Kominfo Bandingkan Kontak Darurat 911 di AS dengan Milik Indonesia, Respons Netizen Bikin Miris

Pelayananpublik.id- Nomor kontak darurat seharusnya adalah hal yang wajib ada di sebuah negara. Karena jika ada hal emergency atau bahaya, warga bisa dengan mudah menghubungi pihak yang dibutuhkan.

Nomor darurat yang paling terkenal adalah 911 di Amerika Serikat. Di mana dengan satu nomor kontak itu, warganya bisa mengakses layanan darurat seperti polisi, ambulans, damkar dan lainnya.

Terkait itu, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) melalui akun Instagram mengumumkan kalau di Indonesia juga ada nomor darurat layaknya 911 di Amerika.

“Siapa yang ingat banget sama nomor telepon 911 di Amerika tapi lupa (atau bahkan gak tau) nomor telepon darurat di negara sendiri?” tulis admin akun @kemkominfo belum lama ini.

Akun tersebut pun mencantumkan daftar nomor darurat yang bisa dihubungi untuk memanggil polisi, ambulans, damkan hingga PLN.

Adapun nomor darurat yang dicantumkan adalah:

112 : Darurat
118/119: Ambulans atau Kemenkes
110 : Polisi
113: Pemadam kebakaran
115: SAR
122: Posko Kewaspadaan Nasional
123: PLN

Kemkominfo pun meminta netizen menyimpan nomor-nomor darurat tersebut agar bisa dihubungi kemudian hari.

Uniknya respon netizen justru banyak yang menyayangkan mengapa nomor darurat ada banyak, bukan hanya satu seperti di AS yakni 911.

“Mending dibikin 1 nomor saja, jadi gak susah menghafalnya,” kata seorang warganet.

“Bro, di Amerika 911 bisa untuk semuanya. Kalau disini lagi darurat ngapalin semuanya, panique bro,” sahut yang lain.

Selain itu netizen juga tidak yakin nomor-nomor tersebut akan merespon panggilan dari warga. Bahkan banyak yang langsung mencoba menghubungi nomor-nomor tersebut namun malah tidak tersambung.

“Yakin bakal direspon?” kata seorang netizen.

“Gue coba telpon, katanya nomor yang Anda tuju salah,” sahut yang lain.

“Pernah coba tapi tidak bisa, sepertinya hoax,” komentar netizen lainnya.

“Gak usah menipu min. 112 kita masih sangat unreliable dengan 911 di luar. Saya pertengahan 2020 engap terasa sesak di dada ini di tengah malam. Saya telpon 112 gak ada respon manusia samsek. Kalau mau ngomong gini pastikan layanan ini nasional dan 24 jam response,” sebut netizen lainnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *