Banyak Emoji Baru di 2022, Mulai Wajah Gemetar, Tos hingga Eceng Gondok

Pelayananpublik.id- Chatting merupakan kebutuhan sehari-hari karena sudah menjadi pengganti aktivitas berbicara. Chat juga didukung dengan aneka emoji yang bisa menggambarkan perasaan yang tidak ingin dituliskan dengan kata-kata.

Nah, emoji dalam Android dan iOS terus mengalami perkembangan setiap tahunnya. Bahkan untuk tahun 2022, akan ada banyak emoji baru yang muncul seperti tos, wajah gemetar dan lainnya.

Hari Emoji dunia yang jatuh pada Minggu (17/7) menjadi simbol pembaruannya di iOS maupun Android. Perilisannya akan dimulai pada September 2022.

Dikatakan Emojipedia, seri yang akan dipamerkan ke publik itu adalah Emoji 15.0. Desain pada versi ini akan bervariasi per platform, baik di iOS maupun Android.

Konsorsium Unicode hanya memiliki 31 draf emoji tahun ini, kemungkinan akan diluncurkan pada penghujung 2022 hingga 2023 awal.

Kata mereka, draf emoji ini masih dapat berubah hingga finalisasinya pada September, dengan sebagian besarnya (jika tidak semua) diprediksi akan mendapat ACC.

Total ada 31 emoji yang direkomendasikan, yang menurun signifikan dibandung tahun lalu yang mencapai 112 rekomendasi dan 2020 yang memiliki 334 kandidat.

“Faktanya, ini adalah jumlah emoji baru terkecil yang pernah direkomendasikan Unicode pada satu waktu,” kata Emojipedia dikutip dari CNN.

Daftar emoji baru itu mancakup wajah gemetar, kombinasi yang bisa membentuk high five alias tos, dan nirkabel (wireless).

Emoji wajah gemetar akan digunakan untuk reaksi terkejut, atau bisa menjadi emoji gempa resmi berkat ornamen yang mirip getaran.

Kemudian ada emoji high five bisa menjadi simbol resmi tos setelah sebelumnya pengguna kerap memakai emoji Folded Hands (tangan saling bersentuhan), yang di Indonesia sering dipakai sebagai simbol permohonan, terima kasih, salam hormat, atau bahkan doa.

Itu bisa dibentuk dengan memakai kombinasi Tangan Menekan Kanan dan Kiri (Rightwards dan Leftwards Pushing Hand). Jika dipakai terpisah, ini bisa difungsikan sebagai bentuk penolakan.

Selanjutnya ada pula emoji nirkabel sebagai tanda ada jaringan untuk online. Sayangnya, belum ada emoji nihil Wi-Fi. Pengguna bisa memakai emoji Antenna Bars yang dirancang untuk meniru sinyal seluler.

Emoji 15.0 juga menyediakan tiga variasi emoji hati, yakni merah muda, biru, dan abu-abu. Tak cuma itu, ada simbol berupa rusa, keledai, burung hitam, angsa, ubur-ubur, hingga sekadar sayap. Simbol eceng gondok, jahe, dan kacang polong juga sedang dalam perjalanan. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published.