Mau Baca Pesan Whatsapp Tanpa Ketahuan, Begini Caranya

Pelayananpublik.id- Komunikasi jarak jauh semakin mudah dilakukan saat ini. Apalagi sekarang ada aplikasi chat, salahsatunya adalah Whatsapp.

Pada aplikasi chat ini, pengirim pesan bisa mengetahui apakah pesannya sudah sampai dan dibaca penerima.

Jika pesan telah tersampaikan maka pesan akan bertanda centang abu-abu. Sementara jika sudah dibaca, pesannya akan disertai tanda centang hijau.

Nah, terkadang sebagian orang merasa tidak ingin si pengirim mengetahui bahwa pesannya telah dibaca. Ini dilakukan dengan berbagai alasan pribadi si penerima pesan.

Bisa saja sebagai penerima pesan, Anda hanya dapat membacanya tapi tidak bisa langsung membalas. Hal ini bisa menjadi masalah, apabila si pengirim tahu Anda membaca pesannya dan akan jadi pertanyaan saat pesan tak langsung dibalas.

Namun ternyata Anda bisa kokembaca pesan Whatsapp secara diam-diam, berikut caranya:

1. Matikan Data

Ketika pesan masuk dan Anda penasaran ingin membacanya namun tidak ingin ketahuan oleh si pengirim maka Anda bisa mengakalinya. Yakni dengan mematikan data internet Anda, lalu membuka pesan itu.

Usai membaca, tutup Whatsapp dan aktifkan kembali data internet Anda.

2. Matikan Centang Biru Pesan

Anda bisa memilih orang lain tidak akan mengetahui jika Anda sudah membaca pesan yang masuk. Salahsatu cara yakni mematikan centang biru pesan. Dengan demikian, pengirim tidak bisa melihat pesannya sudah dibaca atau belum.

Caranya adalah buka Whatsapp, pilih account, lalu pilih privacy. Kemudian pilih matikan tanda baca atau read receipt.

Tapi ingat, pengaturan ini berlaku dua arah. Jika Anda mematikan tanda pesan terbaca, maka Anda juga tidak akan bisa melihat apakah pesan Anda sudah dibaca atau belum.

3. Matikan Last Seen Whatapp

Meskipun sudah mematikan tanda baca pesan, tapi Anda masih bisa dianggap membaca pesan karena ketahuan online di Whatsapp. Status Anda akan “online” ketika Anda membuka Whatsapp. Jika sedang tidak membuka Whatsapp pun, masih bisa dilihat kapan terakhir online nya.

Cara mengatasinya Anda tinggal matikan “last seen” Caranya buka Whatsapp pilih account lalu privacy dan matikan last seen.

4. Mark As Unread

Jadi Anda bisa menandai beberapa pesan dan menandai sebagai yang belum dibaca. Caranya anda bisa menekan dan tahan pada pesan yang Anda pilih, kemudian pilih tandai sebagai belum dibaca.

Demikian cara membaca pesan Whatsapp tanpa ketahuan online. Semoga bermanfaat. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *