PLN selamat natal 2022

Pengertian Manajemen Secara Umum dan Menurut Ahlinya

Pelayananpublik.id- Istilah manajemen bukanlah hal asing lagi di telinga masyarakat. Istilah manajemen sering digunakan untuk menggambarkan pengaturan suatu organisasi, pekerjaan, perusahaan dan sebagainya sehingga mencapai tujuan dengan lebih baik.

Manajemen adalah suatu istilah yang merujuk pada sistem pengatur proses dan pengelolaan dari pemanfaatan sumber daya. Itu berguna agar sumber daya manusia maupun sumber daya lain yang digunakan dapat dikelola secara efektif serta efisien.

Manajemen sendiri terdiri atas sejumlah rangkaian proses yang berkaitan antara satu dan lainnya. Adapun proses yang dimaksud adalah termasuk perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan, evaluasi, dan pengendalian.

Namun sebelum membahas lebih jauh, ada baiknya pahami dulu apa pengertian manajemen secara umum dan pengertian manajemen menurut para ahli serta fungsi-fungsinya dalam ekonomi.

Pengertian Manajemen Secara Umum

Pengertian manajemen secara umum adalah suatu proses ketika seseorang mampu mengelola semua hal yang dikerjakan oleh individu atau dalam sebuah kelompok demi mencapai tujuan bersama dengan sumber daya yang ada.

Manajemen bukan hanya dipakai dalam bidang perekonomian, akan tetapi juga digunakan untuk mengatur secara keseluruhan kegiatan dalam rumah tangga, sekolah, pemerintahan, dan lain sebagainya.

Melansir laman Universitas Surya Dharma, pengertian manajemen secara umum adalah sebuah seni dalam ilmu dan pengorganisasian seperti menyusun perencanaan, membangun organisasi dan pengorganisasiannya, pergerakan, serta pengendalian atau pengawasan.

Manajemen juga dapat diartikan sebagai ilmu pengetahuan yang sistematis agar dapat memahami mengapa dan bagaimana manusia saling bekerja sama agar dapat menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain maupun golongan tertentu dan masyarakat luas.

Jadi dari beberapa pengertian manajemen secara umum di atas, sebenarnya sangat mungkin bahwa kita sudah pernah menerapkan ilmu manajemen di keseharian kita, baik secara langsung maupun secara tidak langsung.

Tujuannya adalah, dengan menerapkan ilmu manajemen, segala sesuatu yang kita kerjakan dapat selesai tanpa membuang waktu secara sia-sia karena semuanya telah dikerjakan secara teratur.

Nah, setelah memahami pengertian manajemen secara umum, mari kita simak pengertian manajemen menurut para ahli.

Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli

1. Menurut Henry Fayol manajemen ialah sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, serta pengawasan sumber daya yang ada yang digunakan supaya bisa mencapai tujuan secara efektif dan efisien.

2. Frederick Winslow Taylor mengartikan manajemen sebagai seni mengetahui apa yang sebaiknya dilakukan dan mengawasinya untuk memastikan kegiatan dilakukan dengan cara yang terbaik.

3. Koontz dan Weihrich menyatakan pengertian manajemen adalah suatu proses yang membuat dan memelihara lingkungan dimana terdapat kelompok yang bekerja secara efisien untuk mencapai tujuan bersama.

4. Oey Liang Lee mendefinisikan manajemen sebagai ilmu dan seni yang merencanakan, mengarahkan, serta mengorganisasikan dan memberikan pengawasan manusia dengan bantuan berbagai perangkat agar dapat mencapai tujuan.

5. Menurut Ricky W. Griffin manajemen adalah proses perencanaan, organisasi, koordinasi, dan kontrol terhadap sumber daya yang dimiliki dalam pencapaian tujuan secara efisien.

Fungsi Manajemen dalam Ekonomi

Manajemen tentu memiliki peran penting dalam kegiatan ekonomi. Dari itu, manajemen memiliki fungsi untuk mencapai tujuan serta target tertentu.

Menurut modul Tinjauan Umum Tentang Manajemen Usaha Menurut Ekonomi Islam terbitan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim, ada 4 fungsi manajemen yakni:

1. Perencanaan (planning), yakni proses di mana sebuah perusahaan ataupun organisasi menetapkan tujuan, proses untuk mencapainya, serta cara untuk dapat memenuhi target yang telah ditentukan.

Perencanaan sendiri terdiri atas dua jenis, yaitu perencanaan strategis dan perencanaan operasional. Perencanaan strategis terfokus kepada efektivitas pelaksanaan perencanaan, sedangkan perencanaan operasional terfokus kepada efisiensi pelaksanaan perencanaan.

2. Pengorganisasian (organizing), yakni proses sebagai realisasi dari perencanaan-perencanaan yang telah dirancang sebelumnya.

3. Pengarahan (actuating), yakni proses untuk mengarahkan masing-masing orang dalam sebuah organisasi atau perusahaan agar bekerja sesuai dengan perencanaan yang telah ditetapkan.

4. Evaluasi (controlling) yakni proses akhir untuk menilai serta mengevaluasi hasil kerja atau performa yang telah dilakukan. Evaluasi dilakukan guna untuk memastikan bahwa proses yang telah berjalan untuk mencapai target telah sesuai dengan perencanaan yang telah dilakukan.

Demikian ulasan mengenai apa pengertian manajemen secara umum dan menurut para ahli. Semoga bermanfaat. (*)