Ternyata Pesan WA yang Dihapus Masih Bisa Dibaca, Begini Caranya

Pelayananpublik.id- Pesan Whatsapp yang tidak diinginkan kadang bisa terkirim tanpa sengaja. Namun pengirim bisa segera menghapusnya bahkan sebelum penerima membaca pesan tersebut.

Namun sebagai penerima pesan, terkadang kita ingin tahu isi pesan yang dihapus itu.

Faktanya, pesan yang sudah lama dihapuspun masih bisa dibaca loh.

Namun hal tersebut membutuhkan aplikasi pihak ketiga di luar WhatsApp.

Aplikasi tersebut bernama WAMR yang hanya tersedia di Google Play Store. Pantauan CNBC Indonesia, aplikasi tersebut tidak tersedia di App Store.

Jika ingin membaca pesan terhapus, pengguna harus mengunduh terlebih dulu aplikasi tersebut. Lalu buka aplikasi dan akan tersedia aplikasi mana yang akan dimonitor.

Selain WhatsApp ada Instagram, Facebook, Telegram, hingga Youtube. Beri tanda check list pada WhatsApp selanjutnya klik next.

Setelah itu akan ada pemberitahuan mengenai contoh kasus yang tidak bisa dibantu oleh WAMR, yaitu saat chat dibisukan atau melihat pesan saat sedang dihapus maka WAMR tidak akan memberikan notifikasi.

Aplikasi juga akan mengecek apakah ada foto, video, GIF, voice note atau audio yang tiba-tiba menghilang. Pengguna akan diberikan pemberitahuan saat itu terjadi.

Selesai, WAMR dan WhatsApp telah terhubung. Kamu bisa melihat pesan yang dihapus oleh pengguna lain di WhatsApp.

Caranya adalah saat menerima pesan yang dihapus di WhatsApp, buka aplikasi WAMR. Apabila kamu mengizinkan notifikasi WAMR muncul, maka akan ada pemberitahuan di ponsel kamu ada pesan yang dihapus.

Saat aplikasi dibuka, pada laman utamanya akan tersedia kolom chat sesuai dengan nomor pengirim pesan. Buka kolom chat itu dan pesan yang dihapus akan tersedia di dalamnya.

Sebagai catatan, hanya pesan dihapus yang akan masuk ke WAMR sedangkan chat lain tidak terlihat. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published.