusan Teknik Komputer dan Informatika cocok sekali untuk kamu yang paham atau suka tentang perkembangan di dunia informatika dan ingin menjadi tenang ahli dalam bidang e-commerce, otomatisasi kantor, serta teknologi multimedia dan sistem informasi. Dua program studi dari Jurusan ini adalah:

  • Program Studi Teknik Komputer (D-III)
  • Program Studi Manajemen Informatika (D-III)

5.   Jurusan Akuntansi

Jurusan dengan program studi paling banyak di POLMED menangaungi beberapa program studi untuk Diploma 3 dan Diploma 4. Untuk kamu yang berminat dalam bidang sektor ekonomi, bisa menjadikan program studi berikut sebagai pertimbangan, yaitu:

  • Program Studi Akuntansi (D-III)
  • Program Studi Perbankan dan Keuangan (D-II)I
  • Program Studi Akuntasi dan Keuangan Publik (D-IV)
  • Program Studi Perbankan dan Keuangan Syariah (D-IV)

6.   Jurusan Administrasi Niaga

Untuk kamu yang ingin menjadi pusat pendidikan dan penghasil sumber daya manusia profesional atau berminat dalam kegiatan bidang pariwisata, bisa menjadikan beberapa program studi dari jurusan Administrasi Niaga berikut sebagai referensi mu.

  • Program Studi Administrasi Bisnis (D-III)
  • Program Studi Manajemen Bisnis (D-IV)
  • Program Studi Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition (MICE) (D-IV)

Setelah melalui sejarah yang cukup panjang, akhirnya berdasarkan surat keputusan nomor 632/SK/BAN-PT/Akred/PT/VI/2015 dari BAN PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi) Politenik Negeri Medan memperoleh akreditasi peringkat “B”.

Berikut akreditasi Program Studi yang ada di Politeknik Negeri Medan :

Akreditasi Program Studi D-III POLMED

No Strata Program Studi Akreditasi
1 D-III Akuntansi B
2 D-III Teknik Konversi Energi B
3 D-III Keuangan Dan Perbankan A
4 D-III Manajemen Informatika B
5 D-III Administrasi Bisnis B
6 D-III Teknik Sipil B
7 D-III Teknik Mesin B
8 D-III Teknik Elektronika B
9 D-III Teknik Komputer B
10 D-III Teknik Telekomunikasi B
11 D-III Teknik Listrik B

 

D-IV POLMED

12 D-IV Manajemen Bisnis B
13 D-IV Akuntansi Keuangan Publik B
14 D-IV Keuangan Dan Perbankan Syariah B
15 D-IV Teknik Perancangan Jalan Dan Jembatan B

Untuk melihat lebih detail akreditasi  terbaru program studi di Polmed ataupun kampus lain, kamu dapat dilihat di halaman https://banpt.or.id.

Nah, untuk kamu yang ingin setelah kuliah langsung mampu menjadi tenaga kerja, Kampus Politeknik Negeri Medan bisa menjadi salah satu pertimbangan kampus impianmu! Untuk informasi lebih detail mengenai Politeknik Negeri Medan, kamu bisa langsung mengunjungi situs resmi kampusnya ya! Semoga ulasan kami bermanfaat. (noy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *