Berita Asahan

Pandemi Covid-19, Ketersediaan Sembako di Asahan Jelang Ramadan Masih Aman

Pelayananpublik.id – Kepala Dinas Koperasi dan Perdagangan Witoyo menerangkan bahwa ketersediaan stok sembako di Kabupaten Asahan jelang bulan Ramadan masih aman.

“Di tengah ancaman penyebaran virus corona, ketersediaan stok sembako di Kabupaten Asahan masih sangat mencukupi bahkan hingga menjelang datangnya bulan Ramadan 1441 H mendatang,” ujar Witoyo kepada awak media di Kisaran pada Jumat (20/03/2020).

Dia menyampaikan dalam menghadapi ancaman corona yang saat ini sedang pandemi di seluruh penjuru negeri, Pemerintah Kabupaten Asahan menjamin ketersediaan stok pangan masih sangat mencukupi.

“Sesuai instruksi Bupati Asahan, kita telah lakukan peninjauan stock bahan pangan di beberapa pasar yang ada di seputaran Kab. Asahan. Dan dari hasil peninjauan di lapangan, kita pastikan bahan pokok cukup tersedia,” kata Witoyo.

Dirinya juga mengakui ada beberapa bahan kebutuhan yang mengalami kenaikan harga pada monitoring harga yang mereka laksanakan 20 Maret 2020 lalu.

Ada dua jenis bahan yang sedikit mengalami kenaikan diantaranya gula kristal putih dari harga Rp.16 ribu menjadi Rp.17 ribu per kilogramnya, demikian juga dengan harga telur ayam buras mengalami kenaikan dari Rp.1.400 menjadi Rp.1.450 per butirnya.

“Sementara untuk harga lainnya masih tetap stabil. Kita berharap agar masyarakat tetap tenang serta tidak melakukan aksi borong kebutuhan pokok dalam menghadapi situasi dan kondisi saat ini,” pungkas Witoyo. (sis)