Apa Itu Seni Rupa Murni, Fungsi, Bentuk Hingga Contohnya

Pelayananpublik.id- Di dunia ini ada banyak sekali seni rupa yang diciptakan manusia baik itu dua dimensi, tiga dimensi untuk mengungkapkan ekspresi.

Segala jenis karya seni rupa yang dibuat sebagai sarana untuk mengungkapkan perasaan atau media ekspresi disebut sebagai seni rupa murni.

Seni rupa murni biasanya karya yang dibuat tanpa mempertimbangkan fungsi tetapi untuk dinikmati keindahannya. Oleh karena itu, karya seni ini memiliki nilai estetika yang tinggi.

bank sumut selamat hari raya idul fitri

Sebenarnya seni rupa di bagi menjadi dua yaitu seni rupa murni dan seni rupa terapan.

Seni rupa terapan adalah sebuah hasil atau bentuk karya seni rupa yang meninggikan fungsi praktis atau guna tanpa menghilangkan sisi keindahan dari seni tersebut.

Sedangkan pengertian seni rupa murni adalah sebuah hasil atau bentuk karya seni yang dalam proses pembuatanya menghasilkan karya yang fungsinya hanya untuk dinikmati keindahanya.

Sebuah karya bisa juga dikatakan murni karena mementingkan atau menjunjung tinggi nilai estetis atau keindahan daripada nilai guna atau praktis.

Seni rupa murni sudah eksis dari zaman prasejarah dulu.

Salah satu karya yang termasuk seni rupa murni di zaman dahulu memakai cat alami dari getah pohon. Setelah itu, mereka membuat bentuk-bentuk seni dengan tangan dan ditempelkan di batu atau media datar lainnya.

Adapun beberapa aliran karya seni rupa murni memiliki beberapa aliran atau gaya yang berkembang seperti romantisme, Surrealisme, Impresionisme, Ekspresionisme dan lainnya.

Fungsi Seni Rupa Murni

Seni rupa murni memiliki beberapa fungsi dalam kehidupan manusia yakni:

1. Sarana Peribadatan, yakni seni rupa murni sebgai sarana manusia mengingat Tuhannya dan merasa lebih dekat dengan Tuhan. Contohnya adalah kaligrafi, lukisan, hingga pahatan bisa memunculkan rasa takjub dan membuat seseorang mengingat sang pencipta.

2. Sarana Komunikasi, yakni menjadi media yang mudah digunakan untuk menyampaikan sesuatu. Seni atau lebih utamanya seni rupa juga merupakan sebuah bahasa universal yang digunakan untuk memberikan pesan kepada semua orang baik tersurat, maupun tersirat.

3. Kebutuhan Emosional, yakni seni rupa murni sebagai sarana pemenuh kebutuhan emosional manusia. Hal ini dikarenakan manusia memiliki banyak sekali emosi, seperti marah, sedih, senang, malas, dan lainnya.

Manusia juga bisa menggunakan peranan seni untuk menenangkan perasaan atau membahagiakan diri sendiri karena sifat keindahan dari seni itu sendiri.

4. Sarana Edukasi, yakni seni rupa sebagai sarana edukasi atau pendidikan untuk seseorang. Seni ini dapat menyampaikan sebuah informasi yang tersirat maupun tersurta.

Dalam hal ini sebuah seni yang di aplikasikan sebagai sara edukasi ini sudah ada dari zaman dahulu. Contohnya, lukisan, kaligrafi, atau foto bisa menyampaikan untuk memperbaiki kualitas diri agar selalu jadi manusia berbudi luhur.

Contohnya adalah manusia selalu menggunakan meja, kursi, piring, dan lain sebagainya untuk kegiatan sehari-hari. Semua itu merupakan bentuk karya seni yang menjadi salah satu kebutuhan manusia.

Jenis Seni Rupa Murni

Secara umum, karya seni rupa murni terbagi menjadi dua yakni seni rupa murni 2 dimensi dan seni murni 3 dimensi.

– Seni Rupa 3 Dimensi, yakni seni yang dimana mempunyai tiga unsur yang membentuknya yaitu panjang, lebar, dan tinggi.

Dari tiga unsur tersebut membentuk sebuah bentuk volume atau isi yang menjadikan sebuah karya seni rupa murni 3 dimensi ini bisa dilihat dari segala arah.

Adapun contoh seni rupa murni tiga dimensi adalah patung, seni ukir kayu, dan masih banyak lagi yang lainya.

– Seni Rupa 2 Dimensi, yakni tersusun oleh dua unsur yaitu panjang dan lebar. Mengingat ini hanya tersusun oleh dua unsur, seni rupa murni yang satu ini hanya dapa dinikmati dari arah tertentu saja.

Berikut ini beberapa contoh seni murni 2 dimensi : lukisan, gambar grafis, poster, dan lain sebagainya.

Contoh Seni Rupa Murni

Apa Saja Contoh Seni Rupa Murni?

Seni rupa murni contohnya adalah sebagai berikut dikutip dari buku ‘Bank Soal Seni Budaya & Prakarya’ terbitan Bmedia.

1. Seni Lukis

Contohnya lukisan yang dibuat oleh Cokorda Gede Agung Sukowati dari Bali atau Sudjana Kerton dan Jeihan dari Bandung.

2. Seni Patung

Contoh seni rupa murni dari seni patung adalah patung yang dibuat oleh Ida Bagus Tilem atau Ida Bagus Njana dari Bali.

3. Seni Keramik

Contohnya adalah celengan, hiasan bangunan atau peralatan dapur.

4. Seni Batik

Contoh seni rupa murni dari seni batik adalah kain batik teknik celup dan perintangan lilin.

Demikian ulasan mengenai apa itu seni rupa murni mulai dari pengertian, fungsi, hingga jenisnya. Semoga bermanfaat. (*)