Masyarakat Boleh Mudik Lebaran Tahun Ini, Ikuti Syaratnya

Pelayananpublik.id- Covid-19 membuat pergerakan masyarakat Indonesia terbatas. Pemerintah melarang warganya bepergian ketika ada libur bahkan pada perayaan hari besar keagamaan seperti lebaran tahun lalu.

Namun tahun ini, pemerintah Indonesia mengizinkan warganya untuk mudik atau pulang ke kampung halaman selama libur lebaran.

Begitupun, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mengingatkan mudik dapat dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat.

bank sumut selamat hari raya idul fitri

Meski kembali membuka mudik Lebaran, pemerintah tetap memberikan sejumlah persyaratan kepada calon pemudik. Pertama, mempersingkat masa berlaku alat skrining (penyaringan) covid 19, seperti GeNose, Rapid Test, atau PCR Test.

Kedua, wajib mematuhi protokol kesehatan secara ketat. Seperti memakai masker, melaksanakan jaga jarak, melakukan disinfektasi prasarana/sarana, pemberlakuan pembatasan penumpang dan pengaturan jadwal layanan.

Sementara itu, jumlah pemudik diprediksi meningkat tahun ini. Alasanya adalah karena sebagian masyarakat sudah divaksin.

Kemudian, ada tes GeNose yang dipasang di stasiun kereta api dengan harga murah juga membuat masyarakat ingin melakukan perjalanan jauh.

Selain itu, relaksasi pajak PPnBm 0 persen juga turut meningkatkan minat masyarakat untuk membeli mobil. Jadi diprediksi pemudik denga. kendaraan pribadi juga bertambah.

Meski begitu, Menhub Budi menyatakan lonjakan penumpang diprediksi belum pulih seperti sebelum ada virus corona. Dalam paparan Menhub, penumpang angkutan darat seperti bus diprediksi masih menurun dari 4,19 juta menjadi 2,57 juta penumpang atau turun sekitar 38 persen berbanding dari tahun 2019 silam.

Sementara, angkutan penyeberangan seperti ASDP Ferry diperkirakan mengalami lonjakan yakni dari 4,40 juta menjadi 4,49 juta penumpang atau sekitar 2 persen.

Lalu angkutan perkeretaapian turun 59 persen, angkutan udara turun 60 persen dan angkutan laut turun 50 persen.

Menhub sendiri membeberkan, tidak akan ada larangan mudik Lebaran untuk tahun ini. Kendati pihaknya akan menyiapkan pelaksanaan mudik yang lebih ketat dan memfokuskan tracing terhadap mereka yang hendak bepergian. (*)