Pemerintah Tunjuk 3 Rumah Sakit Khusus Tangani Covid-19

Pelayananpublik.id- Kasus Covid-19 di Indonesia masih menunjukkan angka yang mengkhawatirkan. Bahkan lonjakan kasus terus terjadi sehingga rumah sakit hampir penuh.

Menurut Juru Bicara Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Siti Nadia Tarmizi total kapasitas ketersediaan dari tempat tidur pada 24 Juni di seluruh rumah sakit Indonesia yang menangani Covid-19 sebanyak 94.420 untuk isolasi maupun perawatan untuk kasus intensif.

Meskipun menurut rata-rata nasional angka ketersediaan nasional perawatan sudah mencapai 67% sampai 68 %, di beberapa daerah kota melihat bahwa angka ketersediaan tempat perawatan sudah mencapai angka di atas 80%.

Di Yogyakarta dan Jawa Tengah misalnya, tempat tidur untuk pasien Covid-19 sudah mencapai 85%, sementara di Banten 75%, Jawa Barat 84%, dan di DKI Jakarta 90%.

Karena itu, lanjut dia, Kemenkes mengambil kebijakan untuk menunjuk tiga rumah sakit yang berada langsung di bawah kewenangan Kemenkes untuk di khususkan sebagai rumah sakit yang khusus untuk melayani kasus Covid-19.

Adapun ketiga rumah sakit ini adalah Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Fatmawati, RSUP Persahabatan, dan Rumah Sakit Penyakit Infeksi Prof. Dr. Sulianti Saroso.

“Diharapkan dengan mengonversi ketiga rumah sakit ini menjadi rumah sakit yang memberikan pelayanan full untuk kasus Covid-19, dapat membantu menambah ketersediaan untuk menambah perawatan,” pungkasnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *