Antisipasi Pemalsuan, Surat Hasil Tes Covid-19 Kini Akan Diperiksa Pakai Aplikasi eHAC

Pelayananpublik.id- Maraknya surat keterangan hasil tes Covid-19 yang palsu membuat pemerintah memperketat aturan khususnya di bandara.

Salahsatunya adalah bandara akan menggunakan aplikasi eHAC untuk mengecek keaslian surat keterangan tes Covid-19.

Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta Agus Haryadi mengatakan sebagai bagian dari upaya meningkatkan kewaspadaan, saat ini perseroan dan Kementerian Kesehatan tengah berkoordinasi untuk menerapkan secara masif pemeriksaan surat keterangan hasil tes Covid-19 secara digital melalui aplikasi eHAC.

bank sumut selamat hari raya idul fitri

Ia pun mengingatkan agar penumpang berhati-hati dengan penipuan surat hasil tes Covid-19 dan untuk tidak mencoba memalsukan surat hasil tes tersebut.

“Penumpang agar berhati-hati terhadap adanya upaya penipuan berkaitan dengan surat hasil tes, lalu menolak praktik percaloan yang menawarkan surat hasil tes palsu, dan jangan memalsukan surat hasil tes,” kata Agus dikutip dari Bisnis.com, Selasa (19/1/2021).

Ia mengatakan setiap calon penumpang yang melakukan tes Covid-19 di fasilitas kesehatan yang terdaftar di eHAC milik Kementerian Kesehatan akan dapat melakukan validasi surat keterangan hasil tes secara digital oleh KKP Kemenkes untuk mendapatkan barcode.

“Kemudian, barcode tersebut bisa ditunjukkan langsung di konter check-in di bandara,” lanjutnya.

Validasi digital surat hasil tes Covid-19 melalui eHAC akan dilakukan penuh pada Februari 2021.

Saat ini, kata dia, AP II juga tengah membangun sistem Airport ID bagi penumpang pesawat di Bandara Soekarno-Hatta untuk mendukung terpenuhinya protokol kesehatan termasuk terkait persyaratan tes Covid-19.

“Di Bandara Soekarno-Hatta saat ini sudah terdapat 8 titik Airport Health Center untuk tes Covid-19, dengan 3 alternatif layanan yaitu pre-order service, drive thru service, dan walk in service,” jelasnya.

Selain itu, penumpang juga bisa mengirimkan surat hasil dari setiap tes Covid-19 yang dilakukan di Airport Health Center ke aplikasi eHAC untuk dilakukan validasi oleh KKP Kemenkes dan mendapatkan barcode untuk ditunjukkan di konter check-in. Tentu sebelum melakukan ini calon penumpang wajib mendownload aplikasi eHAC di smartphone terlebih dahulu. (*)