Pengertian Komputer Menurut Para Ahli

Pelayananpublik.id- Komputer merupakan barang yang wajib ada di dalam rumah. Komputer juga digunakan hampir semua kalangan, bukan lagi kalangan tertentu.

Jika dahulu fungsi komputer pun terbatas, maka kini komputer sudah menjadi lebih multitasking, sehingga bisa digunakan orang dari berbagai kalangan.

Bukan hanya membuat dokumen, komputer saat ini berfungsi jauh melebihi itu. Komputer bisa menyediakan multimedia seperti musik dan video. Bahkan komputer bisa menyelenggarakan permainan canggih yang diikuti user di berbagai belahan dunia.

Namun sebelum membahas lebih jauh, ada baiknya kita simak dulu apa pengertian komputer.

Pada dasarnya komputer berarti sebuah mesin elektronik yang memiliki fungsi utama untuk melakukan proses penghitungan (to compute).

Komputer berasal dari bahasa Latin, yaitu Computare. Computare sendiri memiliki arti untuk menghitung. Pada awalnya, kata ini ditujukan bagi mereka yang memiliki pekerjaan untuk melakukan perhitungan aritmatika, baik secara manual maupun menggunakan alat bantu hitung.

Nah, agar lebih memperkaya wawasan Anda, berikut kami rangkum pengertian komputer menurut para ahli.

1. C. Hamacher, Z.G. Vranesic, dan Z.G. Zaky

Menurut Hamacher, Vranesic, & Zaky (dalam Wimatra dkk, 2008) komputer adalah suatu mesin penghitung elektronik yang cepat dapat menerima informasi input digital, memprosesnya sesuai dengan suatu program yang tersimpan di memorinya dan menghasilkan output informasi.

2. American Standard Institute

Sedangkan berdasarkan American Standard Institute yang dikutip dari buku yang disusun oleh Wimatra, dkk (2008), komputer adalah sebuah pemroses data (data processor) yang dapat melakukan perhitungan yang besar dan cepat, termasuk perhitungan aritmatika yang besar atau operasi logika, tanpa campur tangan manusia dalam mengoperasikannya.

3. Wimatra, dkk (2008)

Wimatra dkk mendefenisikan komputer sebagai sebuah sistem perangkat elektronik yang memilki tujuan untuk melakukan proses pengolahan data, yang kemudian dapat menghasilkan informasi-informasi yang berguna.

Mereka berpendapat, agar bekerja dengan baik suatu komputer harus memiliki beberapa elemen yakni elemen brainwae (user), hardware (perangkat keras komputer) dan juga software (perangkat lunak komputer).

4. William M Fouri

William M Fouri (Dalam The Tool of Bussines) mengartikan komputer sebagai sebuah mesin pemroses data (data processor) yang dapat melakukan perhitungan besar dan cepat.

5. Gordon B. Davis

Davis, (dalam Introduction to The Computer) mengatakan komputer merupakan suatu tipe khusus dari alat penghitung uang mempunyai sifat tertentu yang pasti.

6. Arif Susanto

Sementara itu Susanto (2009) mendefenisikan komputer sebagai sekelompok alat elektronik yang terdiri atas perintah input, alat yang mengolah input, dan peralatan output yang memberikan informasi serta bekerja secara otomatis.

7. Robert H. Blissmer

Robert Blissmer (dalam Susanto, 2009) menyebut komputer merupakan sebuah alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas seperti menerima input, memproses input tadi sesuai dengan programnya, menyimpan perintah-perintah dan hasil pengolahan, serta menyediakan output dalam bentuk informasi.

8. Donald H. Sanders

Komputer adalah sebuah sistem elektronik yang bertugas memanipulasi data yg cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya dan menghasilkan output dibawah pengawasan suatu langkah-langkah, instruksi2 program yg tersimpan di memori (stored program).

9. Elias M.Awad

Komputer merupakan sebuah alat hitung yang berguna untuk memproses data yang kemudian dapat disajikan dalam bentuk data, baik secara digital, maupun secara analog.

10. Jhon J. Longkutoy

Jhon J. Longkutoy, berpendapat bahwa apa yang dimaksud dengan computer adalah suatu alat atau mesin pemecah persoalan dan atau sebuah mesin dan alat pengolah data yang mana dapat menghasilkan suatu informasi yang diperlukan dan juga berguna bagi usernya

11. Larry Long dan Nancy Long

Long & Long mengatakan bahwa yang dimaksud dengan komputer adalah sebuah alat hitung elektronik yang mampu menginterpresentasikan dan juga melaksanakan perintah program untuk input, output, perhitungan, dan operasi-operasi logik.

12. Williams Sawyer

Sawyer mengatakan pendapat lain mengenai arti dari sebuah komputer. Menurut Sawyer, komputer merupakan sebuah mesin multguna yang dapat dilakukan pemrograman, dan dapat deprogram, dimana mesin – mesin tersebut dapat meerima data berupa fakta dan gambar kasar, lalu kemudian memproses atau memanipulasi data tersebut menjadi sebuh informasi yang bisa digunakan oleh usernya.

Jenis Komputer

Di zaman serba digital saat ini, tentu saja teknologi komputer lebih canggih dan mutakhir. Penggunaannya pun semakin luas untuk berbagai kalangan mulai dari pelajar, pekerja, pekerja seni dan berbagai profesi lainnya.

Selain itu, komputer yang terintegrasi dengan internet banyak membantu pekerjaan manusia. Misalnya untuk pemantau keamanan rumah, mengatur penerangan rumah dan sebagainya.

Nah, untuk mendukung itu pengguna harus menyesuaikan kebutuhannya dengan kemampuan komputer miliknya.

Berikut ini adalah beberapa jenis komputer.

1. Berdasarkan data yang diolah

– Komputer Analog, yakni komputer yang digunakan untuk menerima serta mentransmisikan sinyal dan data analog, seperti data seismografik, dan lainnya.

– Komputer Digital, yakni komputer untuk menerima dan mentransmisikan sinyal dalam bentuk digital. Contohnya adalah jenis komputer yang saat ini banyak digunakan secara umum oleh user.

– Komputer Hybrid, yakni gabungan dari komputer jenis analog dan juga digital.

2. Berdasarkan penggunaan

– Komputer Khusus, yakni komputer yang digunakan untuk tujuan khusus atau Special purpose

– Komputer Umum, yakni komputer yang digunakan untuk tujuan umum (general purpose).

3. Berdasarkan Bentuk dan Ukuran

– Super Computer

– Mainframe Computer

– Mini Computer

– Workstation Computer

– Micro Computer / Personal Computer

4. Berdasarkan Generasi

– Generasi pertama (1946 hingga 1959)

– Generasi kedua (1959 hingga 1964)

– Generasi ketiga (1964 hingga 1970)

– Generasi Keempat (1970 hingga 1990)

– Generasi kelima (1990 hingga sekarang)

Demikian ulasan mengenai pengertian komputer menurut para ahli. Semoga bermanfaat. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *