Apa Itu PHP, Fungsi dan Kenapa Digunakan Dalam Pemrograman Website?

Pelayananpublik.id- Dalam dunia website, ada yang namanya HTML, yang sering juga terdengar adalah PHP. Istilah PHP juga sering digunakan dalam pemrograman website. Lalu apa itu PHP?

PHP disini tentunya bukan berarti Pemberi Harapan Palsu. PHP dalam dunia pemrograman website adalah Bahasa pemrograman yang digunakan untuk mengembangkan situs web statis atau situs web dinamis atau aplikasi Web. PHP singkatan dari Hypertext Pre-processor, yang sebelumnya disebut Personal Home Pages.

Script sendiri merupakan sekumpulan instruksi pemrograman yang ditafsirkan ketika runtime. Sedangkan bahasa scripting adalah bahasa yang menafsirkan script sewaktu runtime. Script juga biasanya tertanam di perangkat lunak lainnya.

PHP merupakan scripting server-side, oleh karenanya jenis bahasa pemrograman ini nantinya berbentuk script/program dan akan dijalankan/diproses oleh server. Berbeda dengan javascript yang client-side.

PHP merupakan bahasa pemrograman umum, artinya itu juga dapat disematkan ke dalam kode HTML, atau dapat digunakan dalam kombinasi dengan berbagai sistem template web, sistem manajemen konten web, bahkan kerangka kerja web.

PHP ini pada awalnya dikembangkan pada tahun 1995 oleh Rasmus Lerdorf, dan sekarang dikelola oleh The PHP Group. Situs resmi PHP beralamat di http://www.php.net.

Kini, PHP bisa digunakan dengan gratis karena bersifat Open Source. PHP dirilis dalam lisensi PHP License, dan memiliki sedikit perbedaan dengan lisensi GNU General Public License (GPL) yang biasa digunakan untuk proyek Open Source.

Kemudahan dan kepopuleran PHP sudah menjadi standar bagi programmer web di seluruh dunia. Wikipedia menyebut di Februari 2014, ada sekira 82% dari web server di dunia yang memakai. PHP juga menjadi dasar dari aplikasi CMS (Content Management System) populer seperti Joomla, Drupal, dan WordPress.

Bahasa Pemrograman dan Scripting

Dalam membuat website, terdapat dua jenis bahasa yakni bahasa pemrograman dan bahasa scripting. Keduanya memiliki beberapa perbedaan misalnya bahasa pemrograman memiliki semua fitur yang diperlukan untuk membangun dan mengembangkan aplikasi yang lengkap. Sedangkan Bahasa scripting Paling banyak digunakan untuk tugas-tugas rutin.

Selain itu dalam bahasa pemrograman, kode harus dikompilasi terlebih dahulu sebelum dapat dieksekusi. Sedangkan dalam bahasa scripting kebanyakan kode ini biasanya dijalankan tanpa adanya kompilasi.

Kemudian bahasa pemrograman, tidak perlu disematkan ke bahasa lain. Sedangkan scripting tertanam ke dalam lingkungan perangkat lunak lain.

Fungsi PHP

– PHP memiliki fungsi untuk membuat atau mengembangkan situs web statis maupun web dinamis serta aplikasi Web.

– PHP membuat website dinamis, serta bisa digunakan untuk menyimpan data di database juga membuat halaman yang dapat diubah sesuai dengan input user, bisa dipakai untuk memproses form, dan sebagainya.

– Dalam membuat file PHP dapat digabung menggunakan tag html, Dan ketika tanpa menggunakan tag html apa pun disebut file PHP Murni. Server menginterpretasikan kode PHP dan mengeluarkan hasilnya sebagai kode HTML ke browser web. Agar server mengidentifikasi kode PHP dari kode HTML, kita harus selalu menyertakan kode PHP dalam tag PHP.

Alasan Menggunakan PHP

PHP merupakan bahasa pemrograman yang populer di kalangan web programmer. Padahal banyak bahasa pemrograman yang bisa dipakai untuk membuat website. Lalu kenapa PHP dipakai dalam pembuatan website?

1. Bahasa yang bersifat open source dan gratis.

2. PHP lebih dimengerti, karena proses belajar pemrograman PHP yang lebih singkat dibandingkan dengan bahasa lain seperti JSP, ASP dan sebagainya.

3. Komunitasnya punya banyak dokumentasi lebih besar

4. Sebagian besar server web hosting mendukung PHP secara default jadi cukup hemat biaya.

5. PHP juga diupdate secara teratur untuk mengikuti tren teknologi terbaru.

6. PHP adalah bahasa scripting sisi server ; yang berarti hanya perlu menginstalnya di server dan komputer klien yang meminta sumber daya dari server tidak perlu menginstal PHP; hanya peramban web saja sudah cukup.

7. PHP bekerja sama dengan MySQL ; Hal ini tidak berarti dapat menggunakan PHP dengan sistem manajemen basis data lainnya. Anda masih dapat menggunakan PHP dengan Postgres, Peramal, MS SQL Server ODBC dll.

8. Bahasa lintas platform, artinya PHP terdapat pada aplikasi di sejumlah sistem operasi yang berbeda seperti windows, Linux, Mac OS dll. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *