Apa Itu Landasan Teori, Jenis dan Cara Membuatnya

Pelayananpublik.id- Dalam setiap karya ilmiah pasti terdapat minimal satu landasan teori. Biasanya landasan teori diambil dari metode milik ahli yang akan dikembangkan lewat tulisan ilmiah tersebut.

Peran landasan teori pun terbilang penting dalam sebuah penelitian atau karya ilmiah. Tanpa adanya landasan teori penelitian itu bisa dikatakan tidak akan berdasar.

Selain itu ada beberapa jenis landasan teori yang biasa digunakan dalam penelitian. Namun sebelum membahas lebih lanjut, mari simak dulu apa pengertian landasan teori.

bank sumut selamat hari raya idul fitri

Pengertian Landasan Teori

Secara umum pengertian landasan teori adalah sebuah argumentasi yang telah tersusun secara sistematis dan telah memiliki variabel yang kuat dan sudah terbukti.

Landasan teori biasanya berisi mengenai definisi, konsep, dan juga proposisi yang telah tersusun secara sistematis mengenai variabel penelitian.

Adapun fungsi landasan teori adalah untuk mengaitkan dengan pengetahuan yang baru dan juga mempermudah penelitian untuk menyusun sebuah hipotesis serta metodologi penelitian.

Sementara itu beberapa pengertian landasan teori menurut parah ahli adalah sebagai berikut:

1. Pengertian landasan teori menurut Sugiyono adalah dasar dari sebuah penelitian yang perlu ditegakkan supaya suatu penelitian memiliki dasar yang kuat dan tidak hanya sekadar aktivitas coba-coba.

2. Sardar Ziauddin mengatakan landasan teori adalah suatu sistem konsep yang abstrak yang dipakai untuk mengidentifikasi hubungan dari suatu konsep. Teori tersebut dipakai untuk memahami fenomena yang terjadi dan juga untuk konsep dasar dari sebuah penelitian sosial.

3. Menurut Neuman, landasan teori adalah konsep. proposisi, dan definisi yang dipakai untuk melihat fenomena dengan sistematis.

4. Moleong mendefenisikan landasan teori sebagai seperangkat proposisi yang berhubungan satu sama lain dengan mengikuti aturan tertentu. Landasan ini juga berperan dalam memprediksi dan menjelaskan fenomena yang sedang diamati.

5 .Kerlinger mengatakab landasan teori adalah suatu konsep yang berhubungan satu sama lain di mana di dalamnya terdapat pandangan dari fenomena yang sistematis.

Fungsi Landasan Teori

– Sebagai keterangan sementara di dalam sebuah penelitian.

– Berfungsi untuk mengembangkan ilmu pengetahuan.

– Menjelaskan variabel dalam penelitian

-Memprediksi dan merumuskan penelitian.

-Sebagai pengontrol masalah dalam penelitian.

Jenis Landasan Teori

Macam-Macam Landasan Teori

Macam-macam teori ini ada berdasarkan jenis dari penelitian yang dilakukan, yaitu:

1. Penelitian Kuantitatif

Yakni adalah penelitian yang lebih mengacu pada data-data statistik dalam mendapatkan hasil dari penelitian. Oleh karena itu dalam penelitian kuantitatif harus diketahui beberapa jenis variabel yang digunakan, yaitu:

Variabel Bebas (Independen)

Variabel Terikat (Dependen)

Variabel Intervening

Variabel Control

Variabel Moderating

Variabel Confounding.

Di dalam penelitian kuantitatif, teori ini merupakan gagasan dari variabel yang saling berhubungan. Dalam penelitian kuantitatif ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, yaitu:

Peneliti harus menegaskan teori dalam bentuk hipotesis yang berhubungan. Contoh: Semakin sering seseorang melakukan sesuatu, maka dampaknya akan semakin kuat pula.

Peneliti harus menyatakan pernyataan “jika-maka” agar menjelaskan bahwa variabel bebas dan terikat saling berpengaruh.

Peneliti harus menunjukkan teori dalam bentuk visual agar dapat diterjemahkan dengan mudah.

2. Penelitian Kualitatif

Penelitian kualitatif ini secara singkat merupakan penelitian yang lebih bersifat deskriptif. Penggunaan teori dalam penelitian kualitatif memiliki tujuan-tujuan seperti:

Teori digunakan untuk menjelaskan perilaku tertentu.

Teori digunakan sebagai pedoman untuk meneliti gender, kelas, dan ras.
lp
Teori digunakan sebagai poin akhir penelitian

3. Penelitian Campuran

Penelitian campuran ini adalah gabungan dari penelitian kuantitatif dan kualitatif. Dalam metode campuran ini ada dua cara yang dilakukan untuk melakukan penelitian, yaitu:

Memakai kerangka berpikir ilmu sosial.

Menggunakan kerangka berpikir transformatif.

Menggunakan teori deskriptif atau emiris.

Cara Membuat Landasan Teori

Landasan teori adalah hal wajib dalam penulisan karya ilmiah. Sehingga jika ingin membuat karya ilmiah, Anda harus menguasai cara membuat Landasan teori.

Ada bebrapa hal yang harus diperhatikan sebelum membuat landasan teori yakni.

– Isi dan pemilihan teori

Isii dari teori ini penting untuk dibuat dengan tertata, sistematis, dan juga terencana mengingat hal ini adalah dasar dari penelitian.

Isi-isi di dalam teori itu mencakup:
jump
Kerangka Teori Variabel Pertama

Kerangka Teori Variabel Kedua

Kerangka Teori Variabel Ketiga

State of the Art atau Kajian Terdahulu

Kerangka teoritis

Poin-poin tersebut wajib tercantum di dalam landasan teori karena akan menunjukkan bahwa teori yang dipakai valid sehingga tak perlu diragukan lagi mengenai kebenaran yang dijelaskan di dalamnya.

2. Langkah Penulisan Teori

Penulisan teori ini juga harus memiliki unsur-unsur tertentu agar teori tidak diragukan, yaitu:

Ketepatan / Adequacy

Ketepatan ini dimaksudkan bahwa sumber dari teori yang dituliskan harus memenuhi unusr ketepatan. Artinya, sumber teori yang dipilih sesuai dengan sumber-sumber pendukungnya.

Kejelasan / Clarity

Kejelasan ini berarti, teori harus bisa dipertanggungjawabkan atas segala masalah yang dipaparkan. Selain itu teori juga harus bisa digunakan untuk menganalisis masalah penelitian secara mendalam agar ditemukan kaitan antara teori dengan penelitian.

Empiris

Empiris ini berarti data yang telah didapatkan di lapangan harus aktual sehingga bisa dijadikan modal untuk membuat teori yang valid.

Relevan

Relevan di sini berarti segala kutipan dan sumber yang telah dipakai harus berdasarkan variabel yang masih menarik perhatian bagi peneliti maupun pembaca.

Terorganisir

Terorganisir artinya teori yang telah disajikan harus mengacu pada literatur yang telah tersusun secara sistematis.

Meyakinkan

Teori yang dipaparkan juga harus meyakinkan bagi penulis sendiri maupun pembaca agar penelitian juga bisa lebih valid dan dipercaya kebenarannya.

Demikian ulasan mengenai apa itu landasan teori, fungsi, jenis dan cara membuatnya. Semoga bermanfaat. (*)