Apa Itu Edmodo, Fitur, Manfaat dan Cara Menggunakannya

Pelayananpublik.id- Di era serba digital ini pendidikan pun mengalami perubahan yang signifikan. Kalau dulu orang hanya belajar lewat buku maka zaman sekarang ada banyak sekali media yang digunakan untuk pengajaran.

Apalagi di masa pandemi dimana pertemuan tatap muka masih terbatas. Sehingga banyak developer yang mengembangkan berbagai situs dan media sosial di bidang pendidikan.

Salahsatu dari aplikasi tentang pendidikan itu adalah Edmodo. Edmodo merupakan aplikasi pendidikan yang bisa digunakan guru maupun peserta didik bahkan orangtua murid.

hari jadi pelayanan publik

Sebagai aplikasi media pendidikan, Edmodo juga didukung beberapa fitur canggih, contohnya fitur polling, gradebook, quiz, file and links, library, assignment, award badge, dan parent code.

Namun sebelum membahas lebih lanjut, ada baiknya kenali dulu apa itu Edmodo.

Pengertian Edmodo

Edmodo adalah sebuah platform pembelajaran yang berbasis jejaring sosial dan diperuntukan untuk guru, murid sekaligus orang tua murid.

Aplikasi ini sebenarnya sudah mulai dikembangkan di akhir tahun 2008 oleh Nic Borg dan Jeff O’hara.

Edmodo ini bisa dikatakan sebagai program e-learning yang menerapkan sistem pembelajaran yang mudah, efisien sekaligus lebih menyenangkan.

Edmodo menjadi salah satu jaringan sosial yang paling cepat berkembang di tahun 2011 awal, terbukti dengan adanya sekitar 1 juta pengguna di dalamnya.

Hanya beberapa bulan kemudian, pengguna bertambah menjadi 7 juta orang dan akhirnya pada tahun 2015, terdapat 50 juta pengguna Edmodo yang berasal dari berbagai belahan dunia.

Terkait tampilan, Edmodo memiliki desain yang mirip dengan Facebook. Jadi di dalamnya, guru, dosen dapat mengirim nilai, tugas, maupun kuis untuk siswa/ mahasiswa dengan mudah.

Edmodo juga memungkinkan guru berdiskusi dengan sesama guru yang berada di luar daerah bahkan luar negeri.

Manfaat Edmodo

Nah, sesuai penjelasan di atas sebelumnya, aplikasi Edmodo tentu akan sangat berguna bagi bidang pendidikan. Adapun beberapa manfaat Edmodo adalah:

– Sebagai wahana komunikasi dan diskusi yang sangat efiesien untuk para guru dan murid.

– Mempermudah interaksi antar siswa dengan pantauan langsung dari gurunya.

– Mempermudah komunikasi antara guru, murid sekaligus orang tua murid.

– Sebagai sarana yang tepat untuk ujian maupun quiz.

– Membantu guru memberikan bahan ajar seperti pertanyaan, foto, video pembelajaran kepada murid dengan mudah dan juga bisa didownload.

– Membantu orangtua murid memantau kegiatan belajar anaknya dengan mudah.

– Mempermudah guru dalam memberikan soal dari mana saja dan kapan saja.

Fitur Edmodo dan Cara Menggunakannya

1. Fitur Polling

Polling yakni fitur yang digunakan guru untuk mengetahui tanggapan siswa mengenai hal tertentu.

Untuk menggunakan fitur polling, Anda bisa melakukan ini:

– Pada halaman grup yang Anda miliki, klik “Poll” di toolbar bagian atas.

– Ketik pertanyaan yang akan dijadikan polling pada bagian kotak “Question”.

– Ketik pilihan jawaban yang ingin Anda berikan untuk dipilih murid pada kotak “Answer”. Jika ada lebih banyak jawaban untuk dipilih, Anda tinggal menambah jawaban tambahan dengan meng-klik “Add Answer”.

– Ketik nama murid, guru, atau grup tujuan yang Anda ingin menjawab polling tersebut.

– Anda bisa memilih untuk “Send Now” (jika ingin dikirimkan saat itu juga) atau “Send Later” (jika ingin dikirimkan nanti pada waktu tertentu (besok, besok lusa, dll), atau istilahnya dijadwalkan).

2. Fitur Gradebook

Kalau di sekolah offline ada yang namanya rapor, maka di Edmodo ada gradebook.
Dengan fitur ini, guru dapat memberi nilai kepada siswa secara manual maupun otomatis. Fitur ini juga memungkinkan seorang guru untuk memanajemen penilaian hasil belajar dari seluruh siswa.

Dengan fitur ini, guru dapat dengan mudah menambahkan periode penilaian pada Progress Book, menambahkan tugas dan nilai menggunakan komputer, dan kemudian memantau nilai-nilai dari tiap murid dengan mudah. Data yang terorganisir juga membuat guru lebih mudah memantau progress tiap-tiap murid, kemajuannya dalam proses belajar, serta peringkat murid di sebuah kelas.

3. File and Links

Fitur ini berfungsi untuk mengirimkan note dengan lampiran file dan link. Biasanya file tersebut ber-ekstensi .doc, .ppt, .xls, .pdf dan lain-lain.

Sewaktu-waktu, ketika menjelaskan sesuatu, terkadang guru membutuhkan tambahan materi seperti gambar agar murid dapat lebih memahami pelajaran yang diberikan. Disinilah gunanya fitur File dan Links yang ada pada Edmodo. Hanya dalam waktu singkat, guru dapat mengunggah gambar, video, teks, atau apapun yang menurutnya dapat meningkatkan rasa keingintahuan murid ketika belajar.

4. Quiz

Edmodo juga menyediakan fitur Quiz dimana guru akan membuat quiz. Quiz digunakan oleh guru untuk memberikan evaluasi online kepada siswa berupa pilihan ganda, isian singkat maupun soal uraian.

Dengan menggunakan edmodo, quiz pun terasa lebih mengikuti perkembangan zaman, karena guru dapat membuat sebuah quiz dengan menyisipkan gambar atau bahkan video sebagai bahan pelengkap pertanyaan quiz.

5. Library

Dengan fitur ini, guru dapat mengunggah bahan ajar seperti materi, presentasi, gambar, video, sumber referensi, dan lain-lain. Fitur ini juga berfungsi sebagai wadah untuk menampung berbagai file dan link yang dimiliki oleh guru maupun murid.

Fitur library ini sangat berguna untuk para guru yang kewalahan memiliki ratusan file di komputer sekolah, atau daftar bookmark panjang untuk halaman web yang berguna sebagai materi pembelajaran.

Library Edmodo menyediakan kapasitas tanpa batas yang membuat setiap guru mampu menyimpan, mengurutkan, membagi, dan mengorganisir berbagai macam dokumen hanya dalam satu akun. Dokumen yang terdapat dalam Library virtual ini kemudian juga dapat diakses dimanapun dan dibagikan dengan guru-guru lainnya.

6. Assignment

Fitur ini digunakan oleh guru untuk memberikan tugas kepada murid secara online. Kelebihan dari fitur ini yaitu dilengkapi dengan waktu deadline, fitur attach file yang memungkinkan siswa untuk mengirimkan tugas secara langsung kepada guru dalam bentuk file document (pdf, doc, xls, ppt), dan juga tombol “Turn in” pada kiriman assignment yang berfungsi menandai bahwa siswa telah menyelesaikan tugas mereka.

7. Award Badge

Edmodo juga menyediakan fitur award badge yang diberikan kepada siswa atau grup, biasanya guru menggunakan fitur award badges ini.

Badge yang diberikan tentunya akan menunjukkan track record positif murid. Guru dapat dengan mudah menyediakan badge untuk murid-murid berprestasi yang telah mengerjakan quiz dan tugas lainnya dengan hasil sangat baik.

8. Parent Code

Setiap kali seorang murid membuat akun student di Edmodo, murid tersebut otomatis juga akan mendapatkan sebuah Parent Code unik yang dapat digunakan oleh orang tuanya untuk juga membuat akun khusus orang tua.

Setiap orang tua hanya membutuhkan satu Parent Account, yang dapat memantau semua grup yang diikuti oleh murid. Jika sepasang orang tua memiliki lebih dari satu anak, orang tua tersebut hanya membutuhkan satu buah akun yang dapat memantau proses belajar semua anaknya hanya dari satu akun tersebut.

Demikian ulasan mengenai apa itu Edmodo, apa itu edmodo, manfaat, fitur, hingga cara menggunakannya. Semoga menambah wawasan Anda. (*)