Arti OSI, Fungsi, Layer, Hingga Cara Kerjanya

Pelayananpublik.id- Satu lagi istilah mengenai komputer dan network yang akan kita bahas adalah Open System Interconnection (OSI).

Pengertian OSI adalah acuan arsitektural utama untuk network yang mendeskripsikan bagaimana data dan informasi network di komunikasikan dari suatu aplikasi komputer ke lainnya melalui sebuah media transmisi.

Sehingga mempermudah pengertian, penggunaan, desain, pengolahan data dan keseragaman standar vendor dan juga sebagai panduan bagi vendor agar devicenya dapat berjalan di jaringan.

OSI diciptakan oleh International Organization for Standarzidation (ISO) yang menyediakan kerangka berbentuk logika yang telah terstruktur tentang bagaimana proses suatu komunikasi data yang berinteraksi melalui sebuah jaringan.

Dalam sistem komputer ada yang disebut dengan OSI layer yang juga sering disebut sebagai lapisan. Hal itu karena OSI diciptakan dalam bentuk berlapis – lapis.

Fungsi Layer OSI

OSI layer tersiri dari tujuh lapisan yakni:

– Phycal layer yakni layer pertama yang berhubungan dengan fisik. Ia berhubungan erat dengan fungsi sebuah sinyal dan phycal ini merupakan layer yang paling dekat dengan hardware.

– Data Link Layer yakni layer yang berfungsi untuk mengkoreksi kesalahan pada tiap layer yang kita buat.

– Network Layer yakni layer berfungsi membantu meendefinisikan suatu alamat IP atau suatu internet protocol, sehingga setiap komputer dapat saling berhubungan satu sama lain dengan satu jaringan.

– Transport Layer yaitu layer yang fungsinya sebagai pengantar suatu data yang dikirimkan dari satu komputer ke komputer lain. Fungsi lain transport layer adalah memudahkan setiap data yang saling berjalan dari server menuju client tanpa ada gangguan sedikitpun.

– Session Layer, layer yang berperan utama untuk meendefinisikan bagaimana sebuah jaringan dapat dibuat atau dibangun, dan juga dapat berperan sebagai management dari sebuah koneksi sehingga dapat untuk menghancurkan atau menjaga sebuah koneksi.

– Prestation Layer, merupakan layer yang berfungsi sebagai penerjemah data yang akan ditransmisikan dari sebuah aplikasi atau untuk sebuah aplikasi.

– Application Layer, adalah perantara pada saat data mulai ditransfer dari satu komputer ke komputer lain, dan juga merupakan lapisan akhir yang dilewati pada saat penerimaan data dari komputer client.

Hal lain yang perlu Anda pahami adalah prinsip OSI layer. Prinsip OSI Layer adalah memahami bagaimana cara kerja suatu OSI layer jaringan sehingga pengguna tidak terlalu bingung untuk memakai OSI layer ini.

Jadi, layer harus dibuat dalam tingkatan abstraksi yang berbeda antar tingkatan dan pada setiap layer yang kita akan buat harus memiliki suatu fungsi tertentu atau berbeda pula.

Selain itu, salahsatu layer harus berada di bawah salahsatu layer lainnya yang berfungsi sebagai pendukung fungsi salah satu layer yang berada di atas layer tersebut.

Adapun salah satu layer yang harus kita pilih sesuai dengan ketentuan standar pada suatu protocol internasional agar layer tersebut berjalan dengan baik dan tidak sulit dipakai oleh pengguna.

Pada batasan layer kita harus meminimalisir suatu aliran informasi yang melewati interface agar pada saat kita mengirim informasi tidak terlalu sulit di terima oleh pengguna lainnya.

Cara Kerja OSI Layer

Cara kerja OSI layer termasuk panjang dan rumit. Berikut adalah tahapan kerja OSI layer.

– Application layer mengirim data ke komputer lain

– Presentation layer melakukan konversi email menjadi format jaringan

– Kemudian, session layer membentuk sesi perjalanan data sampai proses pengiriman selesai dilaksanakan

– Setelah itu, transport layer pengirim memecah data dan dikumpulkan lagi di transport layer penerima

– Lalu network layer akan membuatkan sebuah alamat dan menuntun data sampai ke tujuan

– Data link layer kemudian membentuk data menjadi frame dan juga alamat fisik

– Setelah itu, di physical layer data akan dikirim lewat medium jaringan ke lapisan transport penerima

– Kemudian alur berbalik dari physical layer ke application layer pada komputer penerima.

Demikian penjelasan mengenai Open System Interconnection (OSI), pengertian, layer dan fungsinya serta cara kerjanya. Semoga menambah wawasan Anda. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *