Arti Pemanasan Global, Penyebab, Dampak Hingga Contohnya

Pelayananpublik.id- Istilah pemanasan global bukan lagi hal asing yang kita dengar sehari-hari. Pemanasan global yang juga disebut global warming disebut-sebut akan mengancam kehidupan makhluk hidup di bumi.

Pemanasan juga disebut terjadi karena ulah manusia. Apa saja yang dilakukan manusia hingga memicu pemanasan global? Yuk simak artikel berikut ini!

Pengertian Pemanasan Global

Pemanasan global adalah memanasnya iklim bumi secara umum dan luas. Bertambahnya panas dari tahun ke tahun di bumi membuat beberapa tempat di wilayah tertentu mengalami perubahan yang cukup ekstrim.

Salahsatu contohnya adalah kutub utara yang dikabarkan sebagian esnya telah mencair sehingga daratan es berkurang dan berubah menjadi laut es.

Jika itu terus terjadi dan bukan tidak mungkin seluruh es mencair dan membuat dataran di sekitarnya tenggelam.

Meningkatnya suhu global diperkirakan akan menyebabkan perubahan-perubahan yang lain seperti naiknya permukaan air laut, perubahan jumlah dan pola presipitasi, dan lainnya.

Faktor Penyebab Pemanasan Global

Pemanasan global tidak serta merta terjadi secara tiba-tiba. Pemanasan permukaan bumi itu terjadi perlahan-lahan seiring semakin banyaknya faktor pemicunya.

Penyebab pemanasan global adalah manusia dan segala aktivitasnya. Berikut adalah penyebab munculnya pemanasan global.

1. Efek Rumah Kaca

Salahsatu penyebab pemanasan global adalah efek rumah kaca. Ini bukan berarti rumah-rumah kaca menyebabkan pemanasan global.

Efek rumah kaca hanyalah istilah menggambarkan panas yang menembus atmosfer bumi lalu terperangkap di dalamnya seperti halnya yang terjadi pada sebuah rumah kaca yang terpapar panas matahari.

Sinar matahari yang seharusnya dipantulkan ke luar angkasa, tidak dapat dipantulkan dengan sempurna sehingga sinar tersebut tetap berada di dalam atmosfer.

2. Gas Metana

Penyebab lain meningkatnya panas bumi adalah gas metana. Nah, gas ini berasal dari peternakan. Bahkan dibandingkan industri, peternakan ternyata menghasilkan gas metana lebih banyak.

Bahkan, sudah terbukti bahwasanya di Amerika Serikat, sebanyak 20 persen gas metana berasal dari sendawa dan kentut ternak.

3. Perubahan Iklim

Selain itu, pemanasan global juga terjadi akibat perubahan iklim yang terjadi secara global

Dampak perubahan iklim global bisa dilihat dan diamati secara langsung pada lingkungan setempat.

Perubahan iklim secara global ini juga diakibatkan oleh aktivitas manusia seperti menebang pohon, menggunakan bahan bakar yang mengasilkan polusi udara dan lainnya.

4. Karbondioksida

Karbondioksida yang berlebih akan menyebabkan panas. Contohnya sebuah ruangan kelas yang berisi satu orang murid akan bersuhu lebih rendah dibanding berisi penuh oleh murid.

Itu karena karbondioksida hasil pernafasan manusia bertumpuk dalam ruangan tersebut. Bahkan jika dalam ruangan tertutup tanpa celah udara, manusia bisa mati kehabisan oksigen dan menghirup karbondioksida.

Begitu juga di bumi, semakin padat manusia akan semakin panas pula bumi.

Selain itu, penyebab banyaknya karbondioksida adalah pembakaran fosil.

Hal ini di buktikan dengan keadaan Amerika sendiri di mana sekalipun hanya memiliki 4 persen polusi dunia, tetapi di sana memproduksi 25% karbondioksida karena pembakaran fosil tersebut.

Bagaimana Global Warming Terjadi?

Seperti yang diketahui, bumi setiap hari disinari oleh matahari. Dalam kondisi ideal, panas matahari itu sebagian akan diserap bumi dan sebagian lain akan dikembalikan ke luar angkasa.

Tapi, krena di atmosfer banyak emisi gas rumah kaca seperti gas sulfur dioksida SO2, gas karbon dioksida (CO2), dan metana, uap air dan lainnya, panas tersebut tidak bisa dilepaskan ke atmosfer malah terperangkap di bumi.

Semakin banyak panas matahari yang masuk ke bumi maka semakin banyak gas yang tidak dapat dikembalikan ke atmosfir menyebabkan bumi semakin panas.

Dampak Pemanasan Global

1. Gletser Mencair

Seperti yang dijelaskan sebelumnya pemanasan global akan menyebabkan puncak es mencair. Ini diketahui karena permukaan laut di kutub utara meningkat untuk yang pertama kali setelah ratusan tahun terakhir. Dengan demikian dataran es akan berkurang dan berubah menjadi lautan es.

Jika itu terus terjadi maka daerah di sekitarnya akan tenggelam.

2. Membahayakan ekosistem terumbu karang.

3. Permukaan laut akan meningkat dengan sendirinya sehingga dapat membahayakan mereka yang tinggal di pesisir.

Contoh Peristiwa Pemanasan Global

1. Cuaca Ekstrem

Perantian musim terjadi secara cepat. Begitu juga dengan cuaca.

Apalagi di daerah subtropis maupun pegunungan yang ditutupi oleh salju. Semakin hari es dan salju semakin cepat mencair karena panas bumi saat ini.

2. Banyak Hewan dan Tumbuhan yang Mati

Akibat pemanasan global banyak hewan dan tumbuhan yang mati serta punah.

Seperti yang terjadi pada hewan, setelah suhu di muka bumi meningkat dan membuat air semakin mengering, maka secara tidak langsung akan membuat banyak pohon mati.

3. Muncul Penyakit Baru

Salahsatu penyakit yang ditakuti manusia adalah HIV/AIDS. Dan untuk penyakit itu kini belum ada obatnya. Belum selesai urusan HIV, kini WHO dihadapkan dengan berbagai macam penyakit baru. Di tahun 1976-2008 saja sudah ada 30 jenis penyakit baru yang muncul.

Logikanya, pemanasan global membuat naiknya suhu udara dan membuat nyamuk lebih sering melakukan perkawinan satu sama lain dan menghasilkan banyak telur. Sehingga mempercepat pertumbuhan nyamuk.

4. Produksi pertanian menurun

Contoh dampak pemanasan global lainnya adalah menurunnya produksi pertanian dunia. Hal itu terjadi karena perubahan musim yang tidak menentu dan tidak bisa diprediksi tepat kapan datangnya.

Mengurangi Pemanasan Global

Untuk mengurangi pemanasan global, warga bumi harus mempunyai kesadaran yang tinggi untuk mengubah kebiasaan mereka. Karena demi mengurangi pemanasan global dan mengundur waktu kiamat juga perlu kerelaan agar meninggalkan kebiasaab lama.

Adapun beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk mengurangi pemanasan global adalah:

1. Kurangi berkendara dengan kendaraan bermotor

2. Kurangi pemakaian aerosol dalam spray, misalnya spray rambut, spray deodorant

3. Beralih menggunakan energi ramah lingkungan.

4. Mengurangi penebangan pohon.

5. Berinvestasi dalam produk ramah lingkungan.

6. Hemat penggunaan listrik.

7. Mengurangi penggunaan energi fosil.

Demikian ulasan mengenai pemanasan global, mulai dari pengertian, penyebab, dampak, hingga contohnya. Semoga bermanfaat. (*)

Jjj

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *