Apa itu Teks Berita, Ciri, Unsur, Hingga Contohnya

Pelayananpublik.id- Anda pasti sering melihat berita di televisi atau mendengarkannya di radio. Nah, pembawa acara di televisi atau radio itu akan membaca teks ketika membawakan acara berita.

Teks yang dibaca oleh pembawa acara atau presenter itu adalah teks berita.

Teks berita yang mereka bacakan itu tentu bukan sembarang teks. Sebab terdapat aturan main dalam membuat sebuah teks berita.

Nah, sebelum membahas lebih jauh, ada baiknya pahami dulu pengertian teks berita.

Pengertian Teks Berita

Teks berita adalah suatu teks yang berisikan informasi terkait suatu hal yang terjadi di dunia atau di sekitar kita.

Teks berita juga dapat diartikan sebagai teks yang melaporkan kejadian, peristiwa atau informasi mengenai sesuatu yang telah atau sedang terjadi. Penyampaian berita ini bisa dilakukan secara lisan yang sering kita dengar dan lihat di televisi, dan secara tulisan yang dapat kita baca di media cetak.

Seperti yang disebutkan di atas, teks berita digunakan untuk berbagai tujuan seperti siaran radio, artikel di website atau dibacakan dalam berita televisi.

Tak bisa sembarangan, teks berita harus dibuat berdasarkan fakta yang ada sehingga isi berita itu adalah informasi sesuai fakta yang ada di lapangan.

Berita (news) adalah sajian utama sebuah media massa di samping views
(opini).

Mencari bahan berita kemudian menyusunnya merupakan tugas pokok wartawan dan bagian redaksi sebuah penerbitan pers (media massa).
(Romli, 2014 : 3)

Ciri-ciri Teks Berita

Ketika membaca sebuah teks kita bisa mengetahui bahwa itu adalah teks berita bersasarkan beberapa ciri yang ada. Adapun ciri teks berita adalah sebagai berikut.

-Teks diberitakan merupakan sesuatu yang benar terjadi, bukan opini atau gagasan penulis

– Merupakan peristiwa yang jarang terjadi, bukan sesuatu yang umum terjadi setiap hari

– Aktual, yaitu peristiwa yang diberitakan masih segar atau baru terjadi, bukan peristiwa lampau

– Data yang disajikan sesuai dengan peristiwa asli, tidak ada rekayasa

– Bahasanya menarik

– Data yang disajikan berdasarkan fakta dan lengkap.

– Keterangan waktu dan tempat jelas.

– Objektif

– Alur peristiwa berurutan

– Kalimat yang digunakan singkat, padat, jelas

– Sumber valid dan bisa dipertanggungjawabkan

– Judul mewakili isi berita

Unsur-unsur Teks Berita

Ada beberapa unsur yang harus dipenuhi sebelum sebuah bacaan bisa dikategorikan sebagai teks berita. Unsur-unsur yang dimaksud adalah sebagai berikut.

1. Unsur Aktual, teks berita harus mengandung unsur terkini, terbaru, terhangat, baru saja atau sedang terjadi. Aktual bisa merupakan fakta terbaru yang ditemukan dari suatu peristiwa lama, atau peristiwa yang baru saja terjadi.

2. Unsur Faktual, sebuah teks berita harus mengandung unsur faktual yakni kejadian benar-benar merupakan suatu kenyataan, bukan suatu rekayasa, khayalan atau karangan. Fakta dalam sebuah berita muncul dan diperoleh dari sebuah kejadian nyata, pendapat ataupun pernyataan.

3. Unsur Penting, teks berita harus berisikan sesuatu yang penting. Bisa tentang tokoh yang terlibat dalam pemberitaan adalah tokoh penting atau memiliki kapasitas yang telah diakui oleh masyarakat. Atau menyangkut kepentingan orang banyak dan mempengaruhi kondisi masyarakat.

4. Unsur Menarik, selain penting teks berita juga harus menarik, menimbulkan rasa ingin tahu, dan ketertarikan dari masyarakat untuk menyimak isi berita tersebut.
Peristiwa yang menarik dan diminati oleh masyarakat biasanya bersifat menghibur, aneh, memiliki unsur kedekatan, mengandung nilai kemanusiaan, mengandung unsur s*ks, kriminalitas dan konflik.

5. Unsur 5W+1H

Sementara untuk membuat struktur teks berita yang ideal, juga dibutuhkan unsur-unsur informasi yang harus ada dalam teks berita.
Setiap berita yang disampaikan oleh jurnalis pada umumnya mencakup enam unsur berita. Keenam unsur berita tersebut dikenal dengan 5W+1H yaitu WHO – WHAT – WHERE – WHY – WHEN – HOW.

Menulis Teks Berita

Melansir laman seputarpengetahuan.co.id ada beberapa pedomana dalam menulis teks berita sebagai berikut.

– Teras berita ditempatkan di paragraf pertama dan harus mencerminkan pokok terpenting berita.

– Teras berita tidak boleh lebih dari 45 kata dan sebaiknya tidak lebih dari 3 kalimat.

– Hal-hal yang tidak begitu mendesak hendaknya dimuat dalam tubuh berita.

– Unsur why dan how diperjelas dalam tubuh – berita, bukan harus di teras berita.

– Berdasarkan pedoman yang sudah disepakati oleh PWI tersebut, unsur what, where, when, dan who itu wajib ditulis dalam teras berita, tidak boleh dalam tubuh berita.

Begitupun, pola penyajian teras berita tidak harus selalu diawali oleh salah satu unsur 5W1H, boleh juga diawali oleh pertanyaan (question), komentar (comment), kutipan perkataan tokoh (quotation), jeritan (exclamation), dan lain-lain.

Struktur Teks Berita

Dalam menulis teks berita tentu harus ada struktur yang jelas seperti judul, isi dan lainnya. Berikut adalah struktur teka berita menurut (Romli, 2014 : 13) struktur teks berita antara lain sebagai berikut :

1. Judul (head), judul teks berita harus mewakili inti dan isi dari tulisan yang dibahas. Biasanya judul di letakkan di bagian atas tengah tulisan.

2. Teras berita (Lead), dalam sebuah teks berita lead merupakan pembuka. Lead terletak di awal paragraf saat reporter hendak memulai tulisan. Biasanya lead berisi perkenalan atau bridging di awal sebelum masuk ke inti tulisan.

3. Isi berita (Body), isi berita berupa 5W + 1H diterapkan. Reporter akan menjelaskan secara lengkap tulisan yang menjawab keenam pertanyaan tersebut.

4. Keterangan Penulis / Editor / Reporter, ditulis bagian akhir.

Jenis-jenis Teks Berita

Masih Menurut (Romli, 2014 : 11-12), jenis-jenis berita dalam dunia jurnalistik adalah sebagai berikut :

1. Straight News (Berita Langsung)

Yakni berita-berita one head shot dan kita memberitakannya dengan singkat dan jelas.

Straight news disebut berita langsung karena jarak waktu dari peristiwa terjadi dengan penggalian data dan pelaporannya berdekatan (prosesnya tidak lebih dari 24 jam atau tidak lebih dari 2 hari).

Jika diberitakan tiga setelahnya atau lebih, maka peristiwa tersebut basi untuk diberitakan.

Contoh berita:

The Body Shop® Indonesia Ajak Jurnalis Perempuan Aware Kekerasan Seksual dan Perjuangkan RUU PKS

Pelayananpublik.id- Kasus kekerasan seksual di Indonesia terus menunjukkan angka yang menyedihkan. Apalagi selama pandemi Covid-19 melanda, kekerasan fisik dan seksual semakin marak terjadi.

Mirisnya, sebagian besar korban kekerasan seksual memilih diam daripada menempuh upaya hukum dan mencari keadilan. Itu disebabkan banyak hal, satu diantaranya adalah karena mereka tidak yakin kasusnya akan diproses secara benar.

Dari itu perlu ada Undang Undang yang tegas untuk mengatur persoalan ini. Dalam hal ini, banyak pihak yang sedang memperjuangkan agar Rancangan Undang Undang Penghapusan Kekerasan Seksual (RUU PKS) segera disahkan menjadi UU.

Saat ini RUU PKS masuk kembali dalam Program Legislasi Nasional (Prolegnas) DPR RI 2021, sebuah tonggak yang sangat penting dalam kampanye untuk mendorong pengesahan RUU PKS. Tentu perlu dukungan semua pihak agar RUU PKS bisa segera disahkan.

The Body Shop® Indonesia adalah salahsatu pihak swasta yang mengambil peran meneruskan perjuangan untuk mendorong
pengesahan RUU PKS menjadi UU, lewat gerakan #TBSFightForSisterhood dengan
mengedukasi generasi muda Indonesia melalui berbagai kegiatan yang melibatkan banyak pihak.

Bukan hanya konsen dalam menjual produk kecantikan, The Body Shop® Indonesia juga aware terhadap persoalan perempuan terutama isu kekerasan seksual.

Tak main-main, perusahaan ini juga getol melakukan kampanye anti kekerasan seksual dan mendesak pengesahan RUU PKS.

CEO The Body Shop® Indonesia, Aryo Widiwardhono mengatakan pihaknya melakukan banyak hal dalam rangka mendukung pengesahan RUU PKS. Mereka bahkan sudah melakukan audiensi bersama Anggota DPR ke Gedung Senayan seperti bersama Banleg dan Kaukus Perempuan DPR.

“Bagi kami, isu kekerasan seksual itu penting untuk didorong dan kami melakukan kampanye ‘Stop Sexual Violence’ karena Indonesia sudah darurat kekerasan seksual. Kami akan mengawal terus dengan semangat dan tekad perjuangan hingga RUU Penghapusan Kekerasan Seksual disahkan,” kata Aryo saat membuka Jurnalis Workshop : ‘Indonesia Darurat Kekerasan Seksual dan Pentingnya Pengesahan RUU PKS untuk Melindungi Warga Negara Indonesia Dari Kekerasan Seksual’, Sabtu (20/3/2021).

2. Depth News (Berita Mendalam)

Teks berita depth news disebut juga sebagai tulisan yang memuat laporan yang hendak diberitakannya memiliki nilai berita yang berat, baik dari segi fakta, penggalian data, dan dampaknya kepada masyarakat umum.

Proses penggalian data untuk teks berita ini memerlukan perencanaan, persiapan matang, dan analisa yang mendalam.

Contoh berita:

Wisata Tirta di Medan Jadi ‘Kuburan’ Ratusan Bangkai Babi

Pelayananpublik.id – Lokasi wisata danau Siombak tak lagi indah seperti sebelumnya. Ratusan bangkai babi jadi penyebab rusaknya pemandangan dan mencemari lingkungan danau Siombak.

Danau Siombak merupakan danau buatan yang luasnya sekira 40 hektare. Lokasinya berada di Kelurahan Paya Pasir, Kecamatan Medan Marelan, Kota Medan.

Danau Siombak salah satu lokasi wisata merakyat. Warga tak perlu merogoh kantong dalam-dalam untuk berwisata di sana. Wisata yang murah meriah itu juga kadang jadi lokasi festival pariwisata, salah satunya festival layang-layang.

Namun, beberapa hari belakangan, wisata tirta ini (wisata yang berhubungan dengan air) jadi lokasi pembuangan ratusan bangkai babi.

Bau bangkai sangat menyengat hingga menghilangkan keinginan masyarakat yang ingin berwisata di sana.

“Berwisata di sana sangat murah. Tapi kalau banyak bangkai babi gak mungkin kita ke sana. Kemarin mau ke sana tapi gak jadi. Kalau bisa ditangkap aja orang-orang yang buang bangkai babi itu,” kata seorang warga Marelan bernama Munial (25), Selasa (12/11/2019).

Pada Senin (11/11/2019), ratusan bangkai babi kembali ditemukan mengambang di danau Siombak. Ratusan Bangkai babi ini kemudian dievakuasi oleh petugas BPBD Kota Medan dibantu warga yang tinggal di sekitar danau Siombak.

Tim evakuasi BPBD menyisir danau Siombak dengan menggunakan perahu karet. Dengan menggunakan alat pengait, petugas BPBD menarik bangkai babi tersebut ke sebuah lokasi di Danau Siombak yang dijadikan tempat pengumpulan bangkai babi.

Ratusan bangkai babi tampak sudah dikumpulkan dilokasi tersebut dan diikat ke pohon agar tidak terbawa arus sungai. Nantinya, bangkai babi ini akan dikubur di sekitar Danau Siombak.

Hingga kemarin, pihak pemerintah kota Medan dan provinsi Sumatera Utara (Sumut) sudah menemukan 106 bangkai babi di danau Siombak.

“Saat ini jumlah bangkai yang ditemukan sudah mencapai 106. Ini akan dikuburkan secara massal,” kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Sumut M Azhar Harahap di Danau Siombak, Medan, Senin (11/11/2019).

Disebutkan Azhar, penguburan massal terhadap babi-babi tersebut dilakukan agar tidak mengganggu masyarakat yang ada di sekitar danau. Selain itu juga untuk mengantisipasi potensi pencemaran lingkungan.

“Sampel air yang ada di Danau Siombak dan Sungai Bederah sudah diambil Dinas Lingkungan Hidup Kota Medan, dan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sumut, untuk mengetahui sampai mana tingkat pencemaran yang diakibatkan bangkai-bangkai babi yang dibuang masyarakat ke sungai,” kata Azhar dikutip dari detik.com.

Untuk diketahui, kematian babi yang terdata akibat virus kolera di Sumut telah mencapai 5.800 ekor. Sedangkan pembuangan bangkai babi secara sembarangan ditemukan di 7 kabupaten dan kota, Sumut.

3. Opinion News (Berita Opini)

Opinion news merupakan jenis berita yang berdasarkan pendapat pribadi dari sudut pandangan seseorang tentang suatu hal, ide kreatif, pemikiran atau bisa juga berupa komentar terhadap sesuatu hal yang dianggap penting.

Biasanya, berita opini diambil dari narasumber yang merupakan figur masyarakat, seperti para ahli, cendikiawan, profesor, atau pejabat terutama yang berhubungan dengan suatu masalah atau peristiwa yang sedang dibahas.

Contoh:

Wamenkumham Sebut Menteri yang Korupsi Saat Pandemi Layak Dihukum Mati

Pelayananpublik.id- Korupsi yang dilakukan mantan menteri saat pandemi Covid-19 bukan saja merugikan negara tapi juga membuat rakyat sakit hati. Bagaimana tidak, di tengah kesulitan ekonomi dan susah payah mencari nafkah akibat Covid-19 menteri-menteri tersebut malah dengan tenang memakan uang rakyat.

Yang lebih parah, anggaran untuk bansos yang seharusnya diberikan untuk membantu warga malah dikorupsi.

Terkait itu, Wakil Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Wamenkumham) Edward Omar Sharif Hiariej mengatakan menteri yang korupsi saat pandemi sudah layak dihukum mati.

Dua mantan menteri yang tersandung kasus pidana korupsi di tengah masa pandemi Covid-19 tersebut adalah eks Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo dan eks Menteri Sosial Juliari P Batubara.

Menurutnya, kedua orang itu layak dituntut dengan ketentuan Pasal 2 Ayat 2 Undang-Undang Tindak Pidana Korupsi (Tipikor).

“Yang mana pemberatannya sampai pada pidana mati,” kata Eddy dikutip dari Merdeka.com, Selasa (16/2/2021).

4. Interpretative News (Berita Interpretatif)

Interpretative News merupakan jenis berita yang dikembangkan dari straight news dengan tambahan komentar dan penilaian dari reporter atau narasumber yang berkompeten.

Interpretative news ini merupaka gabungan antara fakta dengan opini atau penilaian reporter atau narasumber.

Contoh:

Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur.

Desa Wae Rebo sangat simpel. Namun pemandangan alamnya luar biasa. Terletak pada ketinggan 1.200 meter di atas permukaan laut.

Bak surga di atas awan, pemandangan desa Wae Rebo berupa pegunungan. Di sana hanya ada 7 rumah adat dengan bentuk kerucut yang terbuat dari kayu dan beratap ilalang yang dianyam.

Jangan berharap ada signal HP di sini. Namun justru karena itu, Desa Wae Rebo menjadi desa wisata tradisional yang menjadi situs warisan budaya dunia oleh UNESCO.

Tak banyak orang Indonesa yang tahu. Tak banyak orang Indonesia yang sudah ke sini. Desa wae Rebo emang menjadi pesona daya tarik wisatawan asing.

Selain rumah adat yang menjadi daya tarik, kehidupan masyarakatnya juga sangat menarik untuk diketahui.

Sumber: http://citizen6.liputan6.com/read/2359223/tanpa-signal-ini-dia-desa-terindah-di-indonesia

5. Investegation News (Berita Investigasi)

Investegation news merupakan berita yang mengembangkan sebuah berita yang didasari oleh penyelidikan atau penelitian dari berbagai sumber.

Contoh:

Tabungan 5 Nasabah BRI Tiba-tiba Terkuras, dari Investigasi Ternyata Korban Skimming

KOMPAS.com – Sebanyak lima nasabah Bank Rakyat Indonesia ( BRI) Cabang Bojonegoro, Jawa Timur, kehilangan tabungan hingga belasan juta rupiah. Para nasabah telah melaporkan kejadian itu ke BRI cabang Bojonegoro.

Terkait kejadian itu, Triswahju Herlina, Pemimpin Wilayah BRI Surabaya menyebut, dari hasil investigasi, nasabah yang kehilangan uang di rekening mereka merupakan korban kejahatan skimming.

“BRI telah melakukan investigasi dan penelusuran, dan ditemukan bahwa nasabah-nasabah tersebut merupakan korban kejahatan skimming,” ujar Triswahju dalam keterangan resmi yang diterima, Rabu (24/2/2021).

Baca juga : Pengertian Buku Teks : Unsur, Fungsi, Manfaat dan Jenisnya

Contoh Teks Berita dengan 5W 1H

Jika dituliskan dalam sebuah teks berita, mengutip dari artikel detik.com 5W 1H paragraf eksposisi contoh penulisan 5W 1H dapat dicontohkan sebagai berikut:

Pertumbuhan ekonomi Indonesia selama beberapa tahun terakhir ini mencapai rata-rata 7-8% per tahun. Hal itu karena adanya kegiatan ekonomi yang semakin masif, terutama pada UMKM. Pemerintah diketahui menggelontorkan kredit usaha rakyat (KUR) sebesar Rp 34,1 triliun.

Dengan demikian, pendapatan per kapita penduduk Indonesia mencapai beberapa kali lipat. Selain itu, berdasarkan data Badan Pusat Statistik, jumlah penduduk yang dikategorikan miskin juga banyak berkurang.

Demikian ulasan mengenai teks berita mulai dari pengertian, fungsi, struktur, ciri, jenis hingga contohnya. Semoga bermanfaat. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *