Apa Itu Public Relation, Tugas, dan Skill yang Harus Dikuasai

Pelayananpublik.id- Dalam sebuah perusahaan tentu diperlukan orang yang mengurus hubungan perusahaan dengan dunia luar. Hal ini agar perusahaan dikenal oleh masyarakat serta memungkinkan hubungan yang baik dengan lingkungannya.

Untuk menimbulkan dan menjaga citra baik perusahaan di tengah masyarakat, maka perusahaan memperkerjakan seorang public relation atau biasa disebut hubungan masyarakat (humas).

Pengertian public relation adalah sebuah proses interaksi antara organisasi dengan masyarakat dalam membentuk opini publik, memberikan persepsi, menanamkan pengertian, menumbuhkan motivasi, dan menciptakan partisipasi publik.

Proses ini bertujuan yaitu untuk saling menguntungkan, menanamkan keinginan yang baik, sehingga muncul citra yang baik dari publik terhadap perusahaan.

Sementara itu, definisi lain dari public relation adalah sebuah usaha yang dilakukan secara terus menerus dan secara sengaja untuk membangun dan mempertahankan pengertian timbal balik antara perusahaan dan masyarakat secara umum.

Selain itu, ada juga pendapat yang mengatakan pengertian public relation adalah interaksi dan upaya untuk menciptakan opini publik sebagai salah satu input untuk kedua belah pihak. Public relation ini merupakan profesi yang profesional dalam bidang komunikasi dan mempunyai tugas untuk mendorong terwujudnya tujuan organisasi secara tepat dan terencana serta terus menerus.

Menurut Coulsin – Thomas, public relation juga dapat diartikan sebagai suatu proses atau kegiatan terencana yang bertujuan untuk menjalin komunikasi antara perusahaan dan pihak luar perusahaan. Dimana pihak luar bisa dimaknai sebagai masyarakat ataupun pihak lain yang menjalin hubungan dengan perusahaan terkait.

Nah, dari beberapa pengertian di atas, jelas sekali bahwa public relation (PR) sangat penting perannya di perusahaan dalam menciptakan citra dan nama baik perusahaan.

Tak heran jika sebuah perusahaan memperkerjakan orang yang mumpuni untuk posisi PR. Bahkan tak sedikit perusahaan yang memilih mengambil SDM yang memang lulusan PR dari kampus ternama.

Tujuan Public Relation

Rosady Ruslan mengatakan beberapa tujuan dari public relation adalah sebagai berikut:

– Menciptakan citra perusahaan yang baik dan positif untuk publik eksternal ataupun publik serta konsumen.

– Sebagai otomatisasi pemasaran, saling pengertian antara kelompok sasaran dan juga perusahaan.

– Mengembangkan sinergi antara fungsi kehumasan dan pemasaran.

– Efektif dalam membangun pengakuan dan kesadaran merek.

– Dukungan bauran pemasaran.

Tugas-tugas Seorang PR

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, PR memiliki beberapa tugas yang bertujuan memperkenalkan, menjaga citra perusahaan. Adapun tugas-tugas seorang public relation atau PR adalah sebagai berikut:

1. Menulis berita atau pernyataan pers yang mempromosikan produk ataupun hal tertentu yang berhubungan dengan perusahaan dimana mereka bekerja.

2. Meranngkul jurnalis, selebgram dan influencer untuk memberi informasi mengenai perusahaan atau brand.

3. Menjaga hubungan baik dengan klien dan memastikan bahwa klien memahami publisitas.

4. Membuat laporan mengenai hasil kampanye yang dilakukan oleh public relation dan mengoptimalkan berdasarkan metrik yang ada.

5. Merencanakan program untuk pengembangan perusahaan untuk mempertahankan persepsi publik dan pemegang saham supaya tetap menguntungkan untuk perusahaan.

6. Memperbaharui dan mengisi konten web.

7. Mempelajari tujuan organisasi, kebutuhan untuk membangun opini masyarakat dalam mempromosikan produk, kebijakan promosi, dan lain sebagainya.

8. Berdiskusi dengan manajer untuk mengidentifikasi minat dan tren masyarakat lalu memberikan saran terkait keputusan bisnis.

9. Menjalin dan menjaga hubungan baik dengan para stakeholders termasuk pemerintahan.

Skill yang Harus Dimiliki PR

Dari tugas-tugas di atas, seorang PR tentu harus memiliki skill yang menunjang pekerjaannya. Jika tidak maka pekerjaannya sebagai PR akan terkendala dan akan menimbulkan masalah bagi perusahaan.

Oleh karena itu, seorang public relation, atau PR harus memiliki skill wajib sebagai berikut:

1. Komunikasi dan Public Speaking

Bukan hanya bisa berkomunikasi dengan baik, seorang PR dituntut harus jago public speaking. Yang artinya seorang PR itu harus bisa berbicara dengan baik dan lancar di hadapan orang lain ataupun orang banyak.

Karena itu, seorang public relation harus hebat dalam melakukan komunikasi verbal, yang meliputi presentasi, interview, dan juga public speaking. Tak hanya itu saja, public relation juga harus lincah dalam berkomunikasi non verbal.

Intinya seorang public relation atau humas harus bisa berbicara sebagai mulut dan wajah perusahaan.

2. Bisa Menulis Pernyataan Pers

Ada kalanya sebuah perusahaan ingin menyampaikan sesuatu lewat pers. Entah itu promosi produk, atau klarifikasi masalah atau yang lain. Dari itu seorang PR harus bisa menuliskan pernyataan pers yang baik dan benar agar tidak terjadi mispersepsi pada jurnalis.

3. Riset

Pakar public relation bekerja dengan banyak klien dari berbagai jenis keperluan. Sehingga mereka harus bisa melakukan riset terkait kebutuhan klien dengan cepat dan tepat. Tidak heran jika seorang public relation harus bisa melakukan berbagai riset mengenai tata cara berpikir induktif, deduktif, penelitian pustaka, wawancara, sampai browsing.

4. Mampu Berpikir dan Bisa Bahasa Asing

Globalisasi bisnis telah memaksa seorang public relation untuk bisa menguasai banyak bahasa. Mengapa bahasa asing sangat perlu dipelajari? Sebab, klien public relation juga mungkin saja berasal dari luar negeri atau bisa juga mereka bekerja di perusahaan multinasional dengan keberagaman budaya dan bahasa di dalamnya.

Sehingga, untuk membuat sebuah strategi bisnis perusahaan, pastinya kita harus memahami komunikasi mereka. Selain itu, sekarang ini bahan-bahan dari riset juga banyak yang berasal dari luar negeri. Maka tak heran jika keterampilan bahasa menjadi sangat penting.

5. Mengerti Media Sosial

Zaman sekarang, PR juga dituntut terbiasa dengan berbagai platform media sosial yang ada sekarang ini. Bahkan jika perlu juga harus disertai dengan pengetahuan analitik dari media sosial tersebut. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa ada banyak sekali jenis media sosial yang ada. Mulai dari Instagram, Facebook, LinkedIn, Twitter, Medium, dan lain sebagainya.

Sementara itu, keterampilan lain yang juga tidak kalah penting untuk dikuasai oleh para public relation adalah berpikir kreatif, problem solving, mudah bergaul, dan mempunyai manajemen waktu yang bagus. Sebab hal tersebut akan sering dihadapkan dengan deadline. Jadi, setelah mengetahui seluk beluk profesi public relation, maka kita juga akan mengetahui bagaimana tugas dan juga kewajiban mereka.

Demikian ulasan mengenai apa itu Public Relation atau PR atau humas, apa saja tugasnya dan skill apa yang harus dimiliki. Semoga bermanfaat. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published.