Pengertian Tari Menurut Para Ahli Lengkap

Pelayananpublik.id- Salahsatu kegiatan yang menyenangkan adalah menari. Menari adalah hal yang sangat jamak terlihat di berbagai media sekarang ini.

Menari bisa dilakukan dengan banyak cara, baik dengan atau tanpa musik.

Menari juga saat ini menjadi tren di berbagai kalangan dan Anda bisa dengan mudah melihatnya di media sosial. Banyak orang yang menari menggunakan musik yang menarik dan memamerkannya di medsos untuk menghibur orang lain. Gerakan yang dilakukan pun semakin beragam dan unik namun tetap layak dinikmati.

Tarian tentu banyak jenisnya, mulai dari modern hingga tradisional. Tari tradisional dimiliki oleh hampir semua daerah di Indonesia dari Sabang sampai Merauke.

Secara simpel, menari berarti menggerakkan anggota tubuh mengikuti irama yang ada.

Lalu apakah semua gerakan tubuh disebut dengan tari? Tentu saja tidak.

Berdasarkan Ensiklopedia, tari adalah setiap pada saat mengoleng-olengkan tubuh dan anggotanya asal hal ini dilakukan dengan irama tertentu, ada yang diiringi musk dan ada yang tidak.

Sementara menurut KBBI, tari merupakan gerakan badan (tangan dan sebagainya) yang berirama, biasanya diringi dengan bunyi-bunyian (musik, gamelan dan sebagainya).

Selain itu, Wikipedia menyebut tari adalah gerak tubuh berirama yang dilakukan di tempat dan waktu tertentu untuk keperluan pergaulan, mengungkapkan perasaan, maksud, dan pikiran

Agar lebih paham, mari kita simak pengertian tari menurut para ahli berikut ini.

1. Aristoteles

Aristoteles mengartikan tari sebagai suatu gerakan bersifat ritmis yang bertujuan untuk menghadirkan sebuah karakter manusia, yang sebagaimana mereka bertindak dan menderita.

2. Waterman

Menurut Waterman pengertian tari adalah gerak-gerak tubuh yang secara artistik yang secara kultural dipola serta distilasi.

3. H’Doubler

Sementara itu, H’Doubler mengatakan tari adalah suatu ekspresi gerak ritmis dari suatu keadaan-keadaan perasaan yang secara estetis dinilai, yang lambang-lambang geraknya dengan sadar dirancang untuk kenikmatan serta pada kepuasa dari pengalaman-pengalaman ulang, ungkapan, berkomunikasi, melaksanakan, serta dari suatu penciptaan bentuk-bentuk.

4. Andre Levinson

Sedangkan Andre Levinson mendefenisikan tari sebagai sebuah gerakan tubuh yang berkesinambungan yang melewati ruang yang telah ditentukan yang sesuai dengan ritme tertentu serta mekanismenya.

5. Susan K. Lenger

Pengertian tari menurut Susan K. Lenger yakni gerak-gerak tubuh yang dibentuk secara ekpresif yang diciptakan manusia untuk bisa dinikmati.

6. Walter Sarrel

Pengertian tari menurut Walter Sarrel ialah srbuah gerakan badan yang seimbang menurut irama dan dalam suatu tempat tertentu.

7. Kealiinomohoku

Tari menurut Kealiinomohoku adalah seni sesaat dari sebuah ekspresi yang dipertunjukkan dengan sebuah bentuk serta gagasan tertentu lewat suatu tubuh manusia yang bergerak di dalam ruang.

8. Franz Boas

Pengertian tari menurut Franz Boas: Tari adalah suatu gerak-gerak ritmis setiap bagian tubuh, lambaian lengan, gerak dari torso atau kepala, atau pada gerak-gerak dari tungkai serta kaki.

9. Dr. J Verkuyl

Ahli lainnya yang mendefenisikan tari adalah Dr. J Verkuyl. Ia mengatakan tari merupakan rangkaian gerak-gerak tubuh dan anggotanya yang disusun sedemikian ruap, yang sehingga berirama.

10. C. Sachs

C. Sachs mendefinisikan tari sebagai pengucapan jiwa manusia yang melalui gerak-gerik berirama yang indah.

11. John Martin

John Martin mengatakan tari merupakan suatu gerak yang sebagai pengalaman yang paling awal pada kehidupan manusia

12. Suadarsa Pringgo Broto

Pengertian tari menurut Suadarsa Pringgo Broto adalah sebuah ketentuan tentang bentuk-bentuk gerakan tubuh dan ruang.

13. La Mery

La Mery mendefenisikan tari sebagai suatu ekspresi yang berbentuk sebuah simbolis dalam wujud yang lebih tinggi yang harus diinternalisasikan untuk menjadi suatu bentuk yang nyata.

14. Drs. I Gede Ardika

Sedangkan Drs. I Gede Ardika mengartikan tari sebagai sesuatu yang bisa disatukan ke dalam berbagai hal sehingga semua orang bisa menyesuaikan diri atau menyelaraskannya menurut cara pandang nya masing-masing.

15. K M A Theodora Retno Maruh

Pengertian tari menurut K M A Theodora Retno Maruh adalah kesenian yang tidak akan pernah mempunyai sifat kontemporer, baik yang pernah terlupakan sekalipun.

16. Irmgrad Bartenieff & Forrestine Paulay

Irmgrad Bartenieff & Forrestine Paulay mengatakan tari adalah sebuah bentuk seni yang eskpressionostis yang menjembatani sebuah reaksi jiwa seseorang denga sebuah konflik dan problem dunia modern.

17. S. Humardani

Tari menurut S. Humardani adalah sebuah ungkatap bentuk-bentuk gerak ekspresif yang indah dan ritmis.

18. Soedarsono

Soedarsono berpendapat bahwa tari adalah bentuk ekspresi jiwa manusia yang melalui gerak-gerak yang indah dan ritmis.

19. Hawkins

Hawkins menyebut tari merupakan suatu ekspresi perasan manusia yang diubah ke dalam sebuah majinasi ke dalam bentuk media gerak yang sehingga gerak yang sibolis tersebut sebagai ungkapan si penciptanya.

20. Jazuli

Jazuli menyatakan tari adalah irama musik yang sebagai pengiring bisa digunakan untk mengungkapkan maksud dan suatu tujuan yang ingin disampaikan oleh pencipta tari melalui penari.

21. Kamala Devi Chattopadhyaya

Sementara itu, Kamala Devi Chattopadhyaya menyatakan bahwa tari adalah sebuah insting atau desakan emosi didalam diri kita yang mendorong kita untuk mencari ekspresi pada tari.

22. Judith Lynne Hanna

Pengertian tari menurut Judith Lynne Hanna adalah seni platis dari gerak yang visual terlihat sepintas.

23. Bagong Kussudiarjo

Bagong Kussudiarjo mengartikan tari sebagai keindahan bentuk dari anggota badan manusia yang bergerak, berirama dan berjiwa harmonis.

24. Suryodiningrat

Suryodiningrat menyatakan tari ialah gerakan seluruh tubuh yang selaras dengan irama musik (gamelan) diatur oleh irama yang sesuai dengan maksud tertentu.

25. Corry Hamstrong

Pengertian tari menurut Corry Hamstrong adalah suatu gerak yang diberi bentuk dalam ruang.

26. Suryo

Tari menurut pendapat Suryo merupakan ekspresi subyektif yang diwujudkan dalam bentuk obyektif.

Demikian ulasan mengenai pengertian tari menurut para ahli. Semoga bermanfaat. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *