Apa Itu Peta Minda, Fungsi, Hingga Cara Membuatnya

Pelayananpublik.id- Banyak cara yang bisa dilakukan untuk memaksimalkan potensi berfikir manusia. Salahsatu caranya adalah dengan peta minda atau yng dikenal dengan mind mapping atau peta pikiran manusia.

Latihan menggunakan peta minda akan membantu manusia untuk berfikir dan mengingat informasi secara optimal.

Namun sebelum membahas lebih jauh, ada baiknya pahami dulu apa itu peta minda.

Pengertian Peta Minda

Peta minda adalah metode dalam memaksimalkan potensi pikiran manusia dengan menggunakan otak kanan dan otak kirinya secara simultan.

Peta minda bisa mengubah daftar panjang informasi monoton menjadi diagram yang penuh warna, mudah diingat, dan sangat terorganisir.

Peta minda berbentuk diagram yang mewakili tugas, kata, konsep, atau item yang terkait dan diatur di sekitar konsep pusat atau subjek menggunakan tata letak grafis non-linier yang memungkinkan pengguna untuk membangun kerangka kerja intuitif di sekitar konsep pusat.

Dengaan demikian peta minda dapat membantu Anda untuk secara visual menyusun ide-ide untuk membantu analisis dan mengingat. Jika Anda pernah membuat peta minda, Anda mungkin pernah merasakan beberapa manfaat dari latihan ini.

Mungkin sifat visual dari peta minda membantu Anda mengingat informasi dengan lebih baik, atau mungkin juga kesederhanaannya memungkinkan Anda untuk menangkap ide-ide secara lebih cepat.

Dalam dunia pendidikan sendiri peta Minda berarti salah satu kemungkinan visual-spasial dalam bentuk kecerdasan ganda atau kecerdasan beragam yang sekarang digunakan dalam sistem pembelajaran sekolah.

Misalnya sesudah mempelajari suatu bab, semua siswa didorong untuk menguasai teknik ini untuk mengingat dan meninjau kembali pemahaman siswa tentang bab itu. Banyak orang percaya bahwa teknik ini sulit digunakan.Teknik ini membut siswa lebih mudah mengingat fakta-fakta penting yang telah mereka pelajari.

Waktu yang tepat untuk menggunakan peta minda ini digunakan di awal setiap sekolah dan di akhir ujian. Siswa sangat disarankan untuk berlatih peta minda dari awal agar memudahkan siswa untuk menguasai semua mata pelajaran dengan baik dan cemerlang.

Fungsi Peta Minda atau Mind Mapping

1. Untuk Membantu Menghafal dan Retensi. Contohnya dengan alat seperti mesin cetak, printer rumah, pengolah kata, pulpen, dan internet, yang semuanya memudahkan untuk mendokumentasikan pemikiran di atas kertas. Nah sekarang, peta minda lebih mudah dilakukan dengan diagram.

Diagram lebih mudah disimpan dalam memori daripada jenis format representasional lainnya. Peta minda memungkinkan penyandian informasi yang terpisah dalam memori dalam bentuk visual dan juga proposisional (tertulis). Dalam studi lain—“The Efficacy of the Mind Map Study Technique”—para peneliti menemukan bahwa belajar dengan peta minda membantu meningkatkan retensi sebesar 10-15%.

2. Membuat Pembelajaran jadi Lebih Menarik

Selain merekomendasikan agar guru menggunakan peta pikiran di kelas saat mengajar, disarankan juga agar siswa membuat peta pikiran mereka sendiri yang dapat digunakan untuk menilai pembelajaran, dan untuk membandingkan peta minda mereka dengan peta minda teman sekelas lain untuk kegiatan pembelajaran tambahan yang lebih bermakna.

3. Membuat Masalah Menjadi Mudah Dipahami

Dalam sebuah survei, separuh responden menggunakan peta minda untuk manajemen proyek dan manajemen pengetahuan, dan hampir 40% menggunakannya untuk perencanaan strategis. Peta minda dapat menyederhanakan tugas-tugas seperti;

4. Meningkatkan Produktivitas

Hasil survei lain menunjukkan bahwa rata-rata, perangkat lunak pemetaan pikiran atau peta minda membantu eksekutif yang sibuk menjadi 20-30% lebih produktif dalam pekerjaan mereka.

5. Menumbuhkan Kreativitas

Peta minda brfungsi untuk membantu menyalakan kreativitas karena Anda bisa mendapatkan ide-ide dengan cepat dan spontan untuk segera dituangkan di atas kertas dan juga dapat mengosongkan pikiran ketika inspirasi datang.

6. Tingkatkan Skill Menulis

Sebuah studi ini menemukan bahwa siswa dalam kelompok yang menggunakan peta minda mendapatkan keuntungan yang lebih tinggi dalam prestasi menulis sebagai hasilnya. Hasil mereka menunjukkan detail yang lebih relevan dan gagasan yang lebih terorganisir dan terhubung daripada paragraf yang ditulis oleh kelompok kontrol.

Metode Pembelajaran Peta Minda

Metode pembelajaran membantu siswa untuk mempelajari materi pembelajaran dengan lebih mudah. Semakin kreatif metode yang digunakan, semakin mudah bagi siswa untuk belajar.

Metode pembelajaran tidak boleh monoton karena mereka tentu saja membosankan. Untuk alasan ini, metode pembelajaran yang unik, menghibur dan efektif diperlukan untuk menghasilkan minat dalam belajar.

Salah satu metode pembelajaran yang membuat efektif bagi setiap siswa untuk mempelajari hal-hal baru adalah metode peta minda. Peta minda atau yang lebih dikenal dengan Mind Map pada awalnya dikembangkan oleh Tony Buzan, seorang psikolog dari Inggris.

Metode ini juga dikenal sebagai Peta minda yang dirancang khusus untuk memudahkan siswa dalam mempelajari dan mengekspresikan pemikiran siswa tentang suatu masalah dan memahami konsep kewirausahaan, maka metode ini sangat diperlukan.

Cara Membuat Peta Minda

– Tentukan bahan bacaan terlebih dahulu.

– Tentukan konsep yang relevan.

– Urutkan konsep dari yang paling inklusif ke yang paling komprehensif.

– Atur konsep di atas kertas, mulai dari konsep paling komprehensif di atas hingga konsep paling tidak komprehensif.

– Hubungkan konsep pada garis penghubung dan tentukan kata penghubung untuk masing-masing garis penghubung.

– Lanju kembangkan peta minda yang dibuat. Misalnya, tambahkan dua atau lebih konsep baru ke setiap konsep yang sudah ada di peta pikiran.

Demikian ulasan mengenai apa itu peta minda, fungsi, metode hingga contohnya. Semoga bermanfaat. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published.