Apa Itu Buku Digital atau e-Book, Fungsi, Manfaat, Hingga Kelebihan dan Kekurangannya

Pelayananpublik.id- Buku adalah sumber ilmu yang biasa didapatkan di perpustakaan atau di sekolah. Namun, seiring perkembagan zaman, Anda sudah bisa membaca buku di ponsel Anda. Jadi Anda tak perlu pergi ke tempat khusus atau merasa keberatan membawa buku-buku tebal di ransel Anda.

Anda tinggal membuka internet, mendownload buku digital dan menyimpannya di ponsel Anda. Anda bisa membacanya kapanpun Anda mau.

Itulah yang dinamakan buku digital. Buku digital ini sudah banyak digunakan di sekolah sebagai bahan ajar menggantikan buku fisik.

Buku digital kini juga semakin akrab di tengah masyarakat apalagi setelah pandemi Covid-19 menyerang. Dimana pelajar diwajibkan untuk melakukan pembelajaran jarak jauh. Otomatis buku yang digunakan pun bukan lagi buku fisik melainkan ebook atau buku digital.

Buku digital dianggap dapat membawa kemudahan bagi siswa dan guru selama pandemi. Sebab selain praktis, buku digital juga gratis tanpa biaya. Untuk menggunakannya pengguna hanya perlu mengandalkan kuota internet. Sangat berbeda dengan buku cetak yang harganya bisa mencapai ratusan ribu.

Selain itu, buku digital bukan hanya digunakan oleh siswa sebagai media pembelajaran. Buku digital tentu saja tersedia bagi mereka penikmat bacaan fiksi seperti novel dan cerpen. Para penulis novel saat ini pun sudah beradaptasi dengan menerbitkan buku versi digital yang bisa diakses secara berbayar ataupun gratis.

Namun meskipun berbayar, biasanya buku digital lebih murah dibandingkan buku cetak karena harga produksinya yang cenderung lebih murah.

Bagaimana tidak, buku digital tidak memerlukan biaya untuk kertas, printing hingga hard cover. Itulah mengapa buku digital disebut juga lebih ramah lingkungan dibanding buku cetak.

Pengertian Buku Digital

Buku digital atau e-Book adalah buku elektronik, dimana buku-buku tersebut bisa didapatkan secara online.

E-book sendiri memiliki beberapa format seperti PDF, Doc, JPEG dan lainnya.

Ebook hanya dapat diakses menggunakan perangkat elektronik seperti handphone, laptop ataupun PC.

Agar lebih jelas berikut ini kami rangkumkan pemgertian buku digital menurut para ahli.

1. Danang (2009), mengartikan buku digital sebagai buku elektronik dari sebuah buku cetak untuk dibaca di perangkat komputer maupun di perangkat lain.

2. Putu Laxman, mengatakan buku digital adalah buku cetak yang kemudian diubah ke dalam bentuk elektronik. Tentu saja buku elektronik tersebut diperuntukan untuk dibaca di layar monitor (2008).

Sementara menurut Kamus Oxford, buku digital atau ebook awalnya adalah buku cetak, kemudian buku cetak tersebut ubah dalam perangkat ebook yang dapat dibaca melalui komputer maupun pada ponsel genggam pribadi.

Situs Whalts menyebut buku digital merupakanĀ  bacaan buku versi elektronik yang dapat dibaca secara personal menggunakan komputer masing-masing secara langsung. pembaca pun bisa membaca buku elektronik ini menggunakan e-book reader.

Manfaat Buku Digital

Buku digital memiliki manfaat yang sama seperti buku cetak. Hanya saja buku digital lebih praktis dan mudah diakses. Adapun beberapa manfaat buku digital adalah sebagai berikut:

– Memberikan banyak pesan dan ilmu pengetahuan bagi pembacanya.

– Sebagai media informasi,

– Sebagai media pembelajaran.

Format Buku Digital

1. Amazon Worl (AZW), yakni buku digital format yang menambahkan Digital Right Management yang merupakan kode unik untuk kindle amazon.

2. Electronik publication (EPUB), yakni buku digital yang menggunakan XMHTML danĀ  XML yang merupakan standar ePUB.

3. MOBI (MobiPocket), yakni format yang juga sering digunakan untuk PDA yang cocok utuk smartphone.

4. Palm Database File (PDB), yakni buku digital dengan format yang dikhususkan untuk perangkat yang berbasis sistem operasi Palm atau PalmDOC.

Kelebihan Buku Digital

– Lebih praktis karena bisa diakses dimana saja dan kapan saja baik saat gelap maupun terang.

– Awet dan tahan lama

-.Mudah untuk dibagikan

– Tanpa perawatan

– Lebih murah

– Ramah lingkungan karena hemat kertas

– Tanpa perlu ruang penyimpanan

– Mudah dialih bahasakan

Kekurangan Buku Digital

– Membuat mata cepat lelah karena melihat layar monitor/hp

– Jika di aplikasi tidak mudah untuk dibagikan.

-.Tidak dapat dipegang

-.Belum terbiasa bagi sebagian orang.

– Membutuhkan daya listrik, Jika baterai handphone habis?

– Resiko hilang, terhapus, terkena virus.

Demikian ulasan mengenai apa itu buku digital, fungsi, manfaat, kelebihan dan kekurangannya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *