Fitur-fitur Telegram yang Tak Ditemui di Whatsapp

Pelayananpublik.id- Telegram merupalam platform chatting yang muncul sebagai pesaing Whatsapp.

Apalagi setelah masalah privasi Whatsapp yang mengemuka beberapa waktu lalu, banyak pengguna yang berpindah ke Telegram.

Hal itu karena para pengguna tidak setuju dengan isi ketentuan baru fitur tersebut.

Terakhir saat WhatsApp bersama dua ‘saudaranya’ Facebook dan Instagram down bersamaan minggu lalu. Nama ketiganya sempat menduduki trending topic Twitter begitu pula Telegram. WhatsApp pun sempat tak bisa digunakan selama berjam-jam.

Gangguan-gangguan itu membuat pengguna Whatsapp ramai-ramai berpindah ke Telegram.

Walaupun kedua aplikasi itu sama-sama berfungsi untuk bertukar pesan, ternyata ada sejumlah fitur yang dimiliki satu aplikasi saja. Misalnya di Telegram bisa berbagi layar saat sedang video call.

1. Berbagi Layar

Telegram bisa melakukan panggilan suara dan video. Fitur ini sama dengan yang dimiliki Whatsapp, tapi istimewanya Telegram sudah memiliki fitur untuk berbagi layar seperti platform conference lain.

Fitur ini dapat diakses dengan menglik tiga titik di Video Chat, lalu akan terlihat sejumlah opsi. Di dalamnya Anda bisa memiliki screen sharing atau berbagai layar.

Nantinya akan ada dua layar kecil dan salah satunya untuk berbagi layar. Untuk pilihan tampilan luas, Anda bisa mengklik dua kali pada layar tersebut.

2. Slow Mode

Selain berbagi layar, Telegram juga memiliki mode lambat alias slow mode. Ini bisa digunakan jika grup yang kamu miliki sulit dikelola atau terlalu banyak pesan yang masuk. Mode lambat ini tersedia di bagian Group Permission.

Jadi, jika Anda admin grup, kamu bisa mengatur interval akun lain untuk mengirim pesan. Jadi anggota hanya bisa mengirimkan satu pesan per interval waktu yang telah dipilih. Mode ini bisa diatur untuk diaktifkan selamanya atau hanya saat waktu tertentu saja.

3. Cari Akun di Dekatmu

Fitur Telegram yang juga tidak ada di Whatsapp adalah cari akun di dekatmu. Dengan fitur ini, pengguna bisa menemukan kontak yang berada tak jauh dari posisi Anda saat ini. Sehingga Anda tak perlu lagi mencatat nomor atau menyimpan kontak untuk menambahkan akun baru dalam kontak Telegram.

4. Pesan Terjadwal

Fitur ini memang sudah tersedia di WhatsApp bisnis, namun untuk versi pengguna biasa maka harus menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Seperti namanya fitur ini bisa untuk menjadwalkan pesan. Selain juga mengedit pesan kapanpun jika diinginkan. Telegram membuka kesempatan untuk mengedit pesan hingga dua hari setelah dikirimkan. Fitur tersedia pada obrolan pribadi serta grup. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *