Apa Itu Komitmen, Ciri, Tujuan Hingga Jenisnya

Pelayananpublik.id- Anda mungkin sering mendengar kata komitmen dalam percakapan sehari-hari. Sebab komitmen merupakan kata umum yang disebutkan dalam berbagai konteks percakapan atau diskusi.

Komitmen biasanya diucapkan ketika menjalin hubungan dengan seseorang. Orang yang berkomitmen akan bertekad menjaga hubungan tersebut sementara orang yang tidak berkomitmen akan mudah tergiur dengan orang lain.

Orang dengan komitmen tinggi biasanya akan mudah bergaul hingga mendapat pekerjaan. Sebaliknya, orang yang sulit berkomitmen akan sulit pula dipercaya dan menyelesaikan tugasnya.

Lalu apa itu komitmen?

Pengertian komitmen menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah komitmen tindakan untuk melakukan sesuatu.

Bisa dikatakan komitmen adalah bentuk dedikasi atau kewajiban yang mengikat kepada orang lain, hal tertentu, atau tindakan tertentu.

Dengan kata lain, komitmen bisa diartikan sebagai sebuah sikap setiap seseorang terhadap sesuatu hal, baik itu diri sendiri, orang lain, organisasi, dan lainnya.

Ada beberapa contoh dari sikap komitmen ini, seperti komitmen kepada diri sendiri, terkait pekerjaan, terhadap lingkungan, hubungan percintaan, dan komitmen kepada keluarga.

Nah, agar lebih paham, mari simak penjelasan pengertian komitmen menurut para ahli berikut ini.

Menurut Griffin, komitmen merupakan sebuah sikap yang menunjukkan sejauh mana seseorang mengetahui, mengenal, serta mau terikat terhadap organisasinya.

Sementara itu, Sri Kuntjoro mengatakan komitmen adalah rasa keterlibatan, loyalitas, dan identifikasi yang dinyatakan oleh seseorang terhadap organisasi.

Steers dan Porter mendefenisikan komitmen sebagai sebuah keadaan di mana seseorang menjadi terikat oleh tindakannya sehingga memunculkan keyakinan yang menunjang aktivitas dan keterlibatannya.

Tujuan Komitmen

Komitmen merupakan tindakan positif yang menunjukkan seseorang mewujudkan sesuatu dengan tindakan sebagai bentuk loyalitas. Nah, jadi komitmen pasti memiliki fungsi dan tujuan.

Adapun tujuan sikap komitmen adalah sebagai berikut:

– Mewujudkan tujuan dari rencana yang telah dirancang. Di tangan orang yang tidak berkomitmen, rencana hanya tinggal rencana meskipun itu rencana luar biasa sekalipun. Dari itu butuh komitmen agar rencana bisa terwujud dalam tindakan nyata.

– Mewujudkan sesuatu sesuai dengan target baik waktu maupun kualitasnya. Dengan berkomitmen, sebuah tujuan bisa dicapai seuai target baik itu tepat waktu maupun tepat guna.

– Meraih kepercayaan orang lain. Orang yang berkomitmen tentu akan lebih dipercaya daripada yang tidak. Orang dengan komitmen tinggi biasanya akan selalu menepati janjinya.

– Meningkatkan kualitas diri. Dengan belajar berkomitmen maka Anda bisa meningkatkan kualitas diri Anda di tengah masyarakat. Misalnya Anda berkomitmen untuk tidak menerima suap padahal pekerjaan Anda rawan suap.

Ciri Komitmen

– Terdapat perjanjian yang disepakati, baik terhadap diri sendiri maupun terhadap pihak lain.

– Terdapat sebuah tujuan atau goal tertentu yang ingin dicapai setelah melaksanakan komitmen tersebut.

– Semua pihak yang terlibat dalam suatu komitmen harus bertanggungjawab dengan isi perjanjian.

– Adanya kesetiaan atau loyalitas dari semua pihak terhadap tujuan yang ingin dicapai.

Contoh Komitmen

1. Komitmen pada Diri Sendiri

Komitmen pada diri sendiri contohnya adalah menjalani pola hidup sehat, rutin berolahraga. Dalam komitmen pada diri sendiri Anda harus memiliki goals yang harus dicapai. Anda bisa memberi reward dan punishment jika goals Anda tercapai atau tidak. Misalnya boleh nonton Drakor jika sudah selesai Bab IV Skripsi. Atau tidak boleh makan coklat ketika target tidak tercapai.

2. Komitmen dalam Keluarga

Salah satu contoh komitmen dalam keluarga adalah bekerja keras agar memiliki hidup yang baik. Selain itu, tidak hanya mementingkan diri sendiri dan bertanggung jawab, menjadi salah satu bentuk komitmen terhadap keluarga. Contohnya Anda berusaha untuk selalu bergabung di meja makan, meluangkan weekend untuk anak istri dan lainnya.

3. Komitmen dalam Hubungan

Komitmen dalam hubungan bisa ditunjukkan melalui beberapa cara. Misalnya tidak ikut campur dalam masalah keluarga pasangan, tidak kepo sama ponsel pasangan, dan menjaga kepercayaan pasangan ketika berjauhan.

4. Komitmen dalam Pekerjaan

Komitmen dalam pekerjaan tentu sangat diperlukan. Dengan demikian Anda akan menjadi karyawan yang berkualitas. Contoh Komitmen pada pekerjaan adalah tidak pernah telat datang ke kantor, menyiapkan pekerjaan dengan baik, menyelesaikan target pekerjaan.

Demikian ulasan mengenai apa itu komitmen, mulai dari pengertian, tujuan, ciri hingga contohnya. Semoga bermanfaat. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *