Seram, Gajah Datangi Pemakaman dan Injak Mayat Nenek yang Dibunuhnya

Pelayananpublik.id- Konflik antara manusia dan satwa terjadi di banyak tempat termasuk India. Gajah adalah salahsatu satwa yang sering terlibat konflik dengan manusia karena tempat tinggalnya direnggut.

Di salahsatu desa di Odisha, India baru-baru ini terjadi kejadian tragis dimana seekor gajah liar mengamuk dan menewaskan seorang nenek.

Konflik antara gajah dan manusia merupakan kejadian biasa di Odisha. Aktivitas industrial di negara bagian yang kaya sumber daya mineral itu semakin membuat habitat hewan berkurang, meningkatkan kesempatan bertemunya penduduk desa dan gajah liar.

hari jadi pelayanan publik

Nenek berusia 70 tahun itu pun tewas terinjak gajah tersebut.

Dikutip dari The Independent, Minggu (12/6), nenek bernama Maya Murmu itu berada di telaga di desa Raipal, distrik Mayurbhanj saat gajah liar tersebut muncul tiba-tiba.

Menurut keterangan otoritas, gajah ini keluar dari tempat penangkaran margasatwa Dalma, hampir 200 kilometer dari Mayurbhanj.

Setelah diinjak, Murmu dibawa ke rumah sakit dan dinyatakan meninggal karena luka yang dideritanya, seperti disampaikan petugas polisi Lopamudra Nayak.

Nahas, saat keluarga berkumpul untuk proses pemakaman, gajah itu kembali muncul dan mengangkat mayat Murmu dari tumpukan kayu bakar untuk kremasi lalu menginjaknya lagi. Para pelayat sangat kaget menyaksikan kejadian tersebut.

Keluarga Murmu baru bisa melanjutkan proses kremasi setelah gajah tersebut pergi. Belum ada kejelasan apakah gajah tersebut melukai orang lain yang hadir dalam prosesi tersebut.

Odisha merupakan daerah dimana konflik antara manusia dan gajah biasa terjadi.

Menurut data kepala penjaga margasatwa Odisha, jumlah gajah mati di Odisha juga meningkat. Sedikitnya 1.356 gajah mati di Odisha sejak 2000 sampai 2001.

Sedikitnya 42 kematian gajah dilaporkan di Odisha hanya dalam tujuh bulan dari April sampai Oktober tahun lalu.

Banyak insiden konflik gajah-manusia yang dilaporkan di wilayah lain di India.

Pada Mei, perempuan 40 tahun diinjak gajah sampai tewas di luar rumahnya di dekat Gudalur, distrik Nilgiris, negara bagian Tamil Nadu. (*)