Awas Penipuan Promo Tiket Kereta Api yang Beredar di Grup WA

Pelayananpublik.id- Penipuan digital kini semakin marak dengan berbagai modus. Salahsatu penipuan scamming dan phising yang teranyar adalah dengan modus promo tiket kereta api.

Promo diskon tiket kereta api palsu itu diketahui menyebar di grup chat Whatsapp.

Dalam pesannya promo tiket itu dilakukan PT KAI Daop II Bandung.

Terkait itu PT KAI Daop II Bandung mengingatkan masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan kepada kejahatan siber.

Manager Humas Daop 2 Bandung, Kuswardojo, mengatakan sejak Sabtu 4 Juni 2022, terdapat penipuan online dengan modus scam/Phishing yang mengatasnamakan KAI dan berisi konten program promo KAI telah beredar di media sosial dan grup chat.

PT KAI Daop 2 Bandung mengimbau jika masyarakat menerima link seperti di atas, agar tidak me-klik link tersebut dan jangan mengikuti langkah yang disampaikan, bahkan hingga memberikan data ke website tersebut.

“Kami berharap masyarakat juga tidak menyebarluaskan link/ tautan mencurigakan tersebut. Dikhawatirkan dalam link tersebut terdapat malware atau bisa virus atau scam dalam arti tindakan terencana yang bertujuan mencuri uang dengan cara mengakali, membohongi, menipu pihak lain, serta mengambil data pribadi melalui virus,” ucapnya, belum lama ini.

Ia pun menambahkan, agar masyarakat berhati-hati terhadap info dan promosi yang mengatasnamakan KAI.

“Pastikan, semua informasi resmi terkait promo, dapat dipantau melalui website kai.id atau media sosial KAI121,” tutupnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published.