Masyarakat Sumut Diminta Waspada Covid-19 Jenis B117

Pelayananpublik.id- Masyarakat Sumut diminta mewaspadai varian baru Covid-19 yakni B117 dan lainnya.

Hal itu karena virus jenis baru ini telah ditemukan di Indonesia. Jadi bagi masyarakat yang sudah divaksin, harus tetap melaksanakan protokol kesehatan yang ketat.

Hal itu dikatakan Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Sumut, dr Aris Yudhariansyah dikutip dari Merdeka.com, Kamis (18/3/2021).

bank sumut selamat hari raya idul fitri

“Varian B117 dan lainnya jauh lebih bahaya dari Covid-19,” katanya.

Ia pun meminta Mlmasyarakat diminta tetap disiplin menerapkan 5M yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan membatasi mobilitas. Termasuk, katanya, melakukan vaksinasi Covid-19 untuk mencegah penularan. Aris belum bersedia mengungkapkan nama jenis dan asal dari varian baru tersebut.

“Yang jelas variannya dari luar Wuhan dan Inggris.Jadi bukan hanya B117, tapi ada varian lain, “ujarnya.

Aris tidak membantah bahwa varian baru virus itu sudah masuk ke Sumut. “Yang pasti belum ada korban virus baru itu, kecuali satu pasien B117 yang sudah sembuh, ” katanya.

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi mengaku sudah membentuk tim untuk mengidentifikasi dan mengevaluasi varian baru virus Covid-19 tersebut.

“Pemprov Sumut sudah membentuk tim yang diketuai dr Inke. Sedang dipelajari langkah apa yang akan diambil untuk menangani virus varian baru itu,” katanya (*)