Pengertian Eksposisi, Ciri Hingga Contohnya

Pelayananpublik.id- Dalam menulis, ada beberapa jenis teks yang bisa digunakan. Salahsatu yang sering digunakan adalah eksposisi.

Teks ekposisi merujuk pada tulisan yang berisi penjelasan dari suatu informasi atau pengetahuan. Jadi teks eksposisi ini sering digunakan dalam menulis artikel yang berbasis data, bukan karya fiksi.

Selain itu, teks ini menyajikan informasi dengan padat, jelas, singkat, dan tentunya akurat. Informasi yang disajikan juga harus sesuai dengan 5W + 1H sehingga cocok digunakan untuk membuat artikel atau berita.

Secara umum pengertian eksposisi adalah suatu bentuk tulisan yang berisi tentang informasi maupun pengetahuan.

Teks eksposisi sendiri memiliki tujuan untuk memberikan penjelasan atau uraian mengenai suatu ide, pokok pikiran, pendapat, informasi, maupun pengetahuan kepada pembaca tanpa bermaksud memengaruhi.

Hal inilah yang membuat tujuan teks eksposisi memberitahu informasi atau pengetahuan berdasarkan fakta sesuai dengan sudut pandangan tertentu.

Ciri Teks Ekposisi

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, teks eksposisi cocok untuk tulisan artikel, bukan fiksi. Sehingga teks eksposisi memiliki beberapa ciri sebagai berikut:

1. Berisi Informasi atau Pengetahuan. Informasi yang didapatkan dari teks eksposisi bisa menambahkan wawasan pembaca serta menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Contoh: Cara Menjaga Kebugaran Tubuh Selama Puasa

2. Bahasa yang Baku, yakni bahasa baku sesuai dengan KBBI, kalimat yang sesuai dengan PUEBI, dan sebagainya.

3. Memuat Fakta, yakni data yang mendukung tulisan sehingga keasliannya bisa dipertanggungjawabkan. Oleh sebab itu, ketika ingin menulis teks eksposisi yang baik diperlukan mencari sumber-sumber data yang akurat agar tidak terjadi kesalahan.

4. Singkat, Jelas, dan Padat. Berbeda dengan fiksi yang berisi banyak deskripsi, ciri teks eksposisi adalah to the point. Dengan demikian pembaca akan mudah menerima informasi atau pengetahuan yang ada di dalam teks eksposisi.

5. Bersifat Objektif dan Tidak Memihak. Seorang penulis teks eksposisi harus bisa memastikan kalau setiap menulis teks eksposisi berdasarkan fakta.

Struktur Teks Eksposisi

– Tesis, yakni bagian yang memiliki fungsi untuk menyajikan pengenalan isu, masalah, gagasan utama, hingga pandangan penulis secara umum terkait topik atau masalah yang dibahas. Jadi sebelum memulai menulis teks eksposisi, penulis wajib sudah menentukan tujuan dari teks eksposisi terlebih dahulu.

– Rangkaian Argumen, yakni pendapat berupa alasan yang logis, informasi sesuai hasil temuan, fakta yang terjadi, hingga pernyataan para ahli. Ini berarti deretan penjelasan dari tesis tadi.

– Penegasan Ulang, yakni bertujuan untuk memberikan penegasan terhadap pendapat awal sekaligus menyajikan simpulan dan saran terhadap keseluruhan masalah yang dibahas.

Jenis Teks Eksposisi

1. Eksposisi Definisi, yakni teks eksposisi yang bertujuan untuk mengungkapkan pengertian atau definisi dari suatu topik.

2. Eksposisi Proses, yakni teks yang memuat beberapa tahap atau cara untuk menghasilkan sesuatu dari awal hingga akhir.

3. Eksposisi Ilustrasi, yakni teks yang bertujuan untuk memberikan gambaran secara sederhana antara satu topik dengan topik yang lain. Teks jenis ini biasanya menjelaskan kesamaan atau kemiripan sifat dari suatu topik yang dibahas.

4. Eksposisi Pertentangan, yakni memuat beberapa hal pertentangan, dari hal yang satu dengan hal lainnya.

5. Eksposisi Laporan, yakni bertujuan untuk menyajikan suatu laporan dari sebuah peristiwa atau objek tertentu.

6. Eksposisi Perbandingan, yakni teks yang memuat ide dan gagasan utama untuk dibandingkan antara hal yang satu dengan hal yang lain.

Contoh Teks Eksposisi

Judul: Pentingnya Minum Air Putih untuk Kesehatan Tubuh

Tesis

Salah satu hal yang paling penting dalam menjaga kesehatan tubuh kita adalah minum air putih. Ada banyak manfaat yang diperoleh untuk tubuh.

Kenyataannya minum air putih bisa membersihkan segala bentuk toksin dari tubuh, serta memberikan nutrisi penting ke dalam sel-sel tubuh.

Dengan demikian, pencernaan terbantu dan tubuh terjaga dari dehidrasi.

Argumen

Tubuh manusia rata-rata membutuhkan delapan gelas air per harinya. Tak cuma sanggup membersihkan tubuh dari unsur-unsur kontaminan, air juga sanggup mengisi tubuh tanpa menambah kalori.

Selain itu, menjaga keseimbangan minum air setelah makan dipercaya akan membantu proses penurunan badan lebih cepat. Minum air putih setiap juga hari dapat meningkatkan fungsi ginjal. Pada hal ini, ginjal membantu pencernaan dan mempercepat cara tubuh memproses makanan, serta metabolisme tubuh.

Penegasan Ulang

Membuat target minum air putih sebanyak delapan hari secara rutin adalah sebuah keharusan sebab banyak manfaat yang terkandung di dalamnya.

Selalu bawa air saat mengendarai mobil, menonton televisi, membaca buku, atau duduk di luar bersama rekan atau kerabat. Dengan begitu, air putih akan terasa banyak manfaatnya di dalam hidup.

Demikian ulasan mengenai apa itu eksposisi, ciri, struktur jenis hingga contohnya. Semoga bermanfaat. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published.