Pengertian Komunikasi Data, Manfaat, Hingga Komponennya

Pelayananpublik.id- Di era digital seperti sekarang ini, transmisi data dari satu piranti ke piranti lain adalah hal yang sangat biasa.

Saat ini manusia dengan mudah memindahkan file ke siapapun yang mereka mau baik itu dokumen, audio maupun video bisa dikirim dengan cepat.

Terkirimnya file tersebut tak lain adalah karena adanya komunikasi data yang memungkinkan transmisi data terjadi.

Lalu apa itu komunikasi data?

Pengertian komunikasi data adalah suatu bentuk khusus yang berhubungan dengan transmisi maupun pemindahan data yang dilakukan dari komputer yang satu ke komputer yang lainnya maupun antara komputer dengan piranti yang lainnya.

Adapun data yang dipindahkan tersebut adalah data digital yang selanjutnya akan ditransmisikan melalui sebuah media komunikasi data.

Sekarang ini, komunikasi data sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat di mana sehari-hari banyak masyarakat yang memanfaatkan komunikasi data.

Namun masyarakat awam tidak mengetahuinya, mereka lebih akrab dengan istilah internet.

Manfaat Komunikasi Data

Seperti yang telah disebutkan di atas, bahwa komunikasi data telah digunakan sehari-hari oleh masyarakat dunia. Meskipun mereka tidak mengenal komunikasi data, mereka lebih mengenal dengan sebutan internet.

Jadi, manfaat komunikasi data, bisa dikatakan sama dengan manfaat internet bagi masyarakat.

Adapun beberapa manfaat komunikasi data bagi masyarakat adalah sebagai berikut:

1. Memungkinkan masyarakat mengirim data lebih cepat.

2. Hemat kertas dan biaya, dengan komunikasi data Anda tidak perlu lagi mengirimkan laporan berlembar-lembar lewat pos.

3. Hemat waktu, dengan komunikasi data, file atau laporan Anda bisa sampai ke atasan dalam hitungan detik, meskipun Anda berada di belahan dunia lain.

Model Komunikasi Data

– Komunikasi data Simplex: satu arah

– Komunikasi data Half Duplex: Dua arah bergantian

– Komunikasi data Full Duplex : Dua arah bisa bersamaan

Komponen Komunikasi Data

1. Sumber Data, yakni lokasi utama di mana berbagai data ataupun berbagai informasi dikumpulkan untuk selanjutnya dikirimkan. Sumber data merupakan sumber dari perangkat yang berguna untuk memasukkan data dan mengirimkannya ke penerima. Untuk perangkat yang berperan sebagai sumber data memiliki bentuk yang bermacam-macam.

Beberapa contohnya seperti tulisan, video, maupun gambar. Semua data tersebut akan berada dalam satu kesatuan tersistem yang kemudian masuk ke dalam sistem komputer.

2. Transmitter, yakni komponen yang bertugas memproses berbagai macam informasi sebelum nantinya dikirimkan melalui media tertentu.

Mengingat bentuk asli dari sebuah data yaitu kode biner, jadi supaya data biner tersebut bisa diolah menjadi file, maka harus ada media yang dinamakan transmitter. Salah satu contoh transmitter yang mudah kita temukan adalah modem.

3. Sistem Transmisi, yakni komponen yang bertugas membawa sinyal yang berasal dari sumber transmisi untuk disampaikan atau dikirimkan ke penerima. Bentuk sistem transmisi seperti jalur yang beragam. Ada jalur tunggal dan ada juga jalur yang kompleks.

4. Penerima, yakni pihak yang bertugas menerima sinyal yang berasal dari sistem transmisi. Proses penerimaan tersebut melalui berbagai proses sehingga tidak bisa langsung diterima begitu saja. Salah satu contoh dari tahapan pemrosesan tersebut adalah workstation.

5. Pengirim, yakni komponen yang berperan mengirim data. Pengirim akan mengirimkan datanya sesuai target atau penerima yang diinginkan. Namun data yang dikirimkan tidak bisa langsung diterima oleh target, jadi masih melalui berbagai tahapan proses. Setelah itu data yang dikirimkan dapat sampai ke penerima sesuai file yang diinginkan apakah teks, audio, video, atau gambar.

Karakteristik Dasar Komunikasi Data

– Dalam komunikasi data, sistem harus mengirimkan data ke tujuan yang sesuai. Data harus diterima oleh perangkat yang dimaksudkan atau pengguna dan hanya oleh perangkat atau pengguna.

РDalam komunikasi data sistem wajib memberikan data yang akurat. Data yang telah diubah dalam transmisi dan meninggalkan sumber, data  yang tidak dikoreksi tidak dapat digunakan.

– Sistem dalam komunikasi data harus mengirimkan data pada waktu yang tepat. Sebab keterlambatan pengiriman data akan tidak akan berguna. Dalam kasus video dan audio, pengiriman waktu yang tepat berarti memberikan data seperti yang diproduksi atau seperti aslinya, dalam urutan yang sama ketika dibuat, dan tanpa penundaan yang signifikan. Semacam ini disebut pengiriman transmisi realtime.

– Jitter mengacu pada variasi waktu kedatangan paket. Ini adalah keterlambatan yang tidak merata dalam pengiriman paket audio atau video. Sebagai contoh, mari kita asumsikan bahwa paket video yang dikirim setiap 3D ms. Jika beberapa dari paket datang dengan delay 3D ms dan yang lain dengan delay 4D ms, akan menghasilkan kualitas yang tidak merata dalam video tersebut.

Demikian ulasan mengenai pengertian komunikasi data, manfaat, komponen, dan karakteristik dasarnya. Semoga menambah pengetahuan Anda. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *