Bukan karena Sengon, di Daerah Ini Listrik Padam karena Ulah Berbagai Macam Hewan Mulai dari Monyet hingga Tokek

Pelayananpublik.id – Belakangan, pohon sengon menjadi sorotan publik. Lebih tepatnya jadi tertuduh penyebab listrik padam yang terjadi beberapa waktu lalu di DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah.

Dari hasil pemeriksaan kepolisian, dugaan sementara penyebab utama pemadaman listrik disebabkan sejumlah pohon sengon di sekitar PT PLN UPT Ungaran, Jawa Tengah.

Tahukah anda, di daerah lain pemadaman listrik akibat ranting pohon sudah biasa terjadi. Salah satu provinsi yang sering mengalami pemadaman listrik akibat ranting pohon adalah Sumatera Utara (Sumut).

hari jadi pelayanan publik

‘Pemiliharaan Jaringan’ istilahnya, petugas PLN melakukan pemeliharaan jaringan karena berbagai hal, salah satunya adalah akibat ranting pohon. Listrk dipadamkan sekitar 2 sampai 3 jam saat pemeliharaan jaringan.

Di Kota Medan, Binjai dan Kabupaten Deliserdang pada September 2018 lalu, pemadaman listirk bukan karena faktor alam pernah terjadi. Gardu Induk Paya Geli mengalami gangguan dan membutuhkan cukup lama untuk perbaikannya.

Daerah yang terjadi pemadaman listrik juga cukup luas dan pihak PLN melakukan penyalaan listrik secara bertahap karena gangguan di 3 trafo.

Di Sumut, listrik padam bisa terjadi karena faktor alam. Di antaranya akibat cuaca, pohon, layangan dan gangguan dari berbagai macam hewan.

Listrik Padam di Belawan karena Ulah Monyet

Listrik padam terjadi di wilayah sekitar Belawan, Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut).Ternyata salah satu penyebab listrik padam adalah karena monyet.

Menurut pegawai PT. PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Sumatera Utara, hewan jenis primata tersebut kerap bergelantungan di kabel jaringan listrik. Alhasil, monyet yang tersetrum di jaringan listrik mengakibatkan listirk padam.

“Kalau monyet naik ke jaringan listrik yang ada di atas, monyet bisa mati menempel di jaringan. Itulah yang membuat listrik padam,” terang pegawai PLN UIW Sumut pada Rabu (3/7/2019) lalu.

Baca juga “Monyet “Nakal” Jadi Penyebab Listrik Padam”

Menurutnya, beberapa waktu lalu, listrik padam di wilayah Belawan karena akibat monyet-monyet “nakal” itu naik ke jaringan listrik tegangan menengah.

Dia menjelaskan, petugas PLN akan segera melakukan perbaikan jika menemukan kasus listrik padam akibat monyet yang tersengat di jaringan listrik. Untuk estimasi pengerjaan hingga listrik menyala kembali tergantung jarak lokasi kejadian.

Di Nias, Warga Demo karena Listrik Padam Disebabkan Ular hingga Tokek

foto : ular tersengat aliran listrik

Pemadaman listrik tidak hanya diakibatkan oleh faktor cuaca buruk, bencana alam atau karena berlebihnya beban daya listrik. Ternyata faktor gangguan dari hewan liar juga sering mengakibatkan listrik padam.

Seperti halnya yang terjadi di wilayah Kepulauan Nias, listrik padam kerap terjadi akibat gangguan dari hewan-hewan liar yang bergelantungan di jaringan listrik.

Akibat listrik padam tersebut, puluhan masyarakat Kepulauan Nias, Sumatera Utara, membawa menggelar aksi demo. Masa aksi berdemo dengan membawa sejumlah barang elektronik rusak seperti bohlam lampu dan printer ke kantor PT PLN Area Nias, Kota Gunungsitoli, Sumatera, Kamis (11/7).

Sebelum menyerahkan barang-barang ekektronik yang rusak akibat pemadaman listrik yang sering terjadi di daerah itu, masyarakat melakukan orasi di depan kantor PT PLN Area Nias.

Baca Juga “Selain Monyet, Inilah Hewan-hewan yang Sering Bikin Listrik Padam”

Dalam orasinya, masyarakat meminta PT PLN Area Nias tidak memadamkan listrik. Menurut masa aksi, pemadam listrik membuat masyarakat Pulau Nias resah.

Menanggapi tuntutan masyarakat, Asisten Manager bagian KSK atau Humas PT PLN Area Nias, Yasmir mengatakan akan mengakomodir aspirasi masyarakat terkait pemadaman listrik yang terjadi.

kepada masa aksi, Yasmir menerangkan bahwa listrik padam sering terjadi karena gangguan hewan liar. Dirinya juga siap memberikan bukti-bukti bahwa hal tersebut benar terjadi.

“Pembangkit listrik sudah cukup untuk mencover kebutuhan daya di Pulau Nias. Tapi banyak gangguan hewan liar juga salah satu penyebab pemadaman dan jangan dianggap rekayasa,” terang Yasmir.

Dia juga mengatakan, hewan yang kerap membuat listrik padam yakni, tokek/kadal, ular, burung dan kelelawar/kampret. Ranting pohon yang patah juga sering membuat listrik padam.

Lihat Video Monyet Panjat Tiang Listrik di Sini

 

“Petugas kami stanby 24 jam, dan setiap padam akan langsung bergerak melakukan inspeksi jaringan sampai ke ujung penyulang di Nias Utara dan Nias Barat untuk mencari sumber gangguan,” ungkapnya.

Kepada pengunjukrasa dia berjanji akan memberikan jawaban secepatnya, dan terkait tuntutan ganti rugi alat elektronik rusak, dia mengatakan baru bisa diberikan jika pemadaman akibat kelalaian PLN.

Terpisah, Manager PLN UP3 Nias, Darwin Simanjuntak mengatakan PLN berkomitmen tetap menjaga kehandalan kelistrikan di Kepulauan Nias.

“PLN akan membebaskan jaringan listrik dari pepehonan di Nias 100 persen. Lalu perbaikan konstruksi dan jaringan. Serta pembersihan jaringan akibat layang-layang dan hewan yang nyangkut di jaringan listrik,” jelas Darwin melalui pesan elektronik.

Sebelumnya, beberapa kali listrik padam di wilayah Kota Medan juga terjadi akibat gangguan hewan liar yakni monyet. Hewan jenis primata tersebut kerap bergelantungan di kabel jaringan listrik. Alhasil, monyet yang tersetrum di jaringan listrik mengakibatkan listirk padam. (tim)