Musim Bencana, Ini yang Harus Anda Lakukan Saat Gempa

Pelayananpublik.id– Indonesia sedang menghadapi bencana beruntun di awal 2021. Baik banjir bandang, erupsi gunung berapi, hingga gempa.

Gempa bumi bahkan baru saja terjadi di wilayah Melonguane, Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara (Sulut). Lindu ini berkekuatan magnitudo 7,1 dengan kedalaman 154 kilometer.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Kamis (21/1/2021), gempa ini terjadi pada pukul 19:23:07 WIB. Namun, BMKG mengatakan gempa ini tidak berpotensi tsunami, namun bisa terjadi lindu susulan.

“Gempa tidak berpotensi tsunami. Hati-hati terhadap gempa bumi susulan yang mungkin terjadi,” tulis BMKG dilansir dari laman resminya www.bmkg.go.id.

Episenter gempa berada pada garis 4.98 Lintang Utara (LU) dan 127.38 Bujur Timur (BT). Lokasi lindu berada pada 134 kilometer timur laut Melonguane.

Sebelumnya gempa besar juga terjadi di Mamuju dan Majene Sulawesi Barat. Gempa yang berkekuatan 6,9 SR itu menelan pulugan korban jiwa dan merusakkan ribuan rumah.

Lalu apa yang harus dilakukan ketika gempa?

1. Ketika gempa, tetap tenang dan jangan panik.

2. Jika di dalam gedung, cari tempat berlindung seperti di bawah meja atau benda lain yang terlihat kokoh.

3. Jika memungkinkan segera keluar dari gedung dengan tenang, perhatikan langkah Anda terutama jika melewati tangga. Jangan gunakan lift.

3. Jika berada di luar bangunan atau area terbuka hindarilah bangunan yang ada di sekitar Anda seperti gedung, tiang listrik, pohon. Perhatikan tempat Anda berpijak, hindari apabila terjadi rekahan tanah. Cari tempat yang lapang untuk berkumpul.

4. Jika Anda sedang mengendarai mobil, segera keluar, turun dan menjauh dari mobil hindari jika terjadi pergeseran atau kebakaran.

5. Jika Anda tinggal atau berada di pantai: jauhi pantai untuk menghindari bahaya tsunami.

6. Jika Anda tinggal di daerah pegunungan: apabila terjadi gempabumi hindari daerah yang mungkin terjadi longsoran.

7. Periksa apa ada yang terluka, lakukan P3K; telepon atau mintalah pertolongan apabila terjadi luka parah pada Anda atau sekitar Anda.

8. Periksa lingkungan sekitar Anda: apabila terjadi kebakaran, apabila terjadi kebocoran gas, apabila terjadi hubungan arus pendek listrik. Periksa aliran dan pipa air, periksa apabila ada hal-hal yang membahayakan.

9.Jangan memasuki bangunan yang sudah terkena gempa,karena kemungkinan masih terdapat reruntuhan.

10. Jangan berjalan di daerah sekitar gempa, kemungkinan terjadi bahaya susulan masih ada.

11. Dengarkan informasi mengenai gempabumi dari radio (apabila terjadi gempa susulan). Jangan mudah terpancing oleh isu atau berita yang tidak jelas sumbernya.

12. Jangan panik dan jangan lupa selalu berdoa kepada Tuhan demi keamanan dan keselamatan kita semuanya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *