Apa Itu Manajer, Tugas, Etika Hingga Tingkatannya

Pelayananpublik.id- Dalam dunia kerja pasti ada ditemukan istilah manajer. Dalam satu perusahaan mungkin ada lebih dari satu manajer yang membidangi tugas mereka masing-masing.

Manajer biasanya orang yang berpengalaman di bidangnya dan membawahi beberapa orang anggotanya untuk melaksanakan pekerjaan. Hasil pekerjaan anggotanya baik atau buruk akan menjadi hal yang dipertanggungjawabkan kepada pemimpin perusahaan.

Jadi jika ada sesuatu kesalahan maka pemimpin perusahaan akan menegur manajernya. Dan dengan adanya manajer, semua bagian perusahaan bisa dikontrol pimpinan perusahaan tanpa harus mengatur semua karyawannya.

Nah, agar lebih jelas ada baiknya simak dulu pengertian manajer berikut ini.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), manajer adalah orang yang mengatur pekerjaan atau kerjasama diantara berbagai kelompok atau sejumlah orang untuk mencapai sasaran/tujuan.

Sederhananya, pengertian manajer adalah orang yang memiliki pengalaman, pengetahuan, serta keterampilan untuk dapat memimpin, mengelola, mengendalikan, mengatur dan mengembangkan organisasi demi mencapai tujuannya.

Pengertian lain dari Manajer adalah seseorang yang dapat mengarahkan orang lain dan mampu bertanggung jawab atas kegiatan ataupun pekerjaan tersebut.

Untuk lebih jelasnya berikut kami rangkum pengertian manajer dari para ahli.

1. Kimball and Kimball (1951) menyatakan manajer adala seseorang yang terdiri dari keseluruhan fungsi serta tugas yang meliputi sebuah sistem penyusunan perusahaan, pembiayaan, penyediaan seluruh peralatan di sebuah perusahaan/organisasi.

2. James A.F Stonner mengartikan manajet sebagai seseorang yang melakukan segala perencanaan, proses, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan usaha-usaha dari para anggota organisasi guna mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan sebelumnya.

3. Prof. Dr. H. Arifin Abdurachman mendefenisikan manajer sebagai orang yang melakukan kegiatan-kegiatan dan proses kegiatan di dalam rentetan maupun urutan suatu proses kegiatan.

4. Dr. SP. Siagian mengatakan manajer adalah orang yang memiliki sebuah kemampuan dan keterampilan untuk memperoleh suatu hasil dalam upaya untuk mencapai tujuan melalui tindakan kerja orang lain.

Fungsi dan Tugas Seorang Manajer

Manajer akan bertugas sesuai bidangnya. Mereka tidak akan mengerjakan hal yang di luar bidangnya. Misalnya manajer pemasaran tidak harus ikut campur dengan urusan manajer personalia, sebab beda bidang.

Namun secara umum, fungsi dan tugas manajer adalah sebagai berikut:

– Menjadi pemimpin organisasi

– Mengatur dan mengendalikan organisasi

– Mengembangkan organisasi yang dipimpin

– Melakukan penyelesaian masalah yang dihadapi organisasi

– Melakukan pengawasan terhadap organisasi

– Meningkatkan tanggung jawab kepada para pekerja atau anggotanya

– Melakukan evaluasi kegiatan yang dilakukan organisasi

– Melakukan pengembangan dan menggali sumber daya yang ada di organisasi.

Peran Manajer

Adapun peran dari seorang manajer adalah sebagai berikut.

1. Peran figure, yakni manajer merupakan simbol dari perusahaan.

2. Peran pemimpin yakni seorang manajer harus mampu memimpin, membimbing, serta memotivasi perusahaan.

3. Peran penghubung yakni seorang pemimpin adalah penghubung antar anggota dan sumber daya manusia, antar anggota dan pihak luar.

4. Pemonitor yakni manajer harus menjalankan peran dalam hal mencari, menerima berbagai informasi pengembangan pemahaman industri.

5. Juru bicara, manajer harus bisa menjadi juru bicara dalam penyebaran informasi baik kepada pihak dalam maupun luar perusahaan.

Etika Manajer

Manajer adalah seorang pemimpin di bagian kerjanya. Dia akan membawahi beberapa karyawan atau anggota.

Seorang manajer pasti memiliki jabatan dan kedudukan yang lebih tinggi dari karyawan biasa. Dari itu manajer harus menjaga etika dalam bekerja.

Adapun etika yang harus dimiliki seorang manajer adalah sebagai berikut:

– Tingkah laku kepada karyawan

– Tingkah laku kepada organisasi

– Tingkah laku kepada agen ekonomi lainnya

Kriteria Manajer

Nah selain etika, ada juga beberapa kriteria yang harus dimiliki seseorang sebelum ia bisa menjadi manajer.

Seorang manajer memerlukan minimal tiga keterampilan dasar, yakni :

1. Keterampilan Konseptual

Seorang manajer harus memiliki keterampilan konseptual yakni keterampilan dalam pembuatan konsep, ide serta gagasan demi kemajuan organisasi/perusahaan.

2. Keterampilan Komunikasi

Nah, seorang manajer akan sulit berhasil jika dia tidak bisa berkomunikasi dengan baik dengan anggotanya. Komunikasi si manajer harus baik agar anggota mendengar dan melaksanakan tugas dengan baik.

3. Keterampilan Teknis

Keterampilan ini diperlukan seorang manajer untuk melaksanakan suatu pekerjaan tertentu seperti memakai program komputer, memperbaiki mesin, akuntansi dan lain sebagainya

Tingkatan Manajer

Manajer juga terbagi menjadi manajer puncak, manajer tingkat menengah, dan manajer lini pertama atau bawah. Yang mana penjelasannya adalah sebagai berikut.

– Manajer Lini Pertama, yakni manajemen tingkat paling bawah yang tugasnya memimpin dan mengawasi karyawan nonmanajerial yang ikut terlibat dalam proses produksi.

Misalnya supervisor, manajer shift, manajer kantor, ataupun manajer departemen.

– Manajer Tingkat Menengah, yakni manajer yang bertugas sebagai penghubung antara manajer lini pertama dan manajer puncak, jabatan dalam manajer tingkat menengah. Contohnya kepala bagian, kepala proyek, atau manajer pabrik

– Manajer Puncak, yakni orang yang bertugas dalam perencanaan kegiatan dan strategi perusahaan secara umum dan melakukan pengarahan terhadap jalannya perusahaan.

Adapun jabatan dalam manajer puncak yaitu CEO (Chieft Executive Order), CIO (Chieft Information Officier), dan CFO (Chieft Financial Officier).

Demikian ulasan mengenai manajer, tugas, fungsi, etika hingga tingkatannya. Semoga bermanfaat. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *