Aktivitas Online Bisa Dilacak Google, Begini Cara Hentikannya

Pelayananpublik.id- Pernahkah Anda merasa bahwa Google bisa membaca isi hati Anda? Ketika Anda ingin membeli sepeda, misalnya, maka tiba-tiba muncul iklan penawaran pembelian sepeda.

Atau, Anda sedang hamil, tiba-tiba yang muncul ketika Anda menggunakan smartphone adalah iklan susu hamil, bantal hamil dan sebagainya.

Nah, itu merupakan teknologi raksasa Google yang bisa melacak penggunanya. Bahkan aktivitas pelacakan ini masih bisa terjadi meski riwayat lokasi sudah dinonaktifkan.

Teknologi Google ini adalah andalan para pemilik brand dan e-commerce untuk menarik minat konsumen yang sedang asyik menjelajahi internet.

Akibatnya, muncul fenomena yaitu pengguna dapat melihat iklan di internet sesuai dengan apa yang dibicarakan sebelumnya. Seakan-akan, pengiklan tahu apa yang kita inginkan.

Meskipun tujuannya untuk memudahkan konsumen, teknologi ini juga bisa membuat pengguna internet tidak nyaman karena merasa dibuntuti dan dimata-matai.

Jadi, bagi Anda yang tidak ingin dideteksi, Anda masih bisa melakukan beberapa cara di bawah ini seperti dikutip dari CNBC Indonesia.

1. Buka Google.com lewat browser desktop atau mobile

2. Masuk ke akun Google

3. Pilih menu Manage your Google Account

4. Pada Privacy & Personalization, pilih Manage your Data & Personalization;

5. Berikutnya akan terlihat menu Activity Controls dengan scrolling layar ke bawah, pilih Manage your Activity Controls;

6. Selanjutnya akan terlihat boks bernama Web & App Activity, geser toggle untuk mematikannya; dan

7. Akan terlihat pemberitahuan memastikan pengguna paham apa yang dilakukan dengan menonaktifkan pengaturan, kemudian pilih Pause.

Jika sudah melakukan langkah itu, maka fotur pelacakan aktivitas online akan mati. Jadi pengguna tidak akan melihat lagi iklan dan rekomendasi penelusuran yang relevan.

Dampaknya, iklan yang dilihat di internet kurang relevan dan hal serupa juga terjadi pada rekomendasi penelusuran. Pengguna tak dapat lagi pengalaman personal setelah fitur dimatikan.

Perlu dicatat pula, data yang tersimpan tidak akan hilang setelah pelacakan dimatikan. Fitur yang dinonaktifkan itu akan berguna saat menggunakan Google di masa depan sementara data yang tersimpan tidak akan terhapus. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published.