Pengertian MySQL Menurut Para Ahli, Fungsi dan Kelebihannya

Pelayananpublik.id- Ketika belajar pemrograman Anda mungkin akan mempelajari tentang MySQL. Namun masih banyak yang belum mengerti apa itu MySQL khususnya orang awam.

Secara umum, MySQL atau My Structure Query Languange merupakan suatu server database yang membantu pengolahan basis data dengan sangat cepat menggunakan SQL Language

Agar lebih paham, mari simak pengertian MySQL menurut para ahli berikut ini.

1. Budi Raharjo (2015:16)

Budi Raharjo mengatakan MySQL adalah suatu RDBMS ( server database ) yang dapat mengelola database dengan sangat cepat, dapat menampung data dalam jumlah sangat besar, dapat diakses oleh banyak pengguna.

2. Heni A. Puspitosari (2011:19)

Heny mendefenisikan MySQL sebagai salah satu software untuk database server yang banyak digunakan, MySQL bersifat Open Source dan menggunakan SQL”.

3. Agus Saputra (2012:77)

Menurut Agus dalam bukunya pengertian MySQL adalah sebuah database kelas dunia yang sangat cocok bila dipadukan dengan Bahasa pemrograman PHP.

4. Arief (2011:151)

Adapun Arief (2011) mengatakan pengertian MySQL adalah suatu jenis database server yang sangat terkenal dan banyak digunakan untuk membangun aplikasi web yang menggunakan database sebagai sumber dan pengelolaan datanya.

Mysql bersifat open source dan menggunakan SQL (Structured Query Languange). MySQL biasa dijalankan diberbagai platform misalnya windows Linux, dan lain sebagainya.

5. Raharjo (2011:21)

Raharjo mengartikan MySQL sebagai RDBMS (atau server database) yang mengelola database dengan cepat menampung dalam jumlah sangat besar dan dapat di akses oleh banyak pengguna.

6. Menurut Kadir (2008:2) MySQL adalah sebuah software open source yang digunakan untuk membuat sebuah database.

Fungsi MySQL

– Untuk mengelola dan membuat database dari sisi server yang memuat berbagai informasi dengan menggunakan bahasa SQL.

– Untuk melakukan query dataset dalam jumlah besar agar dapat memudahkan pengguna dalam mengakses dataset tersebut dalam bentuk string atau teks.

– Memudahkan user memahami tentang basis data relasional dan karenanya memungkinkan untuk menguasai dasar-dasar data science, seperti mengetahui apakah terdapat missing value,

– Memudahkan user mengidentifikasi NULLS dan format dataset.

– Memudahkan user mengelola dataset, mengenalnya secara menyeluruh dan mengetahui bagaimana nilai-nilai tersebut didistribusikan dan bagaimana dataset disusun.

Kelebihan MySQL

Salahsatu kelebihan Mysql adalah memiliki tingkat fleksibilitas terhadap teknologi yang akan digunakan sebagai pengembang aplikasi baik itu PHP, Java, C++ dan lainnya.

MySQL juga bersifat cross platform sehingga ketika melakukan migrasi data antar sistem menjadi sangat mudah.

Kelebihan lainnya adalah MySQL ini open source dan disediakan secara gratis, MySQL mendukung penggunaan untuk multi user yang dapat digunakan dalam satu waktu yang bersamaan.

Kemudian, struktur tabel MySQL lebih fleksibel dan mudah digunakan dibandingkan dengan struktur tabel database yang lain seperti oracle dan postgre, tidak membutuhkan RAM yang besar dan support untuk spesifikasi hardware yang rendah.

MySQL juga memiliki jenis kolom yang cukup banyak sehingga memudahkan konfigurasi sistem database. Ia juga memiliki sistem sekuriti yang cukup baik dengan verifikasi host.

MySQL mendukung ODBC untuk sistem operasi Windows dan record yang memiliki kolom dengan panjang tetap atau panjang bervariasi.

Kekurangan MySQL

– Kurang cocok untuk pengembangan aplikasi berbasis mobile

– Technical support yang kurang mendukung sehingga user mengalami kesulitan saat menghubungi technical support.

– Kurang mendukung untuk pemakaian database dengan kapasitas yang besar.

Demikian ulasan mengenai apa itu MySQL, pengertian MySQL menurut ahli, fungsi hingga kelebihan dan kekurangannya. Semoga bermanfaat. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *