110.553 Formasi CPNS & PPPK Kemenag Dibuka, Ini Posisinya

Pelayananpublik.id- Tahun ini Kementerian Agama (Kemenag) kembali membuka lowongan Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) sebanyak 110.553 formasi.

Angka ini tercatat sebagai formasi terbesar sepanjang sejarah.

Adapun rinciannya adalah sebanyak 20.772 formasi untuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan 89.781 untuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

bank sumut selamat hari raya idul fitri

Terkait hal ini, Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mengatakan jumlah formasi tersebut menjadi yang terbesar sepanjang sejarah Kemenag.

“Kita baru mendapatkan formasi yang luar biasa terbesar dalam sejarah. Hampir 111.000 formasi ASN,” katanya dalam keterangan tertulis, dikutip Minggu (21/4/2024).

Lebih lanjut, Yaqut menjelaskan banyaknya jumlah formasi yang dibuka ini telah melalui beberapa pertimbangan. Di antaranya, banyak pegawai Kemenag yang memasuki usia lansia, pemekaran wilayah, serta alih status penegerian sekolah yang di bawah naungan Kemenag.

“Pegawai kami yang memasuki usia pensiun pada 2024 sampai 2028 itu ada 48.991 ASN. Nah ini tentu menjadi konsen utama kami terkait usia pensiun pada rentang empat tahun ke depan,” jelasnya.

Rekrutmen tahun ini dibuka untuk posisi seperti guru madrasah, guru Sekolah Menengah Teologi Kristen, Sekolah Menengah Atas Katolik, dosen perguruan tinggi keagamaan negeri, penyuluh agama, penghulu, talenta digital, dan tenaga pendidik yang akan ditempatkan di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur. (*)