Pengertian PHP Menurut Para Ahli Terlengkap

Pelayananpublik.id- Dalam dunia pemrograman komputer, akan sering ditemukan istilah PHP.

PHP adalah singkatan dari “Hypertext Preprocessor” yaitu suatu bahasa scripting tingkat tinggi yang dipasang pada dokumen HTML.

Secara dominan, sintaks dalam PHP mirip dengan bahasa C, Java dan Perl, namun pada PHP ada beberapa fungsi yang lebih spesifik. Sedangkan tujuan utama dari penggunaan bahasa ini adalah untuk memungkinkan perancang web yang dinamis dan dapat bekerja secara otomatis.

Nah PHP ini kerap dipakai para programmer untuk membuat situs web yang bersifat dinamis karena gratis dan berguna dalam merancang aplikasi web. Sebab PHP merupakwn bahasa (scripting language) yang dirancang secara khusus untuk penggunaan web.

Agar lebih paham apa itu PHP, mari simak pengertian PHP menurut pendapat para ahli berikut ini.

1. Andri Kristanto (2010)

Pengertian PHP menurut Andri Kristanto adalah bahasa yang disertakan dalam dokumen HTML sekaligus bekerja di sisi server (server-side HTML-embedded scrpting).

Bisa dikatakan sintaks dan perintah yang diberikan akan sepenuhnya dijalankan di server tetapi disertakan di halaman HTML biasa, sehingga script-nya tak tampak di sisi client.

PHP dirancang untuk dapat bekerja sama dengan database server dibuat sedemikian rupa sehingga pembuatan dokumen HTML yang dapat mengakses database menjadi begitu mudah.

2. Bunafit (2004)

Bunafit mengatakan PHP adalah bahasa program yang berbentuk script yang diletakkan di dalam server web. PHP telah diciptakan terutama untuk kegunaan web dan dapat menghubungkan query database serta menggunakan perintahperintah sederhana / simple task yang dapat diluruskan dalam 3 atau 4 baris kode saja.

3. Raharjo, Budi.( 2009)

Budi mendefenisikan PHP sebagai salah satu bahasa pemrograman skrip yang dirancang untuk membangun aplikasi web. Aplikasi web adalah aplikasi yang disimpan dan dieksekusi (oleh PHP Engine) di lingkungan web server.

4. Wahana Komputer (2010)

Menurut Wahana Komputer, PHP adalah bahasa (script) pemrograman yang sering digunakan pada sisi server sebuah web.

5 Anhar (2010:3)

Anhar mengatakan pengertian PHP adalah sebuah Bahasa scripting yang terpasang dalam HTML.

6. Simarmata (2010:148)

Simarmata mendefenisikan pengertian PHP sebagai bahasa yang mengijinkan pengembangan untuk menempelkan kode di dalam HTML dengan menggunakan bahasa yang sama, seperti Perl dan UNIX shells.

7. Abdul Kadir (2013:120)

Abdul Kadir mengatakan PHP sering dikatakan sebagai bahasa untuk membuat aplikasi web yang dinamis. Pengertian dinamis di sini adalah memungkinkan untuk menampilkan data yang tersimpan dalam database. Dengan demikian, halaman web akan menyesuaikan dengan isi database.

8. Sibero (2013:49)

Sibero dalam bukunya mengatakan pengertian PHP adalah pemograman interpreter yaitu proses penerjemahan baris kode sumber menjadi kode mesin yang dimengerti komputer secara langsung pada saat baris kode dijalankan

9. Oktavian (2010:31)

Oktavian berpendapat bahwa PHP adalah akronim suatu bahasa pemorgraman berbasiskan kode-kode (Script) yang digunakan untuk mengolah suatu data dan mengirimnya kembali ke menjadi kode HTML”.

10. Arief (2011:43)

Arief menyebut pengertian PHP atau Hypertext Preprocessor adalah bahasa server-side script yang menyatu dengan HTML untuk membuat halaman Web yang dinamis.

11. Purwanto (2012)

Purwanto mengatakan PHP adalah bahasa pemrograman web server-side yang besifat open source”

12. Betha Sidik

Dalam Pemrograman Web Dengan PHP (2012 : 4), Betha menyebutkan PHP adalab secara umum dikenal dengan sebagai bahasa pemrograman script – script yang membuat dokumen HTML secara on the fly yang dieksekusi di server web, dokumen HTML yang dihasilkan dari suatu aplikasi bukan dokumen HTML yang dibuat dengan menggunakan editor teks atau editor HTML, dikenal juga sebagai bahasa pemrograman server side”.

13. Badiyanto (2013:32)

Badiyanto dalam bukunya menerangkan PHP adalah bahasa skrip yang dapat ditanamkan atau disisipkan ke dalam HTML/PHP banyak dipakai untuk membuat situs web dinamis.

14. Winarno dkk (2014:1)

PHP adalah pemrograman untuk web yang menganut client server

15. Menurut Hikmah, dkk (2015:1)

PHP adalah perangkat lunak open source yang diatur dalam aturan general purpose licences (GPL). Bahasa pemograman PHP sangat cocok dikembangkan dalam lingkungan web, karena PHP bisa diletakkan pada script HTML atau sebaliknya. PHP dikhususkan untuk pengembangan web dinamis.

16. Menurut (Das & Saikia, 2016)

PHP adalab Bahasa scripting yang sangat diketahui sering dipakai dalam pengembangan web walaupun sebenarnya tidak hanya itu kegunaannya. Berdasarkan w3techs.com PHP merupakan basaha scripting yang sering dipakai di internet sebesar 82%.

17. Supono dan Putratama (2016:3)

Supono mengatakan pengertian PHP adalah suatu bahasa pemrograman yang digunakan untuk menerjemahkan baris kode program menjadi kode mesin yang dapat dimengerti oleh komputer yang berbasis server-side yang dapat ditambahkan ke dalam HTML”.

18. Menurut Solichin (2016:11)

Solichin mendefenisikan PHP sebagai salah satu bahasa pemrograman berbasis web yang ditulis oleh dan untuk pengembang web”.

19. Elex Media Komputindo (2016:57), “PHP merupakan jenis bahasa scripting yang lazim digunakan di halaman web. Artinya, kode ini langsung dimasukkan ke dalam kode HTML. Anda menggunakan tag HTML untuk membungkus kode PHP yang ada di dalam file HTML. Cara mengedit kode PHP sama seperti cara mengedit HTML, yaitu anda perlu menggunakan software editor teks seperti Notpad atau Notpad++ dan Adobe Dreamweaver.

20. Madcoms (2016:148), ”Php(Hypertext Preprocessor) adalah bahasa script yang dapat ditanamkan atau disisipkan ke dalam HTML. Php adalah bahasa pemrograman script server-side yang didesain untuk pengembangan web”.

Demikian pengertian PHP menurut ahli terlengkap yang telah kami rangkumkan dari berbagai sumber. Semoga bermanfaat. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published.