Apa Itu Bahasa Pemrograman, Jenis, Hingga Contohnya

Pelayananpublik.id- Ketika belajar pemrograman, Anda tentu harus memahami bahasa pemrograman beserta pengunaannya.

Sebab bahasa pemrograman ini memiliki peran penting dalam proses pemrograman Dengan menggunakan bahasa ini, Anda bisa membuat PC atau smartphone bekerja dengan baik, membuat fungsi yang secara otomatis bisa mati pada pendingin ruangan, hingga membuat robot.

Namun sebelum membahas lebih jauh, ada baiknya ketahui dulu apa itu bahasa pemrograman.

bank sumut selamat hari raya idul fitri

Pengertian Bahasa Pemrograman

Komputer memiliki bahasa agar bisa berkomunikasi dan menjalankan perintah dari user. Jadi bahasa pemrograman akan dirangkai sampai mempunyai maksud, arti, dan juga simbol pada suatu hal tertentu.

Bahasa pemrograman juga penting karena komputer juga mempunyai karakteristik yang sama. Terdapat banyak sekali komponen yang harus saling berkomunikasi antara satu sama lain sampai komputer bisa bekerja sebagaimana mestinya.

Contohnya, bagaimana sebuah mikrofon bisa menangkap gelombang suara Anda lalu direkam dan disimpan di dalam komputer? Mikrofon akan berbicara dengan melalui kabel bahwa terdapat informasi suara yang harus diteruskan kepada komputer.

Komponen pada komputer ini akan memproses dan saling bicara sampai menjadi suatu dokumen yang memiliki isi suara. Nah, pembicaraan dan juga obrolan ini ditulis dengan menggunakan bahasa pemrograman.

Nah, jadi bisa disimpulkan secara sederhana, pengertian bahasa pemrograman adalah serangkaian perintah dan instruksi milik komputer bila ada manusia yang melakukan interaksi dengannya.

Fungsi bahasa pemrograman adalah untuk membuat suatu situs website, menulis perintah untuk PC komputer, membuat permainan games, sampai membuat berbagai jenis aplikasi.

Level Bahasa Pemrograman

Secara umum, ada dua level bahasa pemrograman yakni level tinggi atau high-level language dan dan level rendah atau low-level language.

– High Level Language yakni bahasa yang dibuat untuk memudahkan langkah komunikasi antar tiap komponen milik komputer itu sendiri.

Dalam level ini, bahasa pemrograman tersebut ditulis dengan serangkaian kata yang sebenarnya masih mampu dipahami oleh manusia, seperti bahasa pemrograman C++, Python, PHP, C#, dan masih banyak lagi.

– Low-level language yakni jenis bahasa yang digunakan oleh suatu komputer ataupun mesin.

Salahsatu contoh low level language adalah bahasa biner. Terdapat pula bahasa low-level yang berbentuk enkripsi atau menggunakan simbol tertentu untuk menyimpan informasi khusus. Selain itu, terdapat juga beberapa perintah sederhana, seperti MOV untuk pindah, ADD untuk menambahkan, sampai SUB untuk mengurangi.

Fungsi Bahasa Pemrograman

1. Memberikan instruksi pada komputer. User dapat memerintahkan komputer secara spesifik apa yang harus dilakukan lewat bahasa programan.

2. Sebagai media pengembangan sistem. Melalui bahasa pemrograman, berbagai aplikasi yang membantu kehidupan manusia bisa dikembangkan. Misalnya website pencarian, aplikasi toko online, hingga aplikasi angkutan transportasi online.

3. Membantu manusia untuk melakukan pekerjaan dengan lebih presisi. Dengan adanya bahasa pemrograman memungkinkan komputer memproses informasi yang besar dan kompleks dengan cepat, efisien, dan presisi (terhindar dari human error).

Jenis Bahasa Pemrograman

Secara umum bahasa pemrograman terbagi menjadi 4 kelompok, yaitu:

– Object Oriented Language (Visual dBase, Visual FoxPro, Delphi, Visual C)

– High Level Language (seperti Pascal dan Basic)

– Middle Level Language (seperti bahasa C), dan

– Low Level Language (seperti bahasa Assembly)

Contoh Bahasa Pemrograman

Ada banyak sekali jenis bahasa pemrograman yang digunakan programmer dalam pekerjaan mereka. Namun sejauh ini cuma beberapa bahasa pemrograman yang paling sering digunakan.

Berikut ini adalah contoh bahasa pemrograman yang paling sering digunakan.

1. Java

Java merupakan bahasa pemrograman yang bersifat lebih versatile yakni mendukung hampir seluruh perangkat, dari mulai PC sampai smartphone.

Selain itu, Java memiliki kelebihan pada kemudahan penggunaannya. Banyak sekali aplikasi smartphone Android yang diciptakan dengan menggunakan bahasa Java.

2. PHP

Selain Java, bahasa pemrograman PHP juga termasuk sering digunakan. Bahkan sebagian besar halaman website yang sering kita kunjungi biasanya dibuat menggunakan bahasa PHP.

Bahasa pemrograman PHP (Hypertext Preprocessor) adalah bahasa yang digunakan oleh berbagai website besar, seperti WordPress, Facebook, dan masih banyak lagi.

3. Bahasa C

Bahasa pemrograman C merupakan bahasa paling tua. Bahasa ini dibuat oleh Dennis Ritchie di tahun 70-an. Dewasa ini, siapapun yang mempelajari atau sedang mendalami ilmu pemrograman pasti harus mempelajari bahasa C terlebih dahulu. Karena, bahasa C menjadi asal mula bahasa pemrograman yang saat ini terkenal di dunia.

4. Visual Basic

Virtual Basic adalah bahasa yang berhasil dikembangkan oleh Microsoft sebagai bahasa dasar dari programnya. Secara khusus, Virtual Basic diciptakan untuk membuat berbagai jenis aplikasi yang berbasis sistem operasi Windows ciptaan Microsoft.

5. Python

Python adalah bahasa pemrograman yang sangat terkenal dan termasuk dalam bahasa level tinggi. Kenapa? karena Anda bisa mengembankan aplikasi dengan berbagai fungsi bila menggunakan Python.

Python juga cukup mudah untuk dipelajari oleh pemula atau siapapun yang berniat mengembangkan aplikasi, karena bahasa ini sangat mudah untuk dipahami dan dibaca. Beberapa aplikasi yang menggunakan bahasa Python adalah Instagram, Pinterest, sampai mesin pencarian nomor satu di dunia, yakni Google.

Demikian ulasan mengenai apa itu bahasa pemrograman, fungsinya, jenis hingga contohnya. Semoga bermanfaat. (*)