Apa itu GUI, Sejarah, Fungsi Hingga Contohnya

Pelayananpublik.id- Satu lagi istilah mengenai dunia komputer yang akan kita bahas adalah
Graphic User Interface (GUI) atau antarmuka pengguna grafis.

GUI adalah suatu sistem yang membuat para pengguna atau user memapu berinteraksi dengan suatu perangkat komputer yang digunakan oleh si user tersebut. GUI sendiri dapat dikendalikan menggunakan beberapa macam alat input, seperti mouse, keyboard, touchscreen, dan lain sebagainya.

Sistem Operasi GUI secara umum akan ada jendela, menu, tombol, ikon, dan lainnya yang didesain supaya penggunanya lebih mudah dalam berinteraksi dengan sistem operasi atau aplikasi.

Sedangkan dalam penerapannya GUI lebih banyak digunakan untuk kebutuhan pengguna umum, karena tujuannya lebih ke User Friendly

Nah, ketika Anda ingin mendengar musik dari gadget Anda, Anda akan tinggal menyentuh satu tombol dalam layar ponsel Anda, itu salahsatu contoh GUI.

Karena GUI diciptakan untuk memudahkan pegguna berinteraksi dengan perangkat komputernya, jadi pengguna tidak perlu mengetik teks perintah yang ingin dijalankan. Bisa bayangkan kan, kalau ingin mendengar musik Anda harus mengetik “dengar musik” terlebih dahulu. Sungguh merepotkan.

Dengan adanya GUI, user akan hanya perlu mengeklik gambar atau ikon yang sudah dibuat oleh suatu software tersebut, karena Graphic user interface ini telah mengkonversi perintah tersebut menjadi ikon di dalam layar komputer yang dapat diklik untuk menjalankan fungsinya.

Fungsi GUI

Secara sederhana fungsi GUI adalah mempermudah user menggunakan sebuah software dalam komputer. Karena GUI mempermudah user dengan satu klik bisa menampilkan sebuah aplikasi, bukan lagi dengan cara mengetiknya.

Sejarah Graphic User Interface (GUI)

Di awal kemunculannya untuk penggunaan komputer memang sangat ribet. Hal itu karena teknologi yang digunakan belum berkembang seperti sekarang. Jadi untuk membuat perintah, user harus mengetikkan sesuatu lewat keyboard. Misalnya ingin membuka Microsoft Word, maka user harus mengetikkannya. Beda dengan sekarang yang tinggal klik ikon bergambar kertas dengan huruf W berwarna biru.

Selain itu hanya orang-orang tertentu saja yang bisa mengoperasikannya. Oleh karena itu para ahli terdorong untuk dapat menciptakan sesuatu yang dapat digunakan oleh kebanyakan orang dengan cara yang praktis dan mudah diingat.

Akhirnya lahirlah Graphic User Interface yang menampilkan semua menu, ikon, alat penunjuk lainnya yang menggantikan perintah ketik di shell. Hal ini membuat pengguna komputer menjadi lebih mudah untuk mengoperasikan sebuah perangkat daripada mengingat perintah yang menggunakan teks pada sebuah kotak komando tertentu.

Hal ini dikarenakan bahwa manusia lebih mudah mengingat gambar dibandingkan tulisan. Graphic User Interface pertama kali digunakan pada operation sytem yang diproduksi oleh Steve Jobs yakni Machintosh.

Beberapa tahun setelahnya sistem operasi lain mengikutinya, seperti Microsoft dengan GUI Windows-nya. Tapi di zaman sekarang Mac OS lah yang disebut-sebut sebagai OS yang ber GUI terbaik. Padahal mayoritas dari mereka menggunakan Windows.

Bahkan pengguna Mac juga tidak sedikit yang menginstal Windows di dalam Macintoshnya Pada perkembangannya, penggunaan Graphical User Interface banyak juga diterapkan pada beberapa jenis usaha yang spesifik, Sebagai contoh yaitu ATM dan sebagainya.

Contoh GUI

1.Windows (Microsoft)

Mircorost Windows merupakan sitem operasi yang dikembangkan menggunakan antarmuka berbasis GUI.

2. Unix

UNIX merupakan Sistem Operasi yang diciptakan oleh Ken Thompson dan Dennis Ritchie, dikembangkan oleh AT&T Bell Labs. UNIX didesain sebagai portable operation system, Multi-Tasking dan Multi-User.

Sistem Operasi UNIX lebih menekankan diri pada Workstation dan Server, Karena faktor ketersediaan dan kompatibilitas yang tinggi menyebabkan UNIX dapat digunakan, disalin dan dimodifikasi sehingga UNIX pun dikembangkan oleh banyak pihak dan menyebabkan banyak sekali varian dari UNIX ini.

3. Linux

Linux ini awalnya dikembangkan oleh Linus Torvalds yang pada mulanya sekedar emulasi terminal yang dibutuhkan untuk mengakses server UNIX di Universitasnya.

Linux merupakan kloningan dari MINIX (Salah satu varian UNIX), peralatan sistem dan pustakanya umumnya berasal dari Sistem Operasi GNU.

Linux memiliki banyak desain yang berasal dari disain dasar UNIX, Linux menggunakan Kernel Monilitik yaitu Kernel Linux yang menangani kontrol prosses, jaringan, periferal, dan pengaksesan sistem berkas. Sama seperti UNIX, Linuxpun dapat dikendalikan oleh satu atau lebih antarmuka baris perintah (Command Line Interface/CLI) berbasis teks, antarmuka pengguna grafis (Graphical User Interface/GUI) yang merupakan konfigurasi bawaan untuk versi dektop.

Widget GUI

Widget GUI diciptakan, dioperasikan dan dihapus (dikeluarkan) oleh software aplikasi melalui toolkit API, contohnya:

– Box field
– Table field
– Button
– Radio field
– Toggle field
– Bar field
– Scroll bar
– Slide bar

Dmikian penjelsan singkat mengenai GUI, mulai pengertian, fugsi, sejarah hingga contoh-contohnya. Semoga bermanfaat. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *