Bank Sumut dan Pemkab Nias Luncurkan Gerai Samsat dan Layanan e-PDAM

Pelayananpublik.id- Bank Sumut bersama Pemerintah Kabupaten Nias tingkatkan sinergi melalui terobosan dan inovasi Layanan e-PDAM dan Pembukaan Gerai Samsat. Bertempat di Bank Sumut KCP Gido, Desa Hiliweto, Kecamatan Gido, Bank Sumut menggelar Peluncuran Gerai Samsat dan Layanan e PDAM Tirta Umbu pada Rabu, 26 Juli 2023.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Bupati Nias Ya’atulo Gulo SE, SH, M.Si, Wakil Bupati Nias Arota Lase, A.MD, Sekretaris Daerah Kabupaten Nias Samson P. Zai SH, M.H, Komisaris Utama PT. Bank Sumut Afifi Lubis, Direktur Utama PT. Bank Sumut Babay Parid Wazdi, Direktur Keuangan dan Teknologi PT. Bank Sumut Arieta Aryanti, Kepala Bapenda Sumatera Utara, diwakili oleh Kabid PSIPD Bapenda Sumut, Dirlantas Polda Sumatera Utara, Kepala Cabang PT. Jasa Raharja Sumatera Utara diwakili oleh Kepala Perwakilan PT. Jasa Raharja Padang Sidempuan, Kapolres Nias beserta Jajaran, Kepala UPTD Gunungsitoli, Pimpinan PT. Bank Sumut Kantor Cabang Gunungsitoli dan KCP Pembantu Gido, Pjs. Direktur Perumda Air Minum Tirta Umbu.

Dalam sambutannya, Bupati Nias Ya’atulo Gulo, S.E., S.H., M.Si menyambut baik dan menyampaikan apresiasi atas peluncuran gerai samsat dan layanan e-PDAM Tirta Umbu tersebut.

bank sumut selamat hari raya idul fitri

“Ini merupakan sebuah terobosan yang sangat bermanfaat dan juga memberikan kemudahan kepada masyarakat.

Layanan e- PDAM Tirta Umbu merupakan tindak lanjut dari perjanjian kerjasama antara Perumda Air Minum Umbu dengan PT Bank Sumut Cabang Gunung Sitoli mengenai penerimaan pembayaran tagihan rekening air minum melalui fasilitas perbankan secara online dan pembayaran gaji pegawai PDAM Tirta Umbu yang telah ditandatangani pada 07 Juli 2022 yang lalu.

“Pelanggan tidak perlu lagi menghabiskan waktu untuk datang langsung ke kantor perumda air minum. Bayar tagihan rekening air bisa dilakukan dimana saja. Selain itu, keamanan transaksi terjamin serta prosedur pembayarannya lebih praktis dan mudah” ujar Bupati Nias

Di sisi lain, dengan dibukanya Gerai Samsat di Bank Sumut KCP Gido tersebut, lanjut Bupati, akan lebih menghemat jarak dan waktu masyarakat Kabupaten Nias ketika berurusan dengan Kantor Samsat.

Mengingat jarak tempuh yang jauh mencapai 60km jika masyarakat yang berdomisili di Kabupaten Nias ingin membayar pajak kendaraan bermotor di Kantor Samsat Gunungsitoli. Bank Sumut bersama Pemkab Nias hadirkan layanan e Samsat di Bank Sumut KCP Gido.

“Dengan dibukanya Gerai Samsat di Bank Sumut KCP Gido ini diharapkan agar masyarakat dapat memanfaatkan layanan ini dengan baik” pesan Bupati Nias

Dalam kesempatan tersebut, Direktur Utama PT Bank Sumut Babay Parid Wazdi menyampaikan apresiasi atas dukungan Pemerintah Kabupaten Nias sehingga kegiatan launching tersebut dapat terselenggara dengan baik.

“Sebagai Bank Pembangunan Daerah, PT Bank Sumut memiliki tujuan dan peran dalam mendukung pertumbuhan ekonomi dan pembangunan daerah serta sebagai salah satu sumber pendapatan daerah dalam rangka peningkatan taraf hidup masyarakat. Bank Sumut berharap melalui peluncuran Gerai Samsat dan layanan e PDAM tersebut akan memudahkan masyarakat dalam pembayaran pajak kendaraan bermotor dan rekening air secara online sehingga masyarakat dapat merasakan manfaat layanan tersebut serta mengoptimalkan Pendapatan Asli Daerah pada sektor tersebut”ujar Dirut Bank Sumut. (*)