Suka Pakai WhatsApp Modifikasi, Ini Bahayanya

Pelayananpublik.id- Whatsapp memang aplikasi yang hits untuk layanan chat. Whatsapp juga punya fitur-fitur menarik untuk kebutuhan penggunanya mulai dari panggilan, video call hingga pengiriman dokumen.

Karena banyak yang menggemari, banyak pihal yang membuat aplikasi sejenis, yakni Whatsapp mode modifikasi. Bahkan dengan aplikasi ini pengguna bisa memakai fitur-fitur yang tidak ada di WhatsApp.

Di antara aplikasi WhatsApp Modifikasi yang banyak dipakai orang adalah WhatsApp GB, YoWhatsApp, hingga WhatsApp Plus.

Aplikasi-aplikasi di atas memang memungkinkan pengguna bisa mengakses WhatsApp, namun perlu Anda catat, bahwa WhatsApp GB dan aplikasi WhatsApp Mod ini bukan buatan WhatsApp.

Aplikasi WhatsApp GB dan lainnya ini dibuat oleh pengembang pihak ketiga.

Jadi jangan heran jika pengguna juga tidak bisa mengunduhnya di toko aplikasi resmi seperti Google Play Store maupun App Store iOS.

Terkait itu, pihak WhatsApp melalui laman FAQ-nya bahkan mengeluarkan peringatan agar pengguna tidak memakai WhatsApp GB dan aplikasi WhatsApp Mod lainnya.

WhatsApp mengatakan, penggunaan aplikasi WhatsApp GB dan lain-lain bisa membuat akun WhatsApp pengguna diblokir permanen. Sumbernya yang tidak jelas pun disebut-sebut bisa membahayakan privasi pengguna.

“WhatsApp tidak mendukung aplikasi pihak ketiga ini karena kami tidak dapat memvalidasi praktik keamanannya,” kata pihak WhatsApp.

Berikut adalah bahaya dari penggunaan WhatsApp GB dan aplikasi WhatsApp Modifikasi sejenisnya, dikutip dari India Today, Rabu (29/9/2021).

Privasi Tidak Utama

Walaupun aplikasi Whatsapp modifikasi memiliki sejumlah fitur yang tidak ada di WhatsApp resmi, fitur-fitur seperti cloning WhatsApp justru menghilangkan esensi privasi di WhatsApp.

Pasalnya, WhatsApp GB tidak dijamin enkripsi end-to-end seperti pada aplikasi resmi WhatsApp.

Keamanan Tidak Terjaga

WhatsApp GB dan aplikasi sejenisnya tidak menawarkan pemeriksaan keamanan seperti pada versi WhatsApp resmi.

“WhatsApp tidak mendukung aplikasi pihak ketiga ini karena kami tidak dapat memvalidasi praktik keamanannya,” kata pihak WhatsApp.

Akun Bisa Diblokir Permanen

Seperti disebutkan WhatsApp, karena bersifat tidak resmi, WhatsApp bisa memblokir akun pengguna secara permanen bila pengguna kedapatan memakai aplikasi WhatsApp GB.

Rentan Disusupi Malware

Karena ini bukan aplikasi resmi, tentu banyak kekhawatiran soal keamanan data dari serangan malware.

Ketika Anda mendownload aplikasi ini dari website sembarangan, disitulah kemungkinan malware bisa menyusup. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *