Apa Itu Gerbang Logika, Fungsi Hingga Jenisnya

Pelayananpublik.id- Dalam dunia elektronika ada beragam istilah yang harus dipahami khususnya bagi pemula. Salahsatunya adalah gerbang logika atau Logic Gates.

Secara umum, pengertian gerbang logika adalah
sebuah entitas untuk melakukan pengolahan input-input yang berupa bilangan biner memakai Teori Matematika Boolean sehingga dihasilkan sebuah sinyal output yang dapat digunakan untuk proses berikutnya.

Gerbang logika juga diartikan sebagau suatu piranti dalam elektronika sebagai pembentuk sistem digital yang melakukan pengolahan input (data masukan) menjadi sinyal output (data keluaran) untuk bisa diolah lagi di proses berikutnya.

Secara elektronis, gerbang logika (logic gates) dibentuk oleh rangkaian sederhana. Rangkaian sederhana itu terdiri dari komponen integrated circuit (IC), transistor dan juga dioda.

Lalu sinyal yang diproses nantinya hanya terdapat 2 kode saja yaitu 0 dan 1 karena sinyal yang diproses oleh gerbang logika adalah berupa bilangan biner.

Fungsi Gerbang Logika

Dari penjelasan di atas bisa disimpulkan fungsi gerbang logika antara lain adalah untuk melakukan fungsi logika dasar. Yakni sebagai pembentuk sirkuit digital yang terintegrasi, kebanyakan gerbang logika terdiri dari 2 input nilai biner.

Juga membuat outputnya berupa bilangan 1 atau 0 atau yang lazim disebut true atau false.

Komponen IC logic yang sederhana, contohnya IC logic TTL 7408 bisa jadi terdiri dari beberapa gerbang logika saja. Jadi gerbang logika itu biasa digunakan pada rangkaian berikut :

– Rangkaian flip flop

– Rangkaian pengaman dengan kode kunci rahasia

– Rangkaian counter

– Rangkaian Multiplexer

– Rangkaian Demultiplexer

– Rangkaian Encoder, fungsinya untuk merubah suatu bilangan menjadi bentuk biner

– Rangkaian Decoder, fungsinya untuk merubah bilangan biner ke bilangan lain

Nah, IC mikroprosesor (microprocessors) yang sangat kompleks, bisa memiliki jutaan gerbang logika. Komponen IC seperti ini biasa disebut chip. Contohnya IC microprosessor adalah adalah Chip INTEL Stratix 10GX dengan jumlah logic sebanyak 10.2 juta logic

Jadi dengan kombinasi jutaan gerbang logika itu, bisa dibangun suatu operasi digital yang kompleks.

Sedangkan jumlah maksimum gerbang logika tergantung pada ukuran chip mikroprosesor yang dibagi ukuran dari gerbang logik tersebut.

Jenis Gerbang Logika

Gerbang logika dasar terbagi tiga yakni AND, OR dan NOT.

Sedangkan gerbang logika turunan terdapat empat jenis yakni NOR, XOR, XNOR dan NAND.

1. AND Gate

AND Gate adalah sebuah gerbang logika dasar yang nilai outputnya akan bernilai logika 1 ketika semua inputnya yang terdiri dari minimal 2 input yaitu X dan Y dalam kondisi mendapat input bernilai logika 1.

Prinsip kerja gerbang AND ini sesuai namanya gerbang AND / dalam bahasa indonesia berarti “dan” atau identik juga dengan saklar seri dimana supaya rangkaian bekerja maka kedua saklar harus dalam posisi ON.

2. NOT Gate

NOT Gate merupakan gerbang logik dasar yang output-nya selalu kebalikan dari nilai input, misalnya jika inputnya bernilai logika 1 maka output akan bernilai logika 0 dan sebaliknya.

NOT Gate adalah satu satunya logic gate yang hanya terdapat logika 1 input saja, karena sifatnya ini sering disebut juga sebagai inverter.

3. OR Gate

OR Gate yakni sebuah gerbang logika dasar yang outputnya akan bernilai logika 1 jika salah satu atau keduanya dari input logik mendapat nilai logika 1, output akan bernilai logika 0 ketika semua input dalam keadaan logika 0.

Di dalam sebuah rangkaian saklar, OR gate identik dengan saklar yang disusun paralel yakni hanya diperlukan satu switch saja yang dalam posisi ON supaya rangkaian bekerja.

4. NAND Gate

NAND Gate merupakan gerbang kombinasi dari AND dan NOT, sehingga outputnya juga akan kebalikan dari AND gate dengan demikian outputnya hanya akan bernilai logika 1 jika semua input dalam keadaan logika 0 sedangkan jika semua input dalam keadaan menerima input logika 1 maka output akan menghasilkan logika 0.

5. NOR Gate

NOR Gate adalah gerbang logika yang memiliki prinsip kerja seperti kombinasi dari gerbang OR dan gerbang NOT sehingga output dari gerbang ini hanya akan bernilai logika 1 ketika semua gerbang inputnya dalam keadaan logika 0. Pada kondisi selain seperti tadi, misalnya salah satu atau kedua input dalam keadaan logika 1 maka output akan tetap bernilai logika 0.

6. XOR Gate

Gerbang logika XOR adalah singkatan dari EXclusive OR gate yang outputnya hanya akan bernilai logika 1 jika salah satu input X atau Y dalam keadaan bernilai logika 1, ketika semua inputnya dalam keadaan logika 0 atau dalam keadaan logika 1 maka output akan tetap logika 0.

7. XNOR Gate

Gerbang logika XNOR adalah singkatan dari EXclusive NOR gate yang berarti outputnya adalah kebalikan dari gate XOR. Output gerbang XNOR hanya akan bernilai logika 1 jika kedua input X dan Y dalam keadaan logika 1 atau dalam keadaan logika 0, dalam keadaan input tidak sama antara X dan Y maka output akan tetap logika 0.

Demikian ulasan mengenai apa itu gerbang logika, fungsi dan jenis-jenisnya. Semoga bermanfaat. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *