Gelombang 12 Kartu Prakerja Belum Dibuka, Waspada Penipuan

Pelayananpublik.id- Meski sempat menuai kontroversi, program Kartu Prakerja ternyata mendapat respon yang luar biasa dari masyarakat. Masyarakat menanti-nanti kapan gelombang baru program tersebut dibuka tahun ini.

Kemenaker memang berencana akan membuka kembali pendaftaran Kartu Prakerja pada 2021 yakni gelombang 12. Namun belum ada kabar pasti kapan program itu akan dibuka kembali.

Nah, masyarakat diminta tetap waspada agar tidak termakan berita hoaks yang mengatakan gelombang 12 sudah dibuka.

Hal itu diketahui dari postingan akun Instagram @prakerja.go.id, Selasa (19/1/2021). Postingan tersebut meminta masyarakat hati-hati terhadap penipuan berkedok pendaftaran Prakerja Gelombang 12.

“Sobat Prakerja, mohon berhati-hati bila mendapatkan informasi pembukaan gelombang 12 Kartu Prakerja. Bisa jadi itu penipuan loh,” tulis admin akun tersebut.

Masyarakat juga diminta jeli karena pendaftaran Kartu Prakerja hanya bisa dilakukan di laman www.prakerja.go.id.

“Mohon diperhatikan situs diakhiri dengan go.id,” tulis pesan tersebut.

(Baca juga: Awas Ada Situs Palsu Kartu Prakerja, Begini Cara Menyikapinya )

Dengan memperhatikan nama situsnya sendiri, masyarakat diharapkan tidak membagikan informasi pribadi seperti NIK, foto KTP dan sebagainya kepada orang tidak bertanggungjawab.

Terkait pembukaan Gelombang 12 Kartu Prakerja sendiri belum dijadwalkan waktunya. Namun jika sudah dibuka, akan diumumkan lewat website dan media sosial resmi Prakerja.

Sementara netizen yang menulis komentar di postingan tersebut mengaku menerima pesan Whatsapp tentang pembukaan gelombang 12 Kartu Prakerja dan diminta untuk mengklik link pendaftaran yang dicantumkan pada pesan tersebut.

Sesudahnya mereka akan diminta mengisi informasi pribadi seperti NIK, KK dan lainnya. Dan tak sedikit pula yang sudah mendaftar pada link palsu tersebut.

Perlu Anda ketahui, jika Anda mengisi formulir di website palsu itu, Anda rawan terkena kejahatan phising. Dimana orang bisa menyamar menjadi Anda.

Ingatlah agar tidak memberikan kode apapun (biasanya kode OTP) yang dikirim baik melalui WA maupun SMS. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *