Tak Perlu Khawatir Saldo Nasabah Jadi Nol, Begini Penjelasan Resmi Bank Mandiri

Pelayananpublik.id- Nasabah Bank Mandiri marah karena tiba-tiba saldo tabungan mereka menjadi Rp0. Mereka panik karena mengira tabungan mereka sudah habis terkuras tanpa sebab.

Puluhan nasabah melakukan aksi protes ke Bank Mandiri di Pekanbaru. Mereka memprotes karena saldo tabungan mereka raib.

Aksi protes itu dilakukan nasabah yang mengantre di Bank Mandiri Jalan Jenderal Sudirman. Mereka meminta pihak bank bertanggung jawab.

“Saldo istri saya hilang tinggal 0 rupiah. Sabtu kan memang buka sampai jam Rp12.00 WIB,” kata salahasatu nasabah Bank Mandiri, Andika dikutip dari Okezone, Sabtu (20/7).

Dia menjelaskan, saat itu dirinya hendak menarik uang tunai ke teller. Namun, saat diambil terjadi kegaduhan karena banyak nasabah mengaku banyak kehilangan uang. Rata-rata saldo nasabah berubah menjadi Rp0.

Mereka pun marah marah ke pihak bank. Ada juga yang menangis karena uang mereka di bank hilang banyak.

Selain itu, kabar ini pun menjadi viral di sosial media. Para nasabah protes ke twitter milik Bank Mandiri dan menanyakan mengapa saldo di rekening mereka menjadi Rp0.

Terkait itu, PT Bank Mandiri (Persero) yang merupakan salah satu BUMN tersebut, buru-buru mengklarifikasi untuk menenangkan nasabahnya.

Mereka memastikan saldo nasabahnya tidak akan berkurang meski terjadi gangguan.

“Sehubungan dengan adanya maintenance untuk peningkatan layanan, seluruh channel Bank Mandiri tidak dapat diakses mulai Jumat, 19 Juli 2019 pukul 23:00 WIB s.d. Sabtu, 20 Juli 2019 pukul 01.00 WIB. Dampak dari maintanance tersebut menyebabkan saldo nasabah mengalama ketidaksesuaian seperti saldo berkurang, saldo bertambah atau saldo 0,” demikian keterangan pihak Bank Mandiri yang diterima pers.

“Baca juga Berita BUMN Lainnya disini”

Saat ini, Bank Mandiri sedang melakukan investigasi dari dampak tersebut. Dan proses normalisasi data terkait saldo nasabah juga sedang berjalan.

Corporate Secretary Bank Mandiri Rohan Hafas mengatakan proses pemeliharaan dan peningkatan kualitas sistem IT tersebut berdampak pada berubahnya nilai saldo sebagian nasabah.

Bank Mandiri saat ini sedang melakukan normalisasi saldo rekening yang terdampak pemeliharaan sistem IT tersebut.

“Kami memohon maaf atas kejadian ini. Saat ini kami sedang melakukan normalisasi saldo nasabah dan kami juga memastikan bahwa dana nasabah tetap aman serta tidak hilang,” kata Rohan Hafas, Sabtu (20/7).

Bank Mandiri mempersilahkan Nasabah yang ingin melakukan pengecekan rekening tabungannya ke kantor cabang Bank Mandiri.

Rohan meminta nasabah untuk tetap tenang dan tidak terprovokasi oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab.

“Kami pastikan rekening nasabah, aman,” tegas Rohan.(Nur Fatimah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *