Transportasi

Arti Istilah Ojol : Gacor, Gagu, Jagger, Akun Changer hingga Penghijauan

Sambungan dari halaman 1

5. Tuyul
Kalau yang satu ini juga sering didengar masyarakat umum. Dikarenakan kasus yang sempat ramai diberitakan media massa. Pada kasus itu, beberapa oknum Ojol ditangkap polisi karena melakukan manipulasi yang merugikan pihak aplikator.

Pengertian tuyul adalah oknum Ojol yang melakukan kecurangan sistem dengan cara memanipulasi GPS di gadget. Hal ini dilakukan untuk memudahkan oknum Ojol untuk mendapat orderan.

Tentunya hal tersebut melanggar ketentuan dari aplikator. Tuyul ini juga terkadang melakukan orderan fiktif (Ofik).

6. Akun Changer

Hal ini juga termasuk yang melanggar ketentuan aplikator. Pengertian akun changer adalah membuat banyak akun aplikasi Ojol. Tujuannya adalah untuk diambil bonus vouchernya. Hal tersebut dilakukan dengan cara sistematis dan masif untuk mendapat keuntungan pribadi.

Kemudian, para pelaku akun changer bekerja sama dengan pelaku pemilik restoran hantu untuk membuat orderan dengan menggungkan bonus voucer tersebut.
Setelah bekerja sama menguras voucer yang tersedia di akun-akun itu. Nantinya oknum akun changer dan resto hantu mendapat keuntungan dengan cara curang tersebut.


7. Restoran Hantu
Istilah satu ini adalah sebutan untuk pengusaha nakal yang melakukan kecurangan untuk mendapat keuntungan dengan cara bekerja sama dengan pelaku akun changer.

Pengertian restoran hantu adalah pengusaha yang ikut melakukan kecurangan menggunakan voucer dari akun changer.

Terkadang keberadaan restoran tersebut fiktif atau tidak beroperasi akibat kesalahan sistem dalam input data ke aplikator. Kecurangan ini juga tentunya merugikan pihak aplikator.

8. Banding massal
Istilah yang satu ini seperti penghapusan dosa massal. Pengertian banding massal adalah pemulihan akun-akun Ojol yang terķena pitus mitra atau suspend.

Biasanya banding massal dilakukan dalam waktu satu tahun sekali. Namun untuk rincian waktunya tergantung dari kebijakan manajemen aplikator.
Dalam banding massal, pengelola akun Ojol yang terkena putus mitra melakukan upaya agar akunnya bisa kembali aktif.

Baca Juga “10 Cara Rahasia Agar Akun Gagu/Anyeb Ojol Jadi Prioritas”

9. Game
Ini istilah yang juga merupakan serapan dari bahasa inggris. Game yang dimaksud bukanlah permainan. Namun, merupakan istilah bagi Ojol yang telah berhasil meraih target untuk mendapatkan bonus insentif.

Game tergantung sistem di masing-masing aplikator. Biasanya game dapat dari raih jika Ojol aktif mendapat orderan dari pagi hingga malam hari.

10. Penghijauan
Ini adalah istilah bentuk solidaritas antara komunitas Ojol. Pengertian penghijauan adalah Ojol yang beramai-ramai melakukan suatu aksi untuk mendukung rekannya atau memberikan bentuk dukungan sosial lainnya.

Beberapa kali aksi penghijauan juga sempat jadi sorotan publik. Salah satunya seperti yang terjadi di rumah sakit beberapa waktu lalu dan juga aksi unjuk rasa untuk memperjuangkan hak mereka.

Istilah penghijauan itu juga didasarkan dari atribut Ojol yang umumnya berwarna hijau.

11. Jagger
Kalau istilah yang satu ini adalah sebutan sistem yang dinilai menguntungkan kelompok mitra tertentu dalam satu aplikator Ojol.

Kelompok Ojol menilai sistem jagger tersebut tidak adil dan merugikan banyak pihak.

Arti jagger juga sering disebut sistem prioritas terhadap satu kelompok Ojol.

Jagger adalah salah satu isu yang sering ditolak saat aksi unjuk rasa oleh kelompok Ojol.

Demikian beberapa istilah yang ada di komunitas Ojol. Di masing-masing daerah mungkin istilahnya berbeda tapi memiliki pengertian yang hampir sama. Semoga artikel ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.