Apa Itu Pencemaran Air, Penyebab, Dampak Hingga Usaha Pengendaliannya

Pelayananpublik.id- Air merupakan kebutuhan vital umat manusia. Setiap manusia membutuhkan air bersih untuk minum, dan keperluan MCK.

Jadi ketika air tercemar, maka kehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya pun akan terancam. Air tercemar bisa membunuh makhluk hidup dan menyebabkan berbagai penyakit yang merugikan.

Ada banyak penyebab dan cara tercemarnya air. Pencemaran air bisa akibat masuknya benda asing ke dalamnya seperti makhluk hidup, sampah, racun dan hal lain.

Pada intinya jika air sudah berwarna, berbau dan berasa maka artinya air tersebut sudah tercemar.

Sebelum membahas lebih lanjut, ada baiknya kita pahami dulu apa itu pencemaran air.

Pengertian Pencemaran Air

Menurut PP no 20 tahun 1990, pencemaran air adalah masuknya atau dimasukkannya makhluk hidup, zat, energi, dan atau komponen lain ke dalam air oleh kegiatan manusia sehingga kualitas dari air tersebut turun hingga batas tertentu yang menyebabkan air tidak berguna lagi sesuai dengan peruntukannya.

Dengan kata lain, pencemaran air adalah sebuah perubahan keadaan di suatu tempat penampungan air seperti danau, sungai, lautan dan air tanah akibat aktivitas manusia.

Pencemaran atau polusi air adalah penyebab terkemuka di dunia untuk kematian dan penyakit,dan tercatat atas kematian lebih dari 14.000 orang setiap harinya.

Diperkirakan 700 juta orang India tidak memiliki akses ke toilet, dan 1.000 anak-anak India meninggal karena penyakit diare setiap hari. Sekitar 90% dari kota-kota Cina menderita polusi air hingga tingkatan tertentu, dan hampir 500 juta orang tidak memiliki akses terhadap air minum yang aman.

Air biasanya disebut tercemar ketika terganggu oleh kontaminan antropogenik dan ketika tidak bisa mendukung kehidupan manusia, seperti air minum, dan/atau mengalami pergeseran ditandai dalam kemampuannya untuk mendukung komunitas penyusun biotik, seperti ikan. Fenomena alam seperti gunung berapi, algae blooms, badai, dan gempa bumi juga menyebabkan perubahan besar dalam kualitas air dan status ekologi air.

Penyebab Pencemaran Air

Ada banyak penyebab air bisa tercemar baik itu karena proses alami maupun campur tangan manusia.

Berikut ini adalah beberapa penyebab pencemaran air yang dikutip dari sanitariankit.id.

1. Meningkatnya kandungan nutrien dalam air yang bisa mengarah pada eutrofikasi.

2. Adanya sampah organik misalnya air comberan (sewage) yang menyebabkan peningkatan kebutuhan oksigen pada air yang menerimanya dan mengarah pada berkurangnya oksigen yang dapat berdampak parah terhadap seluruh ekosistem.

3. Aktivitas industri yang membuang berbagai macam polutan kedalam air. Limbah yang biasa dihasilkan oleh industri adalah logam berat, toksin organik, minyak, nutrient dan padatan. Air yang tercemar limbah industri tentu sangat berbahaya bagi makhluk hidup.

4. Sampah yang mencemari air misalnya seperti sisa makanan hingga plastik dan benda lain.

5. Penggunaan bahan peledak untuk menangkap ikan

Dampak Pencemaran Air

Pencemaran air tentu akan berdampak kepada kehidupan makhluk hidup di sekitarnya. Termasuk jika air mengalami kekurangan oksigen, maka makhluk hidup dalam air pun bisa mati.

Berikut ini adalah beberapa dampak pencemaran air.

1. Terhadap Kehidupan Biota Air

Air yang tercemar bukan hanya akan merugikan manusia, tapi juga kehidupan biota air seperti bakteri dalam air, ikan, dan lainnya.

Apabila terdapat terlalu banyak zat pencemaran pada air limbah akan menurunkan kadar oksigen yang terlarut dalam air.

Akibatnya kehidupan dalam air yang membutuhkan oksigen menjadi terganggu dan mengurangi perkembangannya. Akibat matinya bakteri-bakteri, maka proses penjernihan air secara alamiah yang seharusnya terjadi pada air limbah juga terhambat.

2. Terhadap Kualitas Air Tanah

Air tanah yakni air yang berada di dalam tanah juga bisa tercemat. Pencemaran air pada tanah dapat diukur melalui faecal coliform telah terjadi dalam skala yang luas.

Air tanah bisa tercemar tinja manusia, yang terjadi ketika terlalu banyak sumur dangkal dan pemukiman penduduk yang terlalu padat.

3. Terhadap Kesehatan

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, pencemaran air akan berdampak terhadap kesehatan. Air bisa mengandung mikroba, virus, dan menjadi sarang penyakit.

Penyakit yang sering disebarkan lewat air tercemar adalah diare, tipus, cholera dan lainnya.

4. Terhadap Estetika Lingkungan

Banyaknya zat organic yang dibuang ke lingkungan perairan maka perairan tersebut semakin tercemar yang ditandai dengan bau yang menyengat. Juga diikuti dengan tumpukan yang dapat mengurangi estetika lingkungan.

Pengendalian Pencemaran Air

Sebagai manusia yang tiap hari membutuhkan air bersih, sudah seharusnya kita menjaga sumber air agar tidak tercemar.

Ada banuak hal yang dapat dilakukan sebagai cara penanggulangan pencemaran air antara lain:

– Sadar akan kelangsungan ketersediaan air dengan tidak merusak atau mengeksploitasi sumber mata air agar tidak tercemar.

– Tidak membuang sampah ke sungai.

– Mengurangi intensitas limbah rumah tangga.

– Melakukan penyaringan limbah pabrik sehingga limbah yang nantinya bersatu dengan air sungai bukanlah limbah jahat perusak ekosistem.

– Pembuatan sanitasi yang benar dan bersih agar sumber-sumber air bersih lainnya tidak tercemar.

– Melakukan penanaman pohon. Pohon selain dapat mencegah longsor, diakui mampu menyerap air dalam jumlah banyak. Itu sebabnya banyak bencana banjir akibat penebangan pohon secara massal. Padahal, pohon merupakan penyerap air paling efektif dan handal.

Demikian ulasan mengenai pengertian pencemaran air, penyebab, dampak, hingga cara pengendaliannya. Semoga bermanfaat. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *