Cara Efektif Agar Diet Saat Puasa Ramadan Berhasil

Pelayananpublik.id- Banyak orang yang memanfaatkan puasa Ramadan sebagai momen memulai diet. Sehingga mereka mengerjakan ibadah sekaligus mengejar body shape ideal saat lebaran nanti.

Namun tak sedikit pula ketika lebaran tiba, tubuh malah semakin lebar kemana-mana. Padahal sudah tidak makan karena puasa, bahkan tidak sahur demi mengurangi pasokan makanan dalam badan.

Tak disangka cara diet itu sangat salah bahkan akan mengarahkan diri Anda ke rumah sakit nantinya.

bank sumut selamat hari raya idul fitri

Lalu kenapa setelah selesai puasa dan lebaran badan Anda makin lebar?

Hal itu karena pola makan Anda yang meledak saat berpuasa. Anda tidak sahur dan tidak makan seharian, lalu menyantap bukaan sepuasnya, mulai dari es cendol, es teh, kue basah, nasi dan gulai ayam dan sebagainya.

Justru itu akan membuat Anda semakin gendut.

Berikut beberapa tips untuk melakukan diet sehat sambil menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan:

– Konsumsi makanan sehat dan seimbang pada saat berbuka puasa. Pastikan untuk memasukkan sayuran, buah-buahan, sumber protein seperti daging, ikan atau telur, serta karbohidrat kompleks seperti nasi atau roti gandum di dalam menu berbuka puasa Anda. Bukan yang manis-manis saja.

– Batasi konsumsi makanan berlemak, berminyak, dan manis pada saat berbuka puasa. Makanan yang tinggi lemak dan gula bisa meningkatkan rasa lapar selama puasa dan membuat tubuh kekurangan nutrisi.

,- Minum cukup air putih setelah berbuka puasa dan saat sahur. Hindari minuman manis dan berkafein, karena dapat membuat tubuh dehidrasi dan memperparah rasa lapar.

– Kurangi jumlah porsi makan pada saat sahur dan berbuka puasa. Anda bisa membagi menu makanan menjadi beberapa kali makan kecil selama sehari, daripada makan sekaligus dalam satu waktu.

– Perbanyak konsumsi buah-buahan, sayuran, dan makanan yang kaya serat seperti oatmeal, kacang-kacangan, atau roti gandum. Makanan yang kaya serat akan membantu mengurangi rasa lapar dan meningkatkan kesehatan pencernaan.

– Tetap melakukan aktivitas fisik ringan seperti berjalan atau melakukan senam ringan pada pagi hari atau sore hari. Kegiatan fisik ini membantu menjaga kesehatan tubuh dan meningkatkan metabolisme tubuh.

– Jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi terlebih dahulu sebelum melakukan diet sambil menjalankan puasa Ramadan, terutama jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu.

Itulah beberapa tips yang bisa membantu Anda menjaga kesehatan dan melakukan diet yang sehat selama menjalankan ibadah puasa Ramadan. Semoga bermanfaat!

=====================================================================================

Penafian (disclaimer): Artikel ini bersumber dari aplikasi/platform ChatGPT (sistem robot AI/Kecerdasaan Buatan). Redaksi pelayananpublik.id membuat artikel ini dengan mencari kata pencarian/keyword yang sering dicari para pembaca, tujuannya untuk memudahkan para pembaca/masyarakat dalam pencarian di search engine seperti google, bing, ask dan lainnya.