Cara Menyelamatkan Ponsel yang Masuk Air

Pelayananpublik.id- Hal darurat yang kerap terjadi kepada ponsel adalah tercebur ke dalam air.

Ada beberapa ponsel yang akan bertahan meski masuk ke dalam air. Namun sebagian besar ponsel akan mengalami kerusakan baik ringan maupun kerusakan total.

Jika ponsel Anda telah masuk ke dalam air, ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk menyelamatkannya:

bank sumut selamat hari raya idul fitri

– Matikan Ponsel: Matikan ponsel secepat mungkin untuk menghindari kerusakan pada komponen yang lebih dalam.

– Keluarkan semua bagian yang dapat dilepas: Buka semua bagian yang dapat dilepas, seperti baterai, kartu SIM, dan kartu memori, kemudian keringkan semua bagian dengan kain kering.

– Keringkan dengan handuk kering: Keringkan bagian luar ponsel dengan menggunakan handuk kering. Pastikan untuk mengeringkan setiap bagian dengan lembut, termasuk sela-sela dan lubang pada ponsel.

– Keringkan dengan pengering rambut: Jika Anda memiliki pengering rambut, gunakan pengaturan udara dingin untuk mengeringkan setiap bagian ponsel secara perlahan. Jangan menggunakan pengering rambut pada pengaturan panas karena dapat merusak komponen dalam ponsel.

– Gunakan beras: Taruh ponsel di dalam beras selama 24-48 jam. Beras akan menyerap kelembaban pada ponsel. Pastikan ponsel sepenuhnya tertutup oleh beras.

– Coba hidupkan kembali: Setelah Anda yakin bahwa ponsel Anda sudah sepenuhnya kering, pasang kembali semua bagian yang telah dilepas dan coba hidupkan ponsel. Jika ponsel tidak hidup, cobalah untuk mengisi daya baterai selama beberapa jam dan kemudian coba hidupkan kembali.

Namun, perlu diingat bahwa tidak semua ponsel yang telah terendam air dapat diselamatkan. Beberapa ponsel mungkin mengalami kerusakan yang tidak dapat diperbaiki akibat terendam air, terutama jika air telah masuk ke dalam komponen elektronik yang lebih dalam.

Di beberapa kasus ponsel masih bisa menyala namun ada kerusakan di beberapa bagian, misalnya speaker, keyboard dan lainnya.

Kalau itu terjadi, segera bawa ponsel Anda ke service center agar secepatnya diperbaiki.

=====================================================================================

Penafian (disclaimer): Artikel ini bersumber dari aplikasi/platform ChatGPT (sistem robot AI/Kecerdasaan Buatan). Redaksi pelayananpublik.id membuat artikel ini dengan mencari kata pencarian/keyword yang sering dicari para pembaca, tujuannya untuk memudahkan para pembaca/masyarakat dalam pencarian di search engine seperti google, bing, ask dan lainnya.