Waspada Kejahatan di ATM, Uang Tidak Keluar Karena Ditutup Perekat

Pelayananpublik.id- Mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) merupakan tempat yang didatangi banyak orang untuk mengambil uang tabungan secara cash dan cepat. Mesin ATM pun tersebar di berbagai tempat termasuk di tempat ramai seperti pusat perbelanjaan dan pom bensin.

Meskipun ramai, bukan berarti tidak ada orang jahat yang beraksi di sana. Jadi tidak ada salahnya Anda selalu waspada setiap kali Anda menggunakan mesin ATM. Sebab modus kejahatan di ATM pun semakin beragam.

Seperti kejadian yang baru-baru ini viral di media sosial. Seorang pengguna mesin ATM menemukan modus baru penipuan ketika ia hendak mengambil uangnya.

Ia menemukan bagian tempat uang keluar di mesin ATM direkatkan dengan karton yang dibuat mirip dengan aslinya. Alhasil, mereka mengira uang mereka tidak keluar, padahal itu karena lubangnya ditutup.

Kejadian seperti ini baru saja terjadi di Bekasi, Jawa Barat. Untuknya nasabah yang menarik uangnya di mesin ATM tersebut tidak tertipu dan mengetahui modus kejahatan tersebut.

Video modus kejahatan ATM itu diunggah oleh akun Instagram @uum_main_hujan, Jumat (20/11/2020)

Dalam video itu diceritakan seorang pria menarik uang sejumlah Rp 150 ribu rupiah di sebuah ATM yang berada di Pom Bensin yang berada di kawasan Kali Malang Tambun, Bekasi belum lama ini.

Usai menarik uang tersebut, mesin ATM tidak mengeluarkan uang. Setelah diteliti ternyata ada yang salah dengan mesin ATM tersebut. Terdapat sebuah perekat yang menutup bagian mesin yang mengeluarkan uang.
Video ini pun langsung viral dan dibagikan oleh berbagi media sosial lain

Bagian mesin ATM yang mengeluarkan uang ternyata ditutup dengan sebuah plat diberi perekat. Sehingga uang pun tidak keluar. Usai tahu bahwa mesin ATM ditutup dengan perekat, ia pun membukanya dan ternyata terdapat uang Rp 150 ribu yang sebelumnya ia tarik dari saldo tabungannya.

Sebelumnya, usai menarik uang dan tidak keluar uangnya. Pria ini pun sempat menanyakan ke petugas Pom Bensin dan hanya menyangka bahwa mesin ATM tersebut kehabisan uang.

Terkait itu, para pengguna ATM harus lebih waspada apalagi ada hal mencurigakan. Jika uang tidak keluar, ada baiknya periksa mesin ATM tersebut. Dan waspada jika ada orang lain di sekitar Anda. Biasanya pelaku ada di sekitar untuk menunggu Anda pergi lalu mengambil uang Anda.

Untuk lebih amannya, usahakan datangi ATM yang ada satpamnya. Sebab jika terjadi sesuatu, Anda bisa langsung melapor. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *